Bunga

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya


A+
A
A-
9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya

XASXUS.com - Tidak seperti halnya dizaman dahulu, dimana kebutuhan akan pilihan kamera sangatlah terbatas. Namun dengan seiring perkembangan zaman dan kebutuhan, maka munculah berbagai macam jenis kamera dengan fungsi dan tujuannya masing-masing.

Sejak dirilis ke pasar diakhir tahuan 1990-an, kamera digital mulai mengalami perkembangan yang sangat signifikan, mulai itu dari kemampuan sensornya yang makin memumpuni, sampai kualitas gambarnya yang jauh lebih tajam dan pixelnya yang semakin rapat.

Tidak hanya itu saja, untuk jenisnya pun saat ini ada berbagai macam jenis kamera. Nah apa sajakah jenis kamera digital tersebut, berikut ini adalah 9 jenis kamera beserta gambar, fungsi, dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Jenis Kamera Saku atau Compact Camera

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Saku atau Compact Camera

Jenis kamera yang pertama adalah kamera saku atau compact camera. Sebelum masuk di-era kamera digital, kamera ini merupakan jenis kamera yang sering dijadikan alternatif analog Single Lens Reflex (SLR) di dalam memotret. Meskipun sudah memasuki era kamera digital, jenis kamera ini masih tetap digemari dikarenakan mudah dalam penggunaanya, terutama bagi yang awam. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang ada didalamnya sebagian besar telah disetel secara otomatis.

2. Jenis Kamera Prosumer atau Bridge Camera

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Prosumer atau Bridge Camera

Jenis kamera yang kedua adalah kamera prosumer atau bridge camera. Jika dilihat dari segi bentuknya, ukuran dari jenis kamera ini hanya sedikit lebih besar dari jenis kamera saku. Sementara untuk kemampuannya, jenis kamera ini juga mempunyai kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kamera saku, dimana perbedaan yang sangat mencolok adalah mode manual dan juga mode autonya yang sudah ada di jenis kamera prosumer.

Sedangkan kemampuan zoom lensanya, jenis kamera ini juga lebih mumpuni jika dibandingkan dengan kamera saku. Jadi jika dilihat dari kemampuannya, jenis kamera prosumer ini dapat dibilang merupakan jenis kamera yang menggabungkan antara flesibilitas dari jenis kamera saku dengan kecanggihan dari fitur yang ada di jenis kamera DSLR.

Bahkan jenis kamera prosumer ini selalu dijadikan cadangan jenis kamera DSLR dikarenakan kemampuan baterainya yang jauh lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis kamera DSLR. Meskipun demikian, kemampuan dari jenis kamera ini tetap saja jauh dibawah jenis kamera DSLR. Hal ini dikarenakan ukuran sensor dari jenis kamera prosumer lebih kecil dari jenis kamera DSLR.

3. Jenis Kamera Mirrorless

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Mirrorless

Jenis kamera yang ketiga adalah kamera mirrorless. Seperti namanya, dimana jenis kamera ini memang tidak dibekali cermin layaknya jenis kamera DSLR. Tanpa adanya cermin tersebut membuat jenis kamera ini jauh lebih ringkas dari jenis kamera DSLR. Meskipun demikian, jenis kamera ini kemampuannya dapat disetarakan dengan jenis kamera DSLR level middle-end.

Salah satu dari kelebihan jenis kamera mirrorless adalah lensanya yang dapat dilepas layaknya jenis kamera DSLR, sehingga jenis kamera ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan ketika dalam proses pemotretan. Selain itu, sensor yang ada pada jenis kamera ini adalah 4/3, sehingga sudah memumpuni untuk mendekali kualitas foto yang dihasilakn oleh jenis kamera DSLR.

4. Jenis Kamera Aksi atau Action Camera

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Aksi atau Action Camera

Jenis kamera yang keempat adalah kamera aksi atau action camera. Kamera ini merupakan jenis kamera yang banyak disukai oleh anak muda dan sering dipakai oleh para vlogger. Jenis kamera ini umumnya lebih sering digunakan untuk merekam vidio ketimbang foto. Bahkan ukurannya yang jauh lebih kecil dari jenis kamera saku ini sering dipasang diatas helm saat berkendara.

Untuk kualitasnya sendiri, jenis kamera ini sudah sangat memumpuni, dimana kamera ini dapat menghasilkan video 1080p dengan kecepatannya yaitu 30 fps (frame persecond) atau 720p di 30 fps (frame persecond). Jadi artinya, jenis kamera ini bisa menghasilkan gambar yang masuk ke dalam level High Definition yang tajam. Bahkan dengan menggunakan fitur Image Stabilization, jenis kamera ini dapat menghasilkan gambar yang nyaris tanpa goncangan walaupun kamera ini dipasang diatas helm saat berkendara.

5. Jenis Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR)

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR)

Jenis kamera yang kelima adalah kamera digital single lens reflex atau yang sering disebut DSLR. Kamera ini merupakan jenis kamera digital yang paling populer dan memumpuni diantara jenis kamera lainnya yang ada saat ini. Bahkan jenis kamera ini mempunyai banyak fitur yang sangat berguna di dalam menghasilkan foto.

Jenis kamera ini mempunyai beberapa kategori, mulai itu dari entry level, semipro, dan pro. Bahkan semakin tinggi levelnya, maka akan semakin canggih juga fitur yang ada didalamnya. Karena kelebihannya itulah mengapa jenis kamera ini banderol dengan harga yang mahal. Apalagi jika fitur yang ada di dalamnya banyak, maka akan semakin mahal pula harga yang dibanderolnya.

Untuk lensanya sendiri, jenis kamera ini mempunyai berbagai macam varian yang jauh lebih banyak ketimbang jenis kamera lainnya. Selain itu, generasi terbaru dari jenis kamera ini juga sudah tidak sekadar dipakai untuk mengambil foto saja, melainkan sudah dijadikan kamera video dengan kualitas gambarnya yang sekelas High Definition, sehingga tidak jarang kamera generasi baru ini dipakai oleh para vlogger di dalam menghasilkan karya-karyanya.

6. Jenis Kamera Video

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Video

Jenis kamera yang keenam adalah kamera video. Kamera video ini merupakan jenis kamera hasil perkembangan dari generasi sebelumnya saat di-era analog. Jika sebelumnya dalam merekam masih memakai CD atau kaset, namun saat ini sudah berbeda, dimana hasil rekaman tersebut sudah bisa disimpan ke dalam sebuah kartu memori.

Sesuai dengan namanya, dimana jenis kamera ini hanya bisa dipakai untuk mengambil video atau bayangan bergerak dan tidak bisa dipakai untuk mengambil foto layaknya jenis kamera DSLR. Keberadaan jenis kamera video diera digital saat ini tentunya sangat membantu di dalam menghasilkan video, terutama bagi para kontributor televisi saat akan mengirimkan data hasil dari liputan, sehingga hasil yang didapatkan bisa langsung di edit dikomputer dan kemudian hasilnya bisa dikirim ke kantor melalui jaringan internet.

7. Jenis Kamera Medium Format

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Medium Format

Jenis kamera yang ketujuh adalah kamera medium format. Keunggulan dari jenis kamera ini adalah ketajamannya di dalam mengambil objek foto. Jenis kamera ini pada umumnya hanya dipakai untuk kepentingan komersial dari sebuah produk dikarenakan dapat menghasilkan gambar yang jauh lebih detail jika dibandingkan dengan jenis kamera lainnya.

Karena kelebihannya inilah maka harga yang dibanderolnya sangat mahal dan hanya orang tertentu saja yang mempunyai jenis kamera medium format ini. Bahkan harga yang dibanderolnya setara dengan jenis kamera DSLR pro yang body only saja dapat mencapai lebih dari 50 juta rupiah. Namun jika kamu seorang fotografer profesional, maka jenis kamera ini bisa menjadi investasi selama hasil yang diperoleh setimpal.

8. Jenis Boutique Camera

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Boutique Camera

Jenis kamera yang kedelapan adalah boutique camera. Jika diihat secara sekilas, jenis kamera ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar dari jenis kamera saku. Jika diselidiki secara mendalam, ternyata jenis kamera ini tidak salah jika diberi nama butik dibagian depannya.

Meskipun bentuknya yang kecil dan ringkas, akan tetapi jenis kamera ini mempunyai kelebihan, yaitu mempunyai sensor fullframe yang bahkan kemampuannya bisa melebihi jenis kamera DSLR, sehingga wajar saja jika jenis kamera ini mempunyai harga yang mahal. Bahkan untuk jenis kamera butik Leica M9 bekas saja bisa terjual sangat mahal, yaitu tidak kurang dari 35 juta rupiah. Sedangkan untuk harga M Monochrom baru dapat mecapai harga 71 juta rupiah.

9. Jenis Kamera Smartphone

9 Jenis Kamera Beserta Gambar, Fungsi, dan Penjelasannya
Jenis Kamera Smartphone

Jenis kamera yang kesembilan adalah kamera smartphone. Kamera ini merupakan jenis kamera yang paling ideal didalam melakukan swafoto. Bobotnya yang sangat ringan dan bentuknya yang ramping tentunya akan memudahkan didalam melakukan swafoto. Apalagi jika menggunakan bantuan tongkat, maka swafoto dapat dilakukan dari berbagai macam sudut. Tak hanya itu saja, memotret memakai ponsel saat ini juga tengah menjadi tren dibeberapa kalangan. Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai macam komunitas fotografer ponsel diberbagai wilayah di Indonesia.

Nah itulah 9 jenis kamera beserta gambar, fungsi, dan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :