advertisement

4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya
4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya

XASXUS.com - Di Indonesia, senjata senapan angin ini umumnya ada berbagai macam jenis dan dengan kelebihannya masing-masing. Senapan angin pada umumnya hanya digunakan untuk berburu hewan di hutan. Salah satu kelebihan senjata angin ini jika dibandingkan dengan senjata lainnya adalah jarak tembaknya yang sangat jauh, dimana bisa mencapi jarak 100 meter. Selain itu, senjata ini juga merupakan senjata favorit bagi para pemburu dikarenakan senjata ini sama tajam dan juga pedihnya saat menusuk ke badan hewan yang ditembakan.

Dalam perkembangannya, banyak yang beranggapan jika senjata api lebih unggul jika dibandingkan dengan senapan angin. Meskipun demikian, pada dasarnya kedua jenis senjata tersebut berbeda fungsi. Yang dimana senjata api umumnya dipakai untuk perperangan, sementara senapan angin dipakai untuk berburu, bukan untuk berperang.

Di Indonesia sendiri, senapan angin saat ini sudah banyak berkembang dan mempunyai berbagai macam jenis dengan kelebihannya masing-masing. Selain itu, spesifikasinya juga berbeda-beda tergantung dari fungsinya. Nah berikut ini adalah 4 jenis senapan angin terbaik di Indonesia beserta kelebihannya.
Daftar Isi

1. Jenis Senapan Pegas

4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya
Jenis senapan angin - Senapan pegas

Senapan pegas merupakan salah satu jenis senapan angin terbaik di Indonesia, dimana jenis senapan angin ini sering sekali dipakai di dalam berburu. Cara kerja dari jenis senapan pegas ini adalah sama seperti senjata api, dimana para penembak biasanya akan mengkokang dibagian bawah senjatanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Pengkokangan pada jenis senapan pegas ini umumnya dilakukan karena senjata ini memerlukan kompresi udara yang bertujuan untuk mendorongnya peluru agar dapat keluar dari senapan angin tersebut. Senapan angin ini sangatlah cocok sekali dijadikan senjata di dalam berburu burung, baik itu burung berukuran besar maupun burung berukuran kecil.

Jenis senapan pegas pada dasarnya terbagi menjadi 3 bagian lagi didalam proses penembakannya, yaitu menembak dari sisi, menembak dari bawah, dan menembak atas. Ketiga proses penembakan ini tentunya bertujuan di dalam melihat target hewan yang akan diburu.

2. Jenis Senapan Geljuk

4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya
Jenis senapan angin - Senapan geljuk

Senapan geljuk merupakan salah satu jenis senapan angin terbaik di Indonesia. Bahkan jenis senapan angin ini merupakan jenis senapan angin favorit bagi para pemburu disaat sedang berburu. Kelebihan dari jenis senapan angin ini adalah dapat mengeluarkan peluru sekaligus banyak dan tentunya berbeda dengan jenis senapan angin lainnya.

Jenis senapan geljuk ini memang merupakan jenis senapan angin spesial, dimana jenis senapan ini mempunyai tekanan angin yang sangat tinggi, sehingga bisa mengeluarkan peluru sekaligus banyak. Senapan angin ini sangatlah cocok sekali dijadikan senjata di dalam berbutu hewan yang mempunyai kulit tebal dan tentunya tidak dapat dibunuh dengan 1 peluru, seperti halnya tupai, rusa, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, janganlah pernah menggunakan jenis senapan angin ini untuk berburu burung elang, hal ini tentunya akan sia-sia saja, karena tidak akan menembus ke badan burung elang tersebut.

Jenis senapan angin ini ini pada umumnya termasuk kategori jenis senapan PCP, dimana cara kerja dari jenis senapan angin ini harus dipompa hingga berkali-kali dan kemudian barulah bisa digunakan. Walaupun demikian, jenis senapan angin ini jauh berbeda dengan jenis senapan angin lainnya yang hanya dapat dipompa sekali dan hanya dapat mengeluarkan sebanyak 1 peluru saja.

3. Jenis Senapan Tabung Gas

4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya
Jenis senapan angin - Senapan tabung gas

Senapan tabung gas merupakan salah satu jenis senapan angin terbaik di Indonesia, dimana jenis senapan ini mempunyai kecepatan peluru yang sangat luar biasa dan juga pelurunya yang tajam. Jenis senapan ini pada dasarnya hanyalah berupa senapan biasa yang ditambahkan dengan tabung gas. Tabung gas yang dimaksud disini bukanlah tabung gas elpiji yang sering digunakan untuk memasak, melainkan tabung gas yang sudah disematkan ke dalam senapan tersebut.

Jenis senapan angin ini umumnya sering dipakai oleh para pemburu professional dikarenakan jenis senapan ini memang yang terbaik dikelasnya. Bahkan jenis senapan angin ini mempunyai daya tembak dengan jaraknya sekitar 75-100 meter. Maka dari itu, jenis senapan angin ini sangat direkomendasikan bagi para pemburu professional yang ingin berburu hewan-hewan keinginannya.

Sama seperti halnya jenis senapan lainnya, dimana jenis senapan angin ini termasuk ke dalam ketegori jenis senapan PCP. Selain itu, jenis senapan angin ini juga termasuk ke dalam jenis senapan yang paling besar psinya, yakni bisa mencapai hingga 2000-5000 psi. Yang dimana psi itu sendiri yaitu adalah tabungan angin internal yang terdapat didalam senapan angin tersebut.

4. Jenis Senapan sharp atau uklik

4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya
Jenis senapan angin - Senapan sharp atau uklik

Senapan sharp atau yang sering disebut juga senapan uklik ini merupakan salah satu jenis senapan angin terbaik di Indonesia. Bahkan jenis senapan angin ini merupakan jenis senapan angin terlaris di Indonesia, dimana jenis senapan angin ini tidak terlalu bahaya dan penggunaannya tidak dilarang di Indonesia. Untuk harganya sendiri, jenis senapan angin ini tergolong murah, yaitu sekitar 150-200 ribu rupiah.

Karena harganya yang relatif murah itulah mengapa jenis senapan angin ini sangat laris dipasaran dan juga paling banyak penggunannya. Selain itu, jenis senapan angin ini juga berbeda dengan jenis senapan angin lainnya, dimana jenis senapan angin ini hanya mempunyai fps kurang dari 1000, sehingga jenis senapan ini tidak terlalu bahaya.
Suka artikel berjudul 4 Jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia dan Harganya, Yuk bagikan ke: