advertisement

6 Jenis-Jenis Rambut Beserta Nama dan Cara Perawatannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
6 Jenis-Jenis Rambut Beserta Nama dan Cara Perawatannya
6 Jenis-Jenis Rambut Beserta Nama dan Cara Perawatannya

XASXUS.com - Rambut merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi manusia, terutama bagi kaum wanita. Bahkan saking berharganya sampai ada sebuah istilah yaitu "Rambut Adalah Mahkota Wanita". Namun tahukan kamu jika setiap jenis rambut mempunyai cara perawatannya sendiri. Nah berikut ini adalah 6 jenis-jenis rambut beserta nama dan cara perawatannya.
Daftar Isi

1. Jenis rambut ikal

Jenis rambut yang pertama adalah jenis rambut ikal. Rambut ikal ini merupakan salah satu jenis rambut yang susunan sisik dibagian kutikula rambut umumnya tidak tersusun dengan rapi mendatar. Hal ini dikarenakan batang rambutnya yang frizzy dan tidak kusam.

Cara perawatan jenis rambut ikal:

Pakailah sampo dan kondisioner yang sangat kaya akan kandungan pelembapnya. Hal ini dilakukan supaya rambut ikal tersebut tetap terlihat sehat. Selain itu, gantilah sampo dan kondisioner tersebut secara berkala setiap 6 bulan sekali. Saat penggantian sampo dan kondisioner, maka pastikanlah jenis sampo dan kondisioner yang digunakan tetap sama dengan yang sebelumnya.

Pemakaian sampo dan kondisioner yang sama tersebut dilakukan supaya rambut ikal tersebut terbiasanya dengan jenis kosmetik perawatan yang sama dan tentunya tidak memberikan efek samping apapun bagi rambut. Dalam mengeringkan rambut, ada baiknya mengeringkannya secara alami. Selain itu, hindarilah menyisir rambut saat dalam keadaan kering. Jika hal ini dilakukan, maka akan membuat rambut tersebut menjadi frizzy. Jadi cukup sisirlah rambut tersebut menggunakan jari-jemari.

2. Jenis rambut keriting

Jenis rambut yang kedua adalah jenis rambut keriting. Rambut keriting atau yang sering disebut juga dengan rambut afro ini merupakan salah satu jenis rambut yang terksturnya kering dan kasar. Selain itu, jenis rambut ini juga lebih cenderung mudah rusak dan patah.

Cara perawatan jenis rambut keriting:

Untuk perawatannya sendiri, pijatlah kulit kepala tersebut secara seksama dengan memakai kondisioner rambut sebelum keramas. Hal ini dilakukan untuk merangsang produk kelenjar sebaceous serta menjadikan helaian rambut keriting tersebut menjadi elastis dan lebih halus.

Untuk kondisionernya, ada baiknya memakai formula yang kaya aka pelembapnya. Selain itu, lakukanlah perawatan hot-oil sebulan sekali. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan rambut keriting adalah sisir yang digunakan, dimana sisir yang baik bagi jenis rambut keriting adalah sisir bergigi jarang atau menggunakan sisir berbulu alami. Penggunaan sisir tersebut bertujuan agar terhidar dari masalah rambut kusut.

3. Jenis rambut lurus

Jenis rambut yang ke ketiga adalah jenis rambut lurus. Rambut lurus ini merupakan salah satu jenis rambut yang teksturnya sangatlah luruh. Selain itu, jika jenis rambut ini dalam keadaan prima dan sehat, maka sisik pada kutikula jenis rambut ini akan tersusun dengan rapi mendatar, sehingga rambut akan nampak berkilau dan halus.

Cara perawatan jenis rambut lurus:

Pakailah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe atau jenis rambut untuk mempertahankan kondisi rambut bertekstur lurus. Pakailah juga hair serum secukupnya guna mempertahankan kekuatan kutikula dibagian rambut. Selain itu, lakukanlah pengguntingan bagian ujung rambut secara berkala supaya terhindar dari masalah rambut yang bercabang.

4. Jenis rambut kasar

Jenis rambut yang keempat adalah jenis rambut kasar. Rambut kasar ini merupakan salah satu jenis rambut yang teksturnya terlihat kering dan kusut, apalagi saat habis mencuci rambut.

Cara perawatan jenis rambut kasar:

Cucilah rambut menggunakan sampo dan kondisioner yang kaya akan pelembap guna meningkatkan kondisinya. Pakailah pula leave-in conditioner atau serum supaya rambut tersusun dengan rapi dan mendatar. Lakukanlah perawatan deep-conditioning ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

5. Jenis rambut halus atau smooth hair

Jenis rambut yang kelima adalah jenis rambut halus atau smooth hair. Rambut halus ini merupakan salah satu jenis rambut yang umumnya lebih cenderung terlihat tebal, lemas, dan lepek setiap habis mencuci rambut.

Cara perawatan jenis rambut halus atau smooth hair:

Pakailah sampo dan kondisioner yang telah diformulasikan untuk memberikan volume dibagian rambut. Hal ini dilakukan supaya rambut tetap nampak lebih tebal dan bervolume. Selain itu, untuk membantu memberikan volume secara maksimal dibagian rambut kamu juga bisa memakai produk penataan.

6. Jenis rambut yang terkena proses kimiawi

Jenis rambut yang keenam adalah jenis rambut yang terkena proses kimiawi. Rambut yang sudah terkena proses kimiawi ini merupakan salah satu jenis rambut pernah mengalami perawatan kimiawi, seperti halnya melakukan pelurusan permanen, pengeringan, pewarnaan. Selain itu, jenis rambut ini umumnya lebih cenderung kusam, kering, dan rapuh.

Cara perawatan jenis rambut yang terkena proses kimiawi:

Supaya kondisi rambut yang terkena proses kimiawi tersebut tidak kusam, kering, maupun rapuh, maka ada baiknya memakai perawatan yang tepat guna, seperti memakai sampo dan kondisioner dengan formula rehydrating. Dengan memakai formula tersebut, tentunya akan membuat kelembapan dan elastisitas jenis rambut ini tetap terjaga dan warna rambut tetap awet.

Untuk mempertahankan rambut dari radikal bebas, dan juga efek negatif yang berasal dari sinar matahari, pililah produk perawatan rambut yang sudah diperkaya akan tabir surya. Selain itu, hindarilah pemakaian alat penataan rambut yang menggunakan suhu panas. Lakukanlah perawatan ini secara intensif dan rutin setiap minggu. Hal ini dilakukan guna meningkatkan dan juga mempertahankan kondisi rambut.

Nah itulah 6 jenis-jenis rambut beserta nama dan cara perawatannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 6 Jenis-Jenis Rambut Beserta Nama dan Cara Perawatannya, Yuk bagikan ke: