advertisement

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya

XASXUS.com - Sejak pertama kali ditemukan dan diproduksi, mobil sampai saat ini sudah banyak mengalami perubahan yang sangat siginifikan. Bahkan jika dulu mobil hanya mempunyai kecepatan hingga 10 mph, saat ini mobil sudah mengalamai banyak kemajuan, dimana saat ini mobil kecepatan bisa mencapai 150-300 mph.

Tidak hanya itu saja, bahkan mobil saat ini sudah dibekali oleh teknologi yang sangat canggih sehingga membuat penggunanya semakin nyaman di dalam mengemudikannya. Berbicara mengenai mobil, saat ini ada berbagai macam jenis mobil yang ada dipasaran. Nah berikut ini adalah 7 jenis mobil berdasarkan bentuk, tipe, dan kelebihannya.
Daftar Isi

1. Jenis Mobil Convertible

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Convertible

Tipe mobil convertible merupakan salah satu jenis mobil yang paling populer dipasaran. Untuk bentuknya sendiri, jenis mobil ini mempunyai bentuk kecil dengan bagian atapnya yang bisa dlipat, sehingga jenis mobil ini bisa berubah dari kendaraan tertutup menjadi kendaraan terbuka atau bahkan sebaliknya.

Jenis mobil convertible umumnya mempunyai 2 tipe, yaitu tipe hard convertible dan tipe covertible soft top. Untuk jenis mobil tipe hard convertible, biasanya bagian atapnya terbuat dari bahan dasar baja ataupun plastik. Sementara pada tipe convertible soft top umumnya bagian atapnya terbuat dari bahan dasar kanvas atau vinyl.

Dalam perkembangannya, saat ini jenis mobil convertible sudah dibekali dengan melipat atap secara otomatis. Meskipun demikian, masih ada juga beberapa jenis mobil convertible yang melipat atapnya dilakukan secara manual. Selain itu, ciri lain dari mobil convertible ini adalah mempunyai 2 pintu, 4 convertible, serta jok mobilnya yang hanya terdiri 2-4 buah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana salah satu keunggulan dari jenis mobil ini adalah terletak dibagian atapnya yang bisa di desain sesuka hati dari para pengguna mobil. Untuk jenis mobil convertible ini sendiri, yang terpopuler di dunia adalah seperti Dodge Avenger, Mitsubishi Eclipse Spyder, Volkswagen New Beetle, PontiacSunfire, Ford Mustang, dan lain sebagainya.

2. Jenis Mobil Coupe

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Coupe

Tipe mobil coupe merupakan salah satu jenis mobil yang mempunyai ciri yaitu ukuran mobilnya yang kecil dengan jumlah pintu dan jok penumpangnya yang hanya berjumlah 2 buah. Meskipun demikian, ada juga beberapa tipe mobil jenis coupe yang memiliki 4 buah jok penumpangnya. Selain itu, ciri lain dari jenis mobil ini adalah atapnya yang cenderung ke arah belakang.

Jenis mobil coupe pada umumnya di desain dengan ukurannya yang kecil dan interiornya yang cukup sempit, seperti jarak antara kursi depan dan belakangnya yang berkurang drastis, sehingga membuat tampilannya mirip seperti jenis mobil sedan. Dalam perkembangannya, saat ini jenis mobil coupe ada berbagai macam varian, seperti notchback coupe, fastback coupe, liftback coupe, convertible coupe, dan coupe 4 pintu.

A. Notchback Coupe

Notchback coupe merupakan salah satu varian jenis mobil coupe yang bagasinya datar seperti hal jenis mobil sedan. Varian jenis mobil ini umumnya adalah seperti BMW Seri 3 Coupe, Mercedes Bez CL, Nissan Silvia, dan lain sebagainya.

B. Fastback Coupe

Fastback coupe merupakan salah satu varian jenis mobil coupe yang tergolong unik, dimana varian mobil ini mempunyai bagasi yang lebih kecil dan kaca bagian belakangnya yang miring. Varian jenis mobil ini umumnya adalah seperti berbagai tipe mobil ferarri, Ford Mustang, dan lain sebagainya.

C. Liftback Coupe

Liftback coupe merupakan salah satu varian jenis mobil coupe yang terbilang paling praktis jika dibandingkan dengan varian jenis mobil coupe lainnya. Kelebihan dari varian jenis mobil ini adalah desainnya yang sangat indah ditambah dengan 2 pintu penumpang dan 1 pintu dibagian bagasinya. Varian jenis mobil ini umumnya adalah seperti Toyota Celica, Supra, dan lain sebagainya.

D. Convertible Coupe

Convertible coupe atau yang sering disebut cabriolet ini merupakan salah satu varian jenis mobil coupe yang mempunyai keunggulan dibagian atapnya bisa dibuka ataupun ditutup. Ciri lain dari varian jenis mobil ini adalah mempunyai 4 jok penumpang. Meskipun demikian, beberapa varian jenis mobil ini juga ada yang mempunyai 2 jok penumpang.

E. Coupe 4 Pintu

Coupe 4 Pintu merupakan salah satu varian mobil coupe terbaru. Meskipun termasuk ke dalam jenis mobil coupe, akan tetapi varian mobil coupe ini lebih cenderung seperti mobil sport dengan bentuknya yang seperti mobil coupe. Varian jenis mobil ini umumnya adalah seperti Mercedes Benz CLS.

3. Jenis Mobil Hatchback

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Hatchback

Tipe mobil hatchback merupakan salah satu jenis mobil yang mempunyai ciri yaitu kabinnya yang nyatu dengan ruang bagasi mobil. Selain itu, jenis mobil hatchback ini juga mempunyai 5 pintu, dimana 1 pintunya difungsikan sebagai pintu bagasi dan 4 pintu dan sisanya difungsikan sebagai pintu penumpang, sehingga ruang bagasinya bisa diakses melalui kursi penumpang dibagian belakang.

Untuk ukurannya sendiri, jenis mobil hatchback ini mempunyai ukuran mid-size yang tentunya sangat menguntukan jika dikendarai dijalanan-jalanan perkotaan. Selain itu, jenis mobil hatchback ini juga tidak membutuhkan banyak tenaga di dalam menjalankannya serta penggerak roda depannya yang sudah di desain supaya lebih lincah didalam menjalankannya.

Karena kelebihannya inilah jenis mobil hatchback sering disebut juga city car. Di Indonesia sendiri, jenis mobil hatchback ini terbagi menjadi 3, yaitu compact hatcback, hatchback mini, dan hatchback kecil. Beberapa jenis mobil hatcback yang populer saat ini adalah seperti Mini Cooper, Dodge Caliber, Lexus CT 200 h, Geo Metro, Chevrolet Aveo, Audi S3, dan lain sebagainya.

4. Jenis Mobil Minivan atau Multi Purposes Vehicle (MPV)

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Minivan atau Multi Purposes Vehicle (MPV)

Tipe Mobil Multi Purposes Vehicle (MPV) atau yang sering disebut minivan ini merupakan salah satu jenis mobil yang banyak beredar dipasaran. Jenis mobil MPV ini memanglah di desain sangat nyaman dan juga mempunyai sistem handling yang sama halnya seperti jenis mobil sedan.

Selain itu, desain interior mobil ini juga dibuat secara maksimum, sehingga akan membuat penggunanya merasa nyaman di dalam berkendera. Konsep dari jenis mobil MVP ini memanglah di desain untuk keluarga dikarenakan bisa menampung penumpang banyak. Jenis mobil MPV ini umumnya terdiri dari 4 tipe, diantaranya tipe LOW MPV, Medium MPV, Luxury MPV, dan High MPV.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis mobil minivan atau multi purposes vehicle (MPV), diantaranya:
  • MPV : Kijang Innova, Nissan Serena, Honda Stream, Nissan Grand Livina, dan lain sebagainya.
  • Mini MPV : Suzuki Swift, Nissan Livina XR, Toyota Yaris, Chevrolet Aveo, dan lain sebagainya.
  • Crossover : Suzuki SsX-4
  • City Car : Hyundai i10, KIA Picanti, Karimun Estilo, dan lain sebagainya.
  • Luxury Hatchback : Audi A3, VW GOlf, dan lain sebagainya.

5. Jenis Mobil Sport Utility Vehicle (SUV)

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Sport Utility Vehicle (SUV)

Tipe mobil sport utility vehicle atau yang disingkat SUV ini merupakan salah satu jenis mobil yang memadupadankan antara jenis mobil sedan dan mobil jeep. Selain itu, prioritas desain dari jenis mobil SUV ini adalah bisa dipakai diberbagai macam medan, baik itu medan yang mudah maupun medan yang sulit.

Konsep dari jenis mobil SUV ini memanglah di desain untuk bisa mengangkut banyak penumpang didalamnya. Selain itu, jenis mobil ini juga memakai 4 roda penggerak yang kemudian berkembang menjadi seven seater. Meskipun demikian, beberapa jenis mobil ini juga ada yang memakai 2 roda penggerak untuk membuatnya lebih nyaman dikendarakan.

Saat ini, jenis mobil SUV ini terdiri dari beberapa kategori, diantaranya adalah Low SUV, Medium SUV, High SUV, dan Double Cabin. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis mobil sport utility vehicle (SUV), diantaranya:
  • Small SUV : Daihatsu Taruna, Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan lain sebagainya.
  • Medium SUV : Toyota Fortuner, Honda CRV, Mitsubishi Pajero Sport, dan lain sebagainya.
  • Large SUV : Toyota Land Cruiser, Nissan Patrol, dan lain sebagainya.
  • Small Luxury SUV : BMW X1, Mercedes Benz GLK, dan lain sebagainya.
  • Medium Luxury SUV : Mercedes Benz ML-Class, Audi Q5, dan lain sebagainya.
  • Large Luxury SUV : Range Rover, Audi Q7, BMW X5, Lexus LX 570, Mercedes Benz GL-Class, dan lain sebagainya.

6. Jenis Mobil Sedan

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Sedan

Mobil sedan merupakan salah satu jenis mobil yang desainnya bodinya pendek dan juga memanjang. Jenis mobil ini memang banyak menjadi favorit dikarenakan desainnya yang mewah dan juga anggun. Meskipun mempunyai desain yang mewah dan bodinya yang pendek, jenis mobil ini juga mempunyai kekurangan, dimana mobil ini sulit di dalam menerjang jalanan yang banjir. Jenis mobil sedan umumnya digolongkan menjadi beberapa kategori, diantaranya adalah:
  • Small Sedan : Toyota Vios, Honda City, dan lain sebagainya.
  • Medium Sedan : Chevrolet Cruze, Honda Civic, Toyota Corolla Altis, dan lain sebagainya.
  • Large Sedan : Nissan Teana, Toyota Carmy, Toyota Camry, dan lain sebagainya.
  • Medium Luxury Sedan : Audi A6, BMW 5 Series, Mercedes Benz E-Class, dan lain sebagainya.
  • Small Luxury Sedan : Audi A4, Mercedes Benz C-Class, BMW 3 Series, dan lain sebagainya.
  • Large Luxury Sedan : Audi A, Mercedes Benz S-Class, BMW 7 Series, dan lain sebagainya.

7. Jenis Mobil Station Wagon

7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya
Jenis Mobil Station Wagon

Mobil station wagon merupakan salah satu jenis mobil yang desain atapnya relatif panjang dan juga mempunyai kargo yang lumayan luas dibagian belakangnya. Meskipun demikian, ruang kargo dari jenis mobil ini tidaklah seluas dengan jenis mobil MPV, hanya saja ruang kabin untuk penumpangnya hampir sama dengan jenis mobil sedan.

Selain itu, ciri lain dari jenis mobil ini adalah adanya 5 pintu, dimana 1 pintunya difungsikan sebagai pintu bagasi atau kargo dan 4 pintu dan sisanya difungsikan sebagai pintu penumpang. Walaupun dari segi konsep jenis mobil ini sama seperti jenis mobil hatchback, tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup jelas, terutana didalam hal ukuran mobilnya. Beberapa jenis mobil station wagon yang populer saat ini adalah seperti Volvo 245DL Wagon, Nissan Avenir, Honda Accord Wagon, dan lain sebagainya.

Nah itulah 7 jenis mobil berdasarkan bentuk, tipe, dan kelebihannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 7 Jenis Mobil Berdasarkan Bentuk, Tipe, dan Kelebihannya, Yuk bagikan ke: