advertisement

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang

XASXUS.com - Burung cinta atau yang kerap disebut lovebird ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling banyak di gemari di Indonesia, hal ini dikarenakan lovebird mempunyai jenis dan juga warna paling banyak. Bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang mengembangbiakan jenis burung lovebird ini untuk dijadikan peliharaan atau dijadikan prospek di dalam acara perlombaan.

Dalam memelihara lovebird, tentunya ada berbagai macam hal harus diperhatikan supaya lovebird tetap dalam kondisi sehat. Selain memperhatikan tempat tinggalnya, hal yang paling penting di dalam merawat lovebird adalah makanannya. Maka dari itu pentingnya mengetahui makanan lovebird merupakan hal yang wajib agar lovebird gacor dan ngekek panjang. Nah berikut ini adalah 15 makanan lovebird agar gacor dan ngekek panjang.
Daftar Isi

1. Milet Putih dan Merah

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Milet Putih dan Merah

Makanan lovebird yang pertama adalah milet putih dan merah. Seperti halnya burung kicau lainnya, dimana loverbird juga menyukai makanan satu ini. Makanan berupa biji-bijian ini merupakan makanan utama yang harus diberikan kepada lovebird, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi tinggi yang ada di milet putih dan merah sangat baik bagi lovebird.

Dengan memberikan makanan lovebird ini tentunya akan membuat lovebird menjadi lebih aktif, sehat, dan bahkan akan rajin gacor. Selain itu, makanan berupa milet putih dan merah ini juga dipercaya dapat menjaga kebutuhan akan nutrisi disaat lovebird sedang sakit, seperti sedang terkena penyakit mata atau snot yang umumnya sering melanda lovebird.

Hal yang harus diperhatikan di dalam memberikan makanan milet putih dan merah adalah porsi yang diberikan, dimana janganlah memberi makanan milet putih dan merah secara berlebihan, hal ini dikarenakan makanan lovebird berupa milet putih dan merah mengandung kabohidrat. Jadi berikan secukupnya saja sehingga tidak berdampak buruk bagi lovebird, seperti mengalami kegemukan atau obesitas.

Jika hal tersebut sampai terjadi, maka malah akan membuat lovebird malas atau bahkan sampai macet bunyi dan tentunya akan kurang bagus untuk lovebird yang dikhususkan untuk perlombaan. Jadi walaupun makanan lovebird berupa milet putih dan merah ini sangat baik bagi lovebird, namun akan lebih baik lagi jika memberikannya secara bervariasi.

2. Biji Kenari

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Biji kenari

Makanan lovebird yang kedua adalah biji kenari. Biji kenari pada dasarnya merupakan makanan utama untuk burung kenari, walaupun demikian makanan ini juga sangat disukai oleh beberapa jenis burung kicau lainnya, termasuk lovebird. Biji kenari umumnya mempunyai kandungan yang sangat baik bagi lovebird, seperti lemak, protein, dan hidrat arang.

Beberapa kandungan yang terdapat di biji kenari dipercaya dapat menambah stamina atau spirit, menyegarkan tubuh, dan bahkan bisa membenahi suara lovebird, terutama saat bersuara serak dan juga macet bunyi. Selain itu, lapisan kulit yang terdapat di biji kenari tergolong mudah terkelupas, sehingga makanan ini akan mudah dicerna oleh lovebird. Meskipun demikian, akan lebih baik memvariasikan jenis makanan lovebird ini dengan makanan lovebird lainnya.

Menurut beberapa para kicau mania, biji kenari yang bagus dan berkualitas adalah biji kenari yang tua, bersih, warnanya kuning mengkilap, dan tidak berbau. Sementara biji kenari yang masih muda justru dinilai kurang baik untuk lovebird, dimana ciri-ciri biji kenari muda yaitu teksturnya lunak dan masih berwarna putih.

3. Biji Oat

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Biji oat

Makanan lovebird yang ketiga adalah biji oat. Seperti halnya burung kicau lainnya, dimana loverbird juga menyukai makanan satu ini. Makanan berupa biji-bijian ini merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, terutama bagi indukan lovebird sedang merawat anakannya dikarenakan mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik, seperti mempunyai kandungan karbohidrat, kalori, dan protein yang tinggi.

Beberapa kandungan yang terdapat di biji oat dipercaya dapat mempercepat pemulihan lovebird sehabis sakit. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa meningkatkan kegemukan pada lovebird tubuhnya cenderung kurus dan tidak gemuk. Bahkan kandungan yang terdapat di biji oat juga dapat memperbaiki sistem kerja organ-organ pencernaan, membenahi struktur jaringan bulu dan kulit lovebird supaya tidak mudah iritasi, menenangkan dan mempercepat mabung, terbebas dari kolesterol jahat sehingga dapat melancarkan sistem peredaran darah dan juga fungsi jantung, menjadikannya tenang dan tidak mudah stres, dan lain sebagainya.

4. Jagung Manis

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Jagung manis

Makanan lovebird yang keempat adalah jagung manis. Jagung manis merupakan makanan lovebird yang disukai oleh lovebird dikarenakan mempunyai rasa yang manis. Selain itu, jagung manis juga mempunyai berbagai macam manfaat bagi lovebird dikarenakan mempunyai beberapa kandungan yang sangat baik, seperti folat, vitamin B dan C, crypthoxanthin, beta karoten, dan lain sebagainya. Beberapa kandungan yang terdapat di jagung manis dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dibagian mata lovebird, meningkatkan kekuatan otot burung dan lain sebagainya.

5. Buah Apel Merah

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Buah apel merah

Makanan lovebird yang kelima adalah buah apel merah. Makanan lovebird berupa apel ini dipercaya bisa meningkatkan stamina lovebird. Dalam memberikan buah apel ada baiknya memilih apel merah ketimbang apel hijau. Selain rasanya yang lebih manis, apel merah juga mempunyai kandungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan apel hijau.

Sebelum memberikan buah apel kepada lovebird, sebaiknya buah apel tersebut dibersihkan terlebih dahulu dengan cara mecucinya hingga bersih. Tujuannya dari pencucian ini adalah agar buah apel merah tersebut lebih steril dan terbebas dari zat-zat berbahaya, seperti pestisida.

6. Kecambah atau Toge

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Kecambah atau Toge

Makanan lovebird yang keenam adalah kecambah atau toge. Sama hal buah apel merah, kecambah merupakan salah satu makanan lovebird yang dipercaya bisa meningkatkan stamina lovebird sehingga menjadi lebih aktif, sehat, dan rajin gacor. Selain itu, kecambah juga merupakan salah satu makanan yang disukai lovebird.

Tidak hanya itu saja, bahkan biji kecambah yang baru mulai berkecambah juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan biji-bijian yang masih mentah. Maka dari itu tidak ada salahnya jika mencoba kecambah atau toge sebagai makanan lovebird agar gacor dan ngekek panjang.

7. Kangkung

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Kangkung

Makanan lovebird yang ketujuh adalah kangkung. Kangkung memang sudah terkenal akan kandungan gizinya yang tinggi dan juga cukup lengkap. Bahkan berbagai macam kandungan yang ada dikangkung dipercaya bisa meningkatkan birahi lovebird dengan cepat, sehingga menjadikannya akan lebih sering gacor. Karena manfaatnya yang bisa meningkatkan birahi lovebird dengan cepat, maka tidak heran jika kangkung sering dibawa dan dijadikan sebagai makanan lovebird di setiap perlombaan.

Dalam memberikan makan, tidak semua bagian kangkung dapat diberikan kepada lovebird. Hanya bagian daunnya sajalah yang baik dan bagus untuk lovebird. Hal ini dikarenakan batang kangkung mempunyai kadar air yang sangat tinggi sehingga akan lebih mudah membusuk.

Meskipun demikian, bukan berati daun kangkung yang diberikan lovebird bisa dibiarkan begitu saja di dalam sangkar dengan jangka waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan daun kangkung yang tidak habis dan tetap disediakan ke lovebird juga dapat mengalami pembusukan, sehingga jika daun kangkung tersebut di makan dapat menimpulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan lovebird. Maka dari itu runtinlah untuk melakukan pergantian dengan kangkung yang lebih segar.

8. Biji Sawi

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Biji sawi

Makanan lovebird yang kedelapan adalah biji sawi. Sama hal dengan makanan lovebird lainnya, biji sawi juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik bagi lovebird. Berbeda halnya dengan makanan lovebird berupa biji-bijian lainnya yang bisa membuat gemuk lovebird, biji sawi ini justru tidak akan membuat lovebird mengalami obesitas atau kegemukan. Bahkan kandungan omega 3 dan protein yang ada di biji sawi sangat baik bagi perkembangan lovebird yang masih dalam proses pertumbuhan.

9. Juwawut

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Juwawut

Makanan lovebird yang kesembilan adalah juwawut. Makanan lovebird ini merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, terutama bagi indukan lovebird sedang bertelur supaya selalu prima dan sehat. Beberapa kandungan yang ada pada juwawut diantaranya adalah 9,8% sebagai sumber protein dan 75% karbohidrat yang merupakan sumber energi. Bentuk dari juwawut ini sendiri yaitu berbentuk bulat dengan warnanya yang kemerahan seperti halnya milet.

10. Gabah Beras Merah

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Gabah beras merah

Makanan lovebird yang kesepuluh adalah gabah beras merah. Gabah beras merah merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, dimana kandungan berupa karbohidrat yang ada pada gabah beras merah mampu mengembalikan stamina lovebird. Dalam memberikan makanan, kamu juga dapat mencampurkan gabah beras merah dengan milet dengan perbandingannya yaitu 1:1 sehingga lovebird menjadi lebih sehat, gacor, dan ngekek panjang..

11. Sawi Putih

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Sawi putih

Makanan lovebird yang kesebelas adalah sawi putih. Sawi putih merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, dimana kandungan yang ada di dalamnya sangat bermanfaat didalam menjaga bulu-bulunya supaya selalu berkilau. Dalam memberikan makan, sawi putih ini bisa dijadikan tambahan pakan yang diberikan dengan cara menselang-selingkannya dengan makanan lovebird lainnya, sehingga nutrisi lovebird dapat dipenuhi dan tumbuh kembang lovebird bisa maksimal.

12. Jangkrik

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Jangkrik

Makanan lovebird yang kedua belas adalah jangkrik. Jangkrik merupakan makanan tambahan lovebird yang sangat baik di dalam membantu lovebird agar terhindar dari stres. Meskipun demikian, memberikan makan berupa jangkrik ke lovebird ada baiknya tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada jangkrik bisa mengganggu pencernaan lovebird. Maka dari itu, agar kebutuhan proteinnya tercukupi jadi cukup berikan sekitar 1-2 ekor saja dalam 1 minggu.

13. Asinan Tulang Sotong

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Asinan tulang sotong

Makanan lovebird yang ketiga belas adalah asinan tulang sotong. Asinan tulang sotong merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, dimana kandungan kalsium yang ada di dalamnya bisa membantu di dalam mencegah berbagai macam penyakit. Dalam memberikan makannya, asinan tulang sotong tersebut bisa diberikan dengan cara mengikat ataupun menggantunya di dalam kandang dan biarkan lovebird tersebut memakannya.

14. Telur Rebus

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Telur rebus

Makanan lovebird yang keempat belas adalah telur rebus. Telur rebus merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, dimana kandungan protein yang ada di dalamnya bisa membantu tumbuh kembangnya dengan maksimal dan mempunyai tubuh yang gemuk serta sehat. Dalam memberikan makannya, ada baiknya memberikan 1-2 kali dalam seminggu, sementara untuk lovebird anakan bisa memberikannya 3-4 kali dalam seminggu.

15. Bubur dan Biskuit Bayi

15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang
Makanan lovebird - Bubur dan biskuit bayi

Makanan lovebird yang terakhir adalah bubur dan biskuit bayi. Bubur dan biskuit bayi merupakan makanan yang sangat baik bagi lovebird, terutama untuk bayi lovebird. Umumnya bubur bayi ini diracik dengan berbagai macam campuran makanan lovebird lainnya, seperti tepung jagung, pelet, dan biji-bijian pakan lovebird. Dalam memberikan makannya, ada baiknya dilakukan dengan sangat hati-hati, dimana kamu bisa memakai alat suntik khusus yang telah diberikan selang khusus agar mempermudahkan bayi lovebird memakannya.
Suka artikel berjudul 15 Makanan Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang, Yuk bagikan ke: