Bunga

8 Jenis Makanan Kura-Kura Untuk Semua Jenis


A+
A
A-
8 Jenis Makanan Kura-Kura Untuk Semua Jenis
8 Jenis Makanan Kura-Kura Untuk Semua Jenis

XASXUS.com - Kura-kura merupakan salah satu hewan yang cukup banyak di gemari di Indonesia, bahkan tidak jarang hewan ini dijadikan peliharaan. Hewan yang mempunyai umur 20-40 tahun ini memang mempunyai sistem metabolisme yang sangat kuat sehingga tidak jarang kura-kura dapat bertahan hidup meskipun tanpa makan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meskipun demikian, dalam memelihara kura-kura tentunya ada berbagai macam hal harus diperhatikan supaya kura-kura tetap dalam kondisi sehat. Selain memperhatikan tempat tinggalnya, hal yang paling penting di dalam merawat kura-kura adalah makanannya. Maka dari itu pentingnya mengetahui makanan kura-kura merupakan hal yang wajib. Nah berikut ini adalah 8 jenis makanan kura-kura untuk semua jenis, seperti jenis kura-kura darat, kura-kura air, kura-kura brazil, dan lain sebagainya.
Daftar Isi

1. Makanan buatan atau pelet

Makanan kura-kura yang pertama adalah makanan buatan atau pelet. Makanan buatan atau pelet ini merupakan makanan kura-kura yang sangat mudah ditemukan, dimana jenis makanan ini banyak di jual dipasaran dengan merek yang beraneka ragam dan dengan kelebihannya masing-masing.

Meskipun demikian, dalam memilih makanan kura-kura berupa makanan buatan atau pelet janganlah asal-asalan, dimana setiap makanan buatan atau pelet untuk kura-kura terdiri dari berbagai macam bahan baku, seperti berasal dari tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, cacing, daging keong, daging ikan, dan lain sebagainya.

Keseluruhan bahan baku pembuatan pelet untuk makanan kura-kura tersebut haruslah disesuaikan dengan jenis kura-kura yang dipelihara, misalnya seperti makanan buatan atau pelet yang bahan bakunya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan, dimana makanan buatan atau pelet jenis ini sangat cocok untuk jenis kura-kura darat, sementara untuk makanan buatan atau pelet yang bahan bakunya berasal dari cacing, daging keong dan daging ikan, dimana makanan buatan atau pelet jenis ini sangat cocok untuk jenis kura-kura air.

Selain memilih makanan buatan atau pelet sesuai dengan jenis kura-kura yang dipelihara, pemilihan merk yang berkualitas juga harus dilakukan agar kebutuhan gizi yang diberikan terhadap kura-kura maksimal dan terjamin. Beberapa merek makanan buatan atau pelet yang terkenal untuk kura-kura adalah seperti Purina, Reptomin, ZooMed, Rep Cal, dan lain sebagainya.

2. Sayuran

Makanan kura-kura yang kedua adalah sayuran. Sayuran memang sudah terkenal akan kandungan gizinya yang tinggi dan juga cukup lengkap. Bahkan berbagai macam kandungan yang ada disayuran dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan kura-kura. Selain itu, unsur kalium yang ada pada sayuran juga bisa mempertahankan kesehatan karapas kura-kura.

Meskipun demikian, tidak semua jenis kura-kura menyukai sayuran, hanya jenis kura-kura darat sajalah yang menyukai sayuran. Jadi jika jenis kura-kura yang kamu pelihara merupakan jenis kura-kura darat, maka berikanlah berbagai macam sayur-sayuran, seperti wortel, sawi sawian, kangkung, selada air, kaktus oputia, daun kacang, daun dan bunga kembang sepatu, labu air, daun dan bunga kenikir, daun pakis dan jagung, zucchini, labu kuning, dan lain sebagainya.

Walaupun kamu bisa memberikan berbagai macam jenis sayur-sayuran, namun ada berbagai macam jenis sayur-sayuran yang tidak boleh diberikan kepada kura-kura, seperti kubis, bunga kol, bayam, kecipir, lobak, brokoli, dan daun singkong. Beberapa sayuran tersebut tidak bisa diberikan kepada kura-kura dikarenakan kura-kura tidak bisa mencernanya dengan baik sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kura-kura.

Selain beberapa makanan sayuran tersebut, kamu juga bisa memberikan beberapa jenis sayuran untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, seperti toge, kacang panjang, kacang kapri, lidah buaya, buncis, dan mentimun. Dalam memberikan beberapa jenis sayuran ini ada baiknya memberikanya hanya sekali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan beberapa jenis makanan sayuran tersebut mengandung protein yang sangat tinggi, sehingga bisa mengakibatkan pyramiding pada kura-kura.

Dalam memberikan makan, ada baiknya untuk mengkombinasikannya dengan berbagai macam jenis makanan kura-kura lainnya, seperti 50% sayuran, 25% daging dan 25% makanan lainnya. Hal ini dilakukan supaya kura-kura tersebut mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan tentunya tidak membuat kura-kura bosen.

Selain itu, dalam memberikan makanan, ada baiknya untuk selalu mencuci sayuran tersebut hingga bersih sebelum memberikannya kepada kura-kura, sehingga pencernaannya kura-kura tidak bermasalah. Seperti yang diketahui kura-kura merupakan hewan yang mudah mencret ketika memakan makanan yang tidak bersih.

3. Buah-buahan

Makanan kura-kura yang ketiga adalah buah-buahan. Makanan kura-kura berupa buah-buahan ini bisa dijadikan sebagai makanan selingan atau tambahan untuk kura-kura, seperti memberikannya buah apel, pepaya, mangga dan lain sebagainya. Meskipun bisa memberikan berbagai macam buah-buahan, sebaiknya pilihlah buah-buahan yang dangingnya lunak, sehingga memudahkan untuk dikonsumsi oleh kura-kura.

Sebelum memberikan buah-buahan kepada kura-kura, sebaiknya buah-buahan yang akan diberikan tersebut dibersihkan terlebih dahulu dengan cara mecucinya hingga bersih. Tujuannya dari pencucian ini adalah agar buah-buahan tersebut lebih steril dan terbebas dari zat-zat berbahaya, seperti pestisida.

4. Ikan

Makanan kura-kura yang keempat adalah ikan. Ikan merupakan salah satu makanan yang baik bagi perkembangan kura-kura. Dalam memberikan makan, ada baiknya memilih jenis ikan yang berasal dari air tawar saja dan tidak berasal dari laut ataupun ikan yang sudah dibekukan. Hal ini dikarenakan ikan laut dapat mencegah penyerapan beberapa nutrisi dan tentunya bisa menyebabkan berbagai macam masalah dalam jangka panjang.

5. Daging

Makanan kura-kura yang kelima adalah daging. Sama halnya dengan ikan, daging juga merupakan salah satu makanan yang baik bagi perkembangan kura-kura. Meskipun demikian, tidak semua jenis kura-kura menyukai daging, hanya jenis kura-kura air sajalah yang biasanya menyukai daging. Jadi jika jenis kura-kura yang kamu pelihara merupakan jenis kura-kura air, maka berikanlah berbagai macam daging, seperti daging ayam, udang, keong, dan lain sebagainya.

Umumnya daging yang sangat disukai oleh kura-kura adalah daging mentah. Meskipun demikian, ada baiknya janganlah memberi daging mentah kepada kura-kura. Hal ini dikarenakan daging mentah banyak memiliki kandungan lemak yang bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan terhadap kura-kura.

Pemberian daging mentah juga bisa mengakibatkan tidak mendapatkannya nutrisi yang terkandung pada daging mentah. Maka dari itu, sebelum memberikan makanan berupa daging kepada kura-kura sebaiknya mengolahnya terlebih dahulu dengan cara memasaknya tanpa menggunakan berbagai macam bumbu dapur. Selain itu, pastikanlah daging yang digunakan lunak, sehingga memudahkan untuk dikonsumsi oleh kura-kura.

6. Serangga

Makanan kura-kura yang keenam adalah serangga. Beberapa jenis kura-kura biasanya juga menyukai jenis makanan satu ini, seperti halnya jenis kura-kura brazil. Dimana kamu bisa memberikan berbagai macam jenis serangga, seperti jangkrik dan lain sebagainya. Meskipun demikian, janganlah terlalu sering memberikan makanan berupa serangga ini secara berlebihan.

7. Cacing

Makanan kura-kura yang ketujuh adalah cacing. Cacing juga merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh beberapa jenis kura-kura, salah satunya adalah jenis kura-kura brazil. Meskipun demikian, janganlah terlalu sering memberikan makanan berupa cacing ini secara berlebihan.

8. Tulang Sotong

Makanan kura-kura yang kedelapan adalah tulang sotong. Tulang sotong merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi perkembangan kura-kura, dimana kandungan kalsium yang ada pada tulang sotong sangat baik untuk perkembangan tempurungnya.
Halaman :