Bunga

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya


A+
A
A-
10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya

XASXUS.com - Ikan arwana atau yang mempunyai nama ilmiah Scleropages sp ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias dan mempunyai daya tarik tersendiri, dimana jenis ikan ini mepunyai sisik yang sangat indah. Ikan arwana umumnya banyak dijumpai dikawasan Asia tenggara, seperti di Indonesia, Thailand, Malaysia, Kamboja, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, jenis ikan arwana ini banyak tersebar di beberapa wilayah, seperti di Riau, Kalimantan, dan Irian jaya. Namun tahukah kamu ternyata ikan arwana mempunyai berbagai macam jenis dengan cirinya masing-masing dan tentunya mempunyai harga yang mahal. Nah berikut ini adalah 10 jenis ikan arwana termahal beserta gambar, nama, dan ciri-cirinya.
Daftar Isi

1. Jenis Ikan Arwana Merah (Arwana Super Red)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Merah (Arwana Super Red)

Ikan arwana merah atau yang disebut juga dengan nama arwana super red ini merupakan salah satu jenis ikan arwana yang asli dari Indonesia, dimana jenis ikan arwana ini banyak dijumpai di sungai kapuas dan danau sentarum di Provinsi Kalimantan Barat. Selain di sungai kapuas dan danau sentarum, jenis ikan arwana merah ini juga banyak dijumapi di para peternak ikan arwana, karena saat ini jenis ikan arwana ini sudah banyak dibudidayakan.

Jenis ikan arwana merah mempunyai 4 jenis, diantaranya:
  • Jenis ikan arwana merah cabe (Chilli Red)
  • Jenis ikan arwana merah orange (Orange Red)
  • Jenis ikan arwana merah darah (Blood Red)
  • Jenis ikan arwana merah emas (Golden Red)

Keempat jenis ikan arwana merah tersebut merupakan jenis ikan arwana merah tingkat pertama. Walaupun demikian, dalam perkembangannya hanya jenis ikan arwana merah cabe dan merah darah sajalah yang cendrung lebih mengarah kepada jenis ikan arwana merah tingkat pertama. Hal ini dikarenakan jenis ikan arwana merah orange dan merah emas lebih mengarah kepada jenis ikan arwana merah tingkat rendah.

Jenis ikan arwana merah atau yang disebut juga dengan nama arwana super red ini mempunyai beberapa ciri, yaitu memiliki warna merah dibagian sirip, sungut, dayung, dan ekornya. Jenis arwana merah umumnya juga mempunyai ring berwarna merah yang mengkilap dipinggir sisiknya, akan tetapi ring tersebut hanya akan terlihat saat umur arwana menginjak 3-4 tahun.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu ring tersebut muncul, akan tetapi banyak dari para pecinta ikan arwana yang melakukan berbagai cara untuk mempercepat munculnya ring berwarna merah tersebut, seperti memberikan pakan baik ataupun dengan cara menaruh kolamnya di area yang terkena sinar matahari secara langsung.

2. Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden (X Black Golden)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden (X Black Golden)

Ikan arwana cross back golden atau yang disebut juga dengan nama x black golden ini merupakan salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia. Jenis ikan arwana ini pada dasarnya merupakan salah satu dari jenis ikan arwana golden.

Jenis ikan arwana cross back golden umumnya mempunyai beberapa ciri, yaitu mempunyai ring yang melingkar melewati punggung dan akan muncul saat menginjak dewasa. Hal inilah yang membuat jenis ikan arwana ini disebut juga x black golden. Jenis ikan arwana cross back golden umumnya mempunyai beberapa warna, diantaranya blue base, silver base, gold base, dan purple base.

3. Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden (Golden Red)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden (Golden Red)

Ikan arwana red tail golden atau yang disebut juga dengan nama golden red ini merupakan salah satu jenis ikan arwana asli dari Indonesia, dimana jenis ikan ini banyak dijumpai di Riau, tepatnya di Pekan Baru. Jenis ikan arwana red tail golden umumnya mempunyai beberapa ciri, diantarnya yaitu mempunyai sifat yang sangat agresif.

Selain itu, jenis ikan arwana ini juga mempunyai ciri yaitu sisiknya yang tidak sampai melewati punggung, dimana sisiknya hanya sampai dilevel ke 4, yaitu level yang dihitung dari bawah badan hingga ke atas.

4. Jenis Ikan Arwana Silver (Arwana Brazil)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Silver (Arwana Brazil)

Ikan arwana silver atau yang disebut juga dengan nama arwana brazil ini merupakan salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari Brazil. Meskipun dari brazil, jenis ikan arwana ini juga sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga tidak jarang jenis ikan arwana ini mudah dijumpai. Jenis ikan arwana silver umumnya mempunyai ciri yaitu memiliki bentuk tubuh yang panjang, bahkan sirip dibagian badannya juga panjang. Jenis ikan arwana ini biasanya bisa tumbuh hingga ukuran 50-60 centimeter.

5. Jenis Ikan Arwana Banjar

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Banjar

Ikan arwana banjar merupakan salah satu jenis ikan arwana yang mirip sekali dengan ikan arwana merah muda. Jenis ikan arwana ini mempunyai beberapa ciri, seperti mempunyai bentuk kepala yang cenderung berbentuk bulat dengan bentuk mulutnya yang tidak terlalu lancip seperti hal jenis ikan arwana lainnya.

Selain itu jenis ikan arwana banjar juga mempunyai ciri yaitu warna siripnya yang berwana orange pucat dan ekornya yang berwarna kuning atau orange. Jenis ikan arwana ini merupakan jenis ikan arwana merah tingkat 2 dan bukanlah dari strain murni ikan arwana merah.

6. Jenis Ikan Arwana Jardini (Arwana Irian)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Jardini (Arwana Irian)

Ikan arwana jardini atau yang disebut juga dengan nama arwana irian ini merupakan salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari Australia. Meskipun demikian, jenis ikan arwana ini juga banyak ditemukan disekitar sungai di Kabupaten Merauke, Papua. Oleh sebab itulah mengapa jenis ikan arwana ini juga disebut dengan nama ikan arwana irian.

Jenis ikan arwana jardini umumnya mempunyai ciri yaitu memiliki warna dasar kecoklat-coklatan dan beberapa bintik-bintik berwarna keemasan dibagian tengah sisiknya, sirip, kepala, dan ekornya. Jenis ikan arwana jardini umumnya mempunyai 2 jenis warna, diantaranya jenis ikan arwana jardini berwana lebih gelap (scleropages jardini) dan jenis ikan arwana jardini berwana lebih gelap (scleropages leichharti).

7. Jenis Ikan Arwana Hijau (Golden Pino atau Green Arwana)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Hijau (Golden Pino atau Green Arwana)

Ikan arwana hijau atau yang disebut juga dengan nama golden pino atau green arwana ini merupakan salah satu jenis ikan arwana yang banyak dijumpai dibeberapa negara Asia, seperti halnya di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Kamboja. Sesuai dengan namanya, dimana jenis ikan arwana ini mempunyai ciri yaitu warna tubuhnya yang berwarna warna hijau semi perak.

Selain itu, jenis ikan arwana hijau juga mempunyai ciri yaitu sirip ekornya yang mempunyai warna perpaduan antara warna abu-abu dan warna hijau dengan bentuk mulutnya jauh lebih besar dan kepalanya yang cenderung berbentuk bulat. Tidak seperti jenis ikan arwana lainnya, dimana jenis ikan arwana hijau ini tidak memiliki ring. Meskipun demikian, jenis ikan arwana ini memiliki keindahan tersendiri dengan warnya yang sangat indah.

8. Jenis Ikan Arwana Black Golden

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Black Golden

Ikan arwana black golden merupakan salah satu jenis ikan arwana dari jenis ikan arwana golden dan banyak dijumpai di Malaysia, seperti di Johor, Bukit Merah, Trengganu, dan Perak. Jenis ikan arwana black golden umumnya mempunyai ciri yaitu tubuhnya yang berwarna yang berbalutkan sisik tebal berwarna hitam. Saat ini, jenis ikan arwana ini sudah sangat sulit dijumpai, sehingga jenis ikan arwana ini banderol harga yang sangat mahal.

9. Jenis Ikan Arwana Afrika (African Arwana)

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Afrika (African Arwana)

Ikan arwana afrika atau yang disebut juga dengan nama african arwana ini merupakan salah satu jenis ikan arwana dari Afrika bagian timur, seperti hal di Senegal, Gambia, dan Kamerun. Jenis ikan arwana afrika umumnya mempunyai ciri yaitu bentuk tubuhnya yang seperti jenis ikan arwana silver. Namun yang memberdakannya adalah bentuk kepalanya, dimana jenis ikan arwana afrika jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis ikan arwana silver.

10. Jenis Ikan Arwana Arapaima Gigas

10 Jenis Ikan Arwana Termahal Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ikan Arwana Arapaima Gigas

Ikan arwana arwana arapaima gigas merupakan salah satu jenis ikan arwana terbesar, bahkan terbesar di dunia, dimana jenis ikan arwana ini mempunyai berat hingga 200 kilogram dengan panjangnya yaitu lebih dari 3 meter. Jenis ikan arwana ini merupakan jenis ikan yang bernafas dengan cara mengambil dari udara, sehingga jenis ikan arwana ini sering muncul kepermukaan

Jenis ikan arawana arapaima umumnya hanya ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Essequito. Bahkan jenis ikan arwana ini merupakan jenis ikan yang langka dan dilindungi oleh IUCN, CITES, dan juga dilindungi oleh undang-undang di Guyana.

Nah itulah 10 jenis ikan arwana termahal beserta gambar, nama, dan ciri-cirinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :