Bunga

13 Jenis Kertas Beserta Karakteristik, Kegunaan, dan Ukurannya


A+
A
A-
13 Jenis Kertas Beserta Karakteristik, Kegunaan, dan Ukurannya
13 Jenis Kertas Beserta Karakteristik, Kegunaan, dan Ukurannya

XASXUS.com - Dalam dunia percetakan, kertas merupakan hal yang paling penting, dimana setiap jenis kertas mempunyai banyak karakteristiknya masing-masing, seperti bahan dasar pembuatan kertas, ketebalan, tekstur, dan ukurannya.

Selain itu, kertas juga mempunyai fungsinya masing-masing, seperti kertas untuk undangan, brosur, ijazah, sertifikat, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai kertas, terdapat banyak sekali jenisnya, mulai itu kertas HVS, kalkir, duplex, dan lain sebagainya. Nah berikut ini adalah 13 jenis kertas beserta karakteristik, kegunaan, dan ukurannya.
Daftar Isi

1. Jenis Kertas Kalkir

Jenis kertas yang pertama adalah jenis kertas kalkir. Kertas kalkir ini merupakan salah satu jenis kertas hampir mirip dengan jenis kertas HVS dan kerap digunakan sebagai media sablon. Meskipun demikian, jenis kertas ini tidak berwarna putih seperti halnya jenis kertas HVS, melainkan warnanya lebih gelap dan terlihat transparan seperti halnya kertas yang habis terkena tumpahan minyak.

2. Jenis Kertas Duplex atau Coated

Jenis kertas yang kedua adalah jenis kertas duplex atau coated. Kertas duplex atau coated ini merupakan salah satu jenis kertas yang bagian sisi depannya berwarna putih dan sisi belakangnya berwarna abu-abu. Jadi kertas ini memang hanya difungsikan untuk mecetak satu sisi saja, dan tidak kedua sisinya.

Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai di dalam pembuatan box dikarenakan harganya yang reltif murah jika dibandingkan dengan jenis kertas lainnya. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 250 gram , 270 gram, 310 gram, 350 gram, dan 400 gram.

3. Jenis Kertas Art atau Matt Paper

Jenis kertas yang ketiga adalah jenis kertas art atau matt paper. Kertas art atau matt paper ini merupakan salah satu jenis kertas yang permukaanya licin atau semi doff. Bahan dasar pada jenis kertas ini umumnya sering gunakan untuk membuat brosur dikarenakan hasil hasil cetakannya yang berkualitas. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 100 gram , 120 gram, dan 150 gram.

4. Jenis Kertas Invory

Jenis kertas yang keempat adalah jenis kertas invory. Kertas invory ini merupakan salah satu jenis kertas yang hampir mirip dengan jenis kertas art karton, dimana kedua sisinya berwarna putih namun tidak seputih jenis kertas art karton.

Selain itu, jenis kertas juga mempunyai permukaan yang licin namun hanya ada di satu sisi saja. Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai di dalam pembuatan box kosmetik dikarenakan bentuknya kokoh dan tebal. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 210 gram, 230 gram, 250 gram, 270 gram, 300 gram, 350 gram.

5. Jenis Kertas HVS

Jenis kertas yang kelima adalah jenis kertas HVS. Kertas HVS ini merupakan salah satu jenis kertas yang teksturnya agak kasar dan biasanya sering dipakai sebagai kertas fotocopy atau Printer Deskjet. Jenis keras ini pada umumnya banyak dijual ditoko buku. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 70 gram, 80 gram, 100 gram. Selain itu, jenis kertas ini juga mempunyai beberapa ukuran, seperti A4, F7 atau Folio, dan HVS A3 70 gram.

6. Jenis Kertas Art Karton

Jenis kertas yang keenam adalah jenis kertas art karton. Kertas art karton ini merupakan salah satu jenis kertas yang hampir sama seperti jenis kertas art paper, namun gramasinya lebih tebal. Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai dalam pembuatan katalog, kartu nama, co profile, brosur, dan produk cetak lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram, dan 360 gram.

7. Jenis Kertas CWb atau Duplex Putih

Jenis kertas yang ketujuh adalah jenis kertas CWb atau duplex putih. Kertas CWb atau duplex putih ini merupakan salah satu jenis kertas yang bahan dasarnya sama seperti jenis kertas duplex atau coated, namun bagian dalamnya berwarna putih sehingga nampak lebih bersih. Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai dalam pembuatan box makanan. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 230 gram, 250 gram, dan 300 gram.

8. Jenis Kertas Samson Kraft

Jenis kertas yang kedelapan adalah jenis kertas samson kraft. Kertas samson kraft ini merupakan salah satu jenis kertas yang bahan dasarnya berasal dari hasil daur ulang dengan permukaannya yang kasar dan berwarna coklat muda.

Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai dalam pembuatan kertas bungkus, namun memberikan kesan yang klasik. Tidak hanya itu saja, jenis kertas ini juga sering dijadikan bahan pembuatan paperbag dan handtag (khususnya untuk distro jeans). Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 150 gram dan 220 gram (karton).

9. Jenis Kertas Corugated atau Gelombang

Jenis kertas yang kesembilan adalah jenis kertas corugated atau gelombang. Kertas corugated atau gelombang ini merupakan salah satu jenis kertas karton yang dibagian dalam bergelombang. Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai dalam pembuatan box mie instan. Ketebalan pada jenis kertas ini umumnya dikategorikan ke E Flute (gelombang kecil) dan B Flute (gelombang besar).

10. Jenis Kertas Bw / BC / Linen Jepang / Concord

Jenis kertas yang kesepuluh adalah jenis kertas Bw / BC / Linen Jepang / Concord. Kertas ini merupakan salah satu jenis kertas yang sering dipakai sebagai bahan pembuatan kop surat atau sertifikat. Jenis kertas ini umumnya mempunyai berbagai macam warna dengan garmasinya yang ada 1 macam saja, seperti 220 gram - 250 gram.

11. Jenis Kertas Jasmine

Jenis kertas yang kesebelas adalah jenis kertas jasmine. Kertas jasmine ini merupakan salah satu jenis kertas yang terksturnya agak gliter-gliter dengan berbagai macam warna. Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai dalam pembuatan undangan, seperti undagan pernikahan. Gramasi pada jenis kertas ini umumnya adalah berukuran tipis dan tebal.

12. Jenis Kertas Fancy Paper

Jenis kertas yang kedua belas adalah jenis kertas fancy paper. Kertas fancy paper ini merupakan salah satu jenis kertas yang mempunyai beragam warna dan karakteristik. Selain itu, jenis kertas juga sering dipakai di dalam pembuatan undangan.

Untuk jenisnya sendiri, kertas ini mempunyai beberapa jenis, seperti jasmine, millennium, Hawaii, java emboss, dan lain sebagainya. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti 80 gram, 100 gram, 220 gram, dan 300 gram.

13. Jenis Kertas Yellow Board

Jenis kertas yang ketiga belas adalah jenis kertas yellow board. Kertas yellow board ini merupakan salah satu jenis kertas yang cukup tebal. Jenis kertas ini pada umumnya sering dipakai dalam pembuatan undangan hard cover dan tidak dapat dicetak offset, namun biasanya dilapisi dengan jenis kertas art paper atau duplex. Gramasi pada jenis kertas ini yang umumnya dipakai adalah seperti YB 30 dan YB 40.

Nah itulah 13 jenis kertas beserta karakteristik, kegunaan, dan ukurannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :