advertisement

13 Jenis Virus Komputer Berserta Cara Penyebaran dan Cara Mengatasinya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
13 Jenis Virus Komputer Berserta Cara Penyebaran dan Cara Mengatasinya
13 Jenis Virus Komputer Berserta Cara Penyebaran dan Cara Mengatasinya

XASXUS.com - Virus merupakan salah satu hal yang paling ditakuti di dalam komputer, sebab virus tidak hanya bisa membuat beberapa file hilang, melainkan juga dapat membuat sebuah komputer menjadi error ataupun membuat komputer mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, virus ternyata juga bisa memperbanyak dirinya secara otomatis dan kemudian menyerang ke beberapa bagian sistem terpenting pada komputer.

Kemampuan virus inilah yang kemudian membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat, bahkan sampai banyak program error sehingga bisa mengganggu kinerja dari sebuah komputer, sekaligus juga bisa menghambat aktivitas di dalam memakai komputer. Terlepas dari itu semua, ternyata virus juga mempunyai berbagai macam jenisnya dengan kemampuannya masing-masing. Nah berikut ini adalah 13 jenis virus komputer berserta cara penyebaran dan cara mengatasinya.
Daftar Isi

1. Jenis Virus Komputer Trojan

Jenis virus komputer yang pertama adalah jenis virus komputer trojan. Trojan ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang dipakai untuk mengendalikan data yang terdapat di dalam komputer pengguna atau korban. Tujuan dari jenis virus komputer ini adalah untuk mengambil data penting di dalam komputer korban.

Penyebaran pada jenis virus komputer trojan ini pada umumnya melalui jaringan internet atau melalui sebuah email yang diterima oleh si target atau penggunanya. Melalui media inilah jenis virus trojan ini menginfeksi ke komputer si target atau penggunanya. Maka dari itulah, kehati-hatian di dalam mengakses internet maupun membuka email merupakan hal yang harus dilakukan supaya data berharga yang terdapat di komputer tidak dicuri.

Jika dilihat dari segi cara kerjanya, jenis virus komputer ini pada dasarnya bukanlah sejenis virus, akan tetapi karena sifat dan kemampuannya yang dapat mengganggu kinerja komputer membuatnya digolongkan ke dalam salah satu jenis virus komputer.

Cara mengatasi jenis virus komputer trojan

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa trojan ini, maka cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya memakai anti virus yang sudah dibuat khusus untuk mengatasi virus trojan, seperti halnya Trojan Hunter dan Trojan Remover. Selain menggunakan kedua antivirus tersebut, kamu juga bisa memakai antivirus lainnya karena sebagian besar antivirus mempunyai fitur membersihkan jenis virus komputer satu ini.

2. Jenis Virus Komputer Worm

Jenis virus komputer yang kedua adalah jenis virus komputer worm. Worm ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang dapat menggandakan diri. Meskipun jenis virus komputer ini tidak terlalu berbahaya, akan tetapi jika virus ini dibiarkan terus-menerus, maka akan sangat berbahaya bagi penyimpanan komputer karena sifatnya yang bisa menggandakan diri. Sama seperti halnya jenis virus komputer trojan, dimana virus worm ini juga bisa menginfeksi komputer penggunanya melalui jaringan internet maupun pesan email.

Cara mengatasi jenis virus komputer worm

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa worm ini, maka cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya memakai Antivirus Pro supaya dapat lebih optimal hasilnya.

3. Jenis Virus Komputer Memory Resident Virus

Jenis virus komputer yang ketiga adalah jenis virus komputer memory resident virus. Memory resident virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang khusus diciptakan dibuat untuk menginfeksi perangkat komputer berupa memori RAM. Seperti yang kita ketahui jika RAM merupakan media penyimpanan data sementara yang hanya dipakai ketika komputer menyala.

Jika hal ini sampai terjadi, tentunya akan memberikan efek mengganggu program komputer, seperti membuat komputer menjadi sangat lambat di dalam pengoperasiannya. Seperti yang diketahui jika jenis virus komputer memory resident virus ini akan otomatis aktif jika sistem operasi pada komputer dinyalakan.

Cara mengatasi jenis virus komputer memory resident virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa memory resident virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya memakai antivirus, seperti antivirus Avast, Smadav, Avira, dan lain sebagainya.

4. Jenis Virus Komputer Multipartite Virus

Jenis virus komputer yang keempat adalah jenis virus komputer multipartite virus. Multipartite virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang cara kerjanya hampir sama seperti jenis virus komputer memory resident virus, dimana jenis virus ini sama-sama menyerang memori RAM.

Meskipun demikian, yang membedakannya adalah jenis virus komputer multipartite virus ini akan menyerang memori RAM, lalu akan menginfeksi ke sistem operasi tertentu dan kemudian merambah ke bagian hardisk. Jika hal ini dibiarkan maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan RAM maupun hardisk, sebab jenis virus komputer multipartite virus ini memiliki kemampuan menyerang yang sangat cepat.

Cara mengatasi jenis virus komputer multipartite virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa multipartite virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan men-defrag Hardisk secara teratur memakai Disk Defragmenter dan membersihkan adanya bad sector pada partisi hardisk.

5. Jenis Virus Komputer Web Scripting Virus

Jenis virus komputer yang kelima adalah jenis virus komputer web scripting virus. Web scripting virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang selalu mengganggu program-program pada komputer. Jenis virus komputer web scripting virus ini pada dasarnya bukanlah sebuah virus, akan tetapi hanya sebuah kode program yang dipakai di dalam mengoperasikan konten yang ada di dalam website. Meskipun demikian, karena cara kerjanya yang selalu mengganggu program-program pada komputer menjadikannya dikategorikan sebagai salah jenis virus komputer.

Cara mengatasi jenis virus komputer web scripting virus

Jadi jika tidak ingin terkena jenis virus komputer berupa web scripting virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkannya secara rutin dengan menggunakan Microsoft tool bawaan Windows ataupun memakai aplikasi antivirus lainnya.

6. Jenis Virus Komputer File Allocation Table Virus (FAT Virus)

Jenis virus komputer yang keenam adalah jenis virus komputer file allocation table virus atau yang disingkat FAT virus. FAT virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang memiliki kemampuan dalam merusak file yang terdapat diperangkat komputer.

Selain itu, jenis virus komputer FAT virus ini juga mempunyai kemampuan yang sangat berbahaya, seperti bisa dengan mudah menyebunyikan berbagai macam file penting yang ada dikomputer, sehingga file tersebut seakan-akan hilang atau sudah terhapus.

Cara mengatasi jenis virus komputer FAT virus

Jadi jika tidak ingin terkena jenis virus komputer berupa file allocation table virus atau FAT virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan selalu memperhatikan setiap data yang tersimpan di dalam folder, seperti adanya file yang mencurigakan dan tentunya tidak pernah dibuat maupun disimpan sebelumnya. Jika ada file tersebut, maka hal itu sudah dipastikan FAT Virus.

7. Jenis Virus Komputer Companion Virus

Jenis virus komputer yang ketujuh adalah jenis virus komputer companion virus. Companion virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang mempunyai kemampuan bersembunyi di dalam hardisk dan mengganggu data-data pribadi di dalam penyimpanan data. Tidak hanya itu saja, jenis virus komputer ini juga bisa mengubah format data menjadi format data palsu, sehingga akan memyulitkan di dalam mecari data yang sesungguhnya.

Cara mengatasi jenis virus komputer companion virus

Jadi jika tidak ingin terkena jenis virus komputer berupa companion virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkan menggunakan antivirus dan lakukan secara rutin. Selain itu, pengguna juga sangat di anjurkan memakai firewall sebagai benteng keamanan.

8. Jenis Virus Komputer Polymorpic Virus

Jenis virus komputer yang kedelapan adalah jenis virus komputer polymorpic virus. Polymorpic virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang mempunyai kemampuan sedikit pintar, dimana jenis virus komputer ini bisa membuat dirinya bersandi secara otomatis ketika sedang menginfeksi sistem.

Tidak hanya itu saja, bahkan jenis virus komputer ini juga dapat struktur dan memanipulasi antivirus supaya tidak menggolongkannya ke dalam jenis virus. Karena kelebihannya itulah jenis virus komputer ini sangat sulit untuk dideteksi dan juga dibersihkan.

Cara mengatasi jenis virus komputer polymorpic virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa polymorpic virus ini, pada dasarnya sangat susah dalam penanganannya. Namun untuk mencegahnya, pengguna bisa memakai firewall dan antivirus.

9. Jenis Virus Komputer Directory Virus

Jenis virus komputer yang kesembilan adalah jenis virus komputer directory virus. Directory virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang bisa menginfeksi file berekstensi (.exe), dimana cara kerjanya yaitu dengan membuat sebuah program (.exe) tersebut hilang ataupun error tanpa ada alasan yang jelas ketika program tersebut dijalankan.

Tidak hanya itu saja, bahkan ketika program dijalankan, maka akan secara otomatis jenis virus ini akan langsung bekerja dan kemudian menginfeksi sistem lainnya, sehingga akan membuat komputer menjadi lambat dan banyak program-program yang tidak bisa dibuka. Bahkan antivirus pun tidak bisa membersihkan jenis virus komputer directory virus.

Cara mengatasi jenis virus komputer directory virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa directory virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi komputer tersebut. Hal ini dilakukan karena antivirus pun tidak dapat membersihkan jenis virus komputer ini.

10. Jenis Virus Komputer Macro Virus

Jenis virus komputer yang kesepuluh adalah jenis virus komputer macro virus. Macro virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang mempunyai kemampuan menginfeksi file-file makro, seperti halnya .xls, .pps, .docm, dan file makro lainnya. Umumnya jenis virus komputer ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman suatu aplikasi. Bahkan bahasa pemrogramannya lebih sulit jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman sistem operasi. Jenis virus komputer macro virus ini umumnya sering menginfeksi melalui email yang ditujukan kepada penggunanya.

Cara mengatasi jenis virus komputer macro virus

Jadi jika tidak ingin terkena jenis virus komputer berupa macro virus ini, maka janganlah membuka email yang mencurigakan yang masuk melalui perangkat komputer.

11. Jenis Virus Komputer Boot Sector Virus

Jenis virus komputer yang kesebelas adalah jenis virus komputer boot sector virus. Boot sector virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang tidak menyerang program-program komputer, melainkan langsung menyerang ke bagian terkecil didalam hardisk atau yang disebut dengan sektor boot.

Selain itu, jenis virus komputer ini juga akan bersembunyi di dalam komponen floppy disk. Karena kemampuannya tersebut, jenis virus komputer ini bisa bergerak kemanapun dan kemudian menginfeksi file apapun yang terdapat di hardisk tersebut.

Cara mengatasi jenis virus komputer boot sector virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa boot sector virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan melakukan pensettingan hard drive komputer ke dalam mode write protect.

12. Jenis Virus Komputer Overwrite Virus

Jenis virus komputer yang kedua belas adalah jenis virus komputer overwrite virus. Overwrite virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang mempunyai kemampuan yang cukup hebat, dimana jenis virus komputer ini bisa menghapus file atau data yang telah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan hardisk pada komputer.

Jadi artinya, jenis virus komputer ini bisa menghapus berbagai macam data yang ada di dalam perangkat komputer pengguna dengan otomatis tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan hardisknay. Misalnya, mempunyai data sebesar 1 GB, namun data tersebut terinfeksi oleh virus bernama overwrite virus, maka data tersebut akan hilang secara otomatis dan kapasitas hardisk yang terpakainya tetap sebanyak 1 GB.

Cara mengatasi jenis virus komputer overwrite virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa overwrite virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan mencari file-file yang telah terinfeksi tersebut dan kemudian menghapusnya supaya virus tersebut tidak menyebar ke file-file lainnya.

13. Jenis Virus Komputer Direct Action Virus

Jenis virus komputer yang ketiga belas adalah jenis virus komputer direct action virus. Direct action virus ini merupakan salah satu jenis virus komputer yang umumnya kerap menginfeksi ke jenis file Bat Autoxec yang terdapat di hardisk. Jenis virus komputer ini pada umumnya akan aktif secara otomatos ketika sistem operasi pada komputer dinyalakan. Bahaya lainnya yang ada pada jenis virus ini adalah dapat menginfeksi perangkat eksternal lainnya, seperti flashdisk.

Cara mengatasi jenis virus komputer direct action virus

Jika komputer sudah terinfeksi oleh jenis virus komputer berupa direct action virus ini, maka cara mengatasinya adalah dengan cukup melalukan scanning secara rutin memakai antivirus. Hal ini dikarenakan jenis virus komputer ini termasuk jenis virus yang tidak terlalu berbahaya dan mudah dibersihkan.

Nah itulah 13 jenis virus komputer berserta cara penyebaran dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 13 Jenis Virus Komputer Berserta Cara Penyebaran dan Cara Mengatasinya, Yuk bagikan ke: