Bunga

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya


A+
A
A-
10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya

XASXUS.com - Hingga saat ini, jenis ayam aduan yang paling bagus dan sangat populer di dalam sabung ayam adalah jenis ayam bangkok. Hal ini dikarenakan banyak dari para penggemar sabung ayam lebih memilih jenis ayam aduan bangkok sebagai jagoannya. Memilih jenis ayam aduan bangkok sebagai jagoannya merupakan hal yang wajar dikarenakan jenis ayam aduan tersebut memang sudah terkenal akan kemampuannya di dalam bertarung.

Meskipun demikian, bukan berarti jenis ayam aduan lainnya tidak bisa bersaing dan menjadi juara diarena sabung. Ada berbagai macam jenis ayam aduan yang memiliki kelebihan dan kemampuan yang tentunya tidak kalah dengan jenis ayam aduan yang berasal dari Thailand tersebut. Bahkan di dalam sejarahnya, ada pula jenis ayam aduan lain yang dapat mengalahkan jenis ayam bangkok super.

Sabung ayam pada dasarnya sangat berbeda dengan ayam petelur, ayam hias, dan ayam pedanging, dimana ayam aduan umumnya memliki fisik dan karakternya yang dikhususkan bertarung. Nah apa sajakah jenis ayam aduan tersebut dan apa saja ciri-cirinya? berikut ini adalah 10 jenis ayam aduan beserta gambar, nama, dan ciri-cirinya
Daftar Isi

1. Jenis Ayam Bangkok

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Bangkok

Jenis ayam aduan yang pertama adalah ayam bangkok. Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang paling populer diantara jenis ayam aduan. Jenis ayam yang berasal dari Bangkok Thailand ini sudah terkenal akan kelebihanya di dalam bertarung, dimana jenis ayam aduan ini mempunyai mental sekokoh baja dan dapat bertarung hingga mati. Karena kelebihannya inilah jenis ayam aduan ini banyak disukai dan sering dijadikan ayam aduan.

2. Jenis Ayam Birma atau Burma

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Birma atau Burma

Jenis ayam aduan yang kedua adalah ayam birma atau burma. Ayam birma atau burma merupakan salah satu jenis ayam liar atau ayam kampung yang berasal dari Myanmar, tepatnya dari Burma. Ayam birma atau burma ini selain dijadikan koleksi ternyata juga sering dijadikan ayam aduan. Meskipun ayam birma atau burma mempunyai ukuran tubuh yang kecil, akan tetapi jenis ayam aduan ini sangat lincah dan juga gesit didalam menyerang maupun menghindar dari serangan lawan.

Selain lincah dan gesit, ayam birma atau burma juga mempunyai karakter yang kuat dan sering dijadikan inspirasi oleh para pecinta sabung ayam untuk mengawinkannya dengan jenis ayam aduan berupa ayam bangkok. Hal ini dilakukan supaya hasil keturunannya membawa karakter dari masing-masing indukannya, seperti lincah dan gesit seperti ayam birma atau burma serta mempunyai tubuh yang besar dan mempunyai kaki yang kekar layak ayam bangkok.

3. Jenis Ayam Siam

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Siam

Jenis ayam aduan yang ketiga adalah ayam siam. Ayam siam merupakan salah satu jenis ayam aduan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Keunggulan jenis ayam siam ini adalah mempunyai mental baja dan tidak mudah menyerah. Selain itu, jenis ayam aduan ini juga mempunyai pukulan yang keras dan mematikan. Ayam siam umumnya bisa dilatih secara khusus dan diturunkan dibeberapa tipe arena sehingga jenis ayam aduan ini mempunyai gaya yang bervariatif.

4. Jenis Ayam Shamo

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Shamo

Jenis ayam aduan yang keempat adalah ayam shamo. Ayam shamo merupakan salah satu jenis ayam aduan unggulan yang berasal dari Jepang. Sesuai dengan jenisnya, dimana kata shamo pada nama jenis ayam aduan ini artinya adalah jagoan. Ayam shamo umumnya mempunyai postur tubuh yanng cukup tinggi dan tegap.

Meskipun ukurannya tidak sebesar jenis ayam aduan bangkok, akan tetapi jenis ayam aduan ini mempunyai tubuh yang kekar jika dibandingkan dengan jenis ayam aduan lainnya. Selain itu, ayam shamo juga mempunyai pukulan yang sangat akurat dan di lepaskan ketitik-titik yang sangat sensitif, seperti di area mata dan telinga, sehingga jenis ayam aduan ini bisa dengan cepat melumpuhkan lawannya.

5. Jenis Ayam Saigon

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Saigon

Jenis ayam aduan yang kelima adalah ayam saingon. Ayam saingon merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari Vietnam dan merupakan hasil dari persilangan. Jenis ayam aduan ini mempunyai ciri yaitu bagian kepalanya yang tidak ditumbuhi oleh bulu layaknya ayam pada umumnya. Karena keunikannya inilah yang membuatnya terkenal dikalangan para penggemar sabung ayam. Selain itu, jenisayam aduan ini juga memiliki bulu ekor yang pendek.

6. Jenis Ayam Filipina

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Filipina

Jenis ayam aduan yang keenam adalah ayam Filipina. Ayam Filipina merupakan salah satu jenis ayam aduan yang cukup populer di kalangan para pecinta sabung ayam, dimana jenis ayam aduan ini mempunyai beberapa ciri, seperti bertubuh kekar dan mempunyai bulu yang lebat nan indah. Untuk warnanya sendiri, ayam Filipina mempunyai berbagai macam warna, seperti warna merah, hijau, putih, dan kuning.

7. Jenis Ayam Peru atau Peruvian

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Peru atau Peruvian

Jenis ayam aduan yang ketujuh adalah ayam peru atau peruvian. Sesuai dengan namanya, jika ayam peru atau peruvian merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari negar Peru. Keunggulan dari jenis ayam aduan ini adalah gerakannya yang lincah di dalam bertarung, mempunyai tenaga yang besar, dan gerakannya yang cepat baik itu didalam menyerang maupun menghindar. Selain itu, jenis ayam aduan ini juga sering dijadikan sebagai ayam aduan piso atau taji, dimana ayam Peru ini sangat terampil di dalam menyerang menggunakan taji.

8. Jenis Ayam Pakhoy

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Pakhoy

Jenis ayam aduan yang kedelapan adalah ayam pakhoy. Ayam pakhoy merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari daerah selatan di kota Bangkok, negara Thailand. Jenis ayam aduan ini merupakan salah satu generasi ayam aduan modern yang sangat berbahaya. Bahkan saking berbahayanya, jenis ayam aduan ini diberi nama pakhoy, dimana kata pakhoy sendiri di dalam bahasa Thailand artinya adalah penumpas atau pembunuh setan. Kata setan di dalam arti pakhoy tersebut merupakan sebutan bagi ayam yang pernah mengalahkan ayam bangkok super dimasa lampau.

9. Jenis Ayam Ciparage

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Ciparage

Jenis ayam aduan yang kesembilan adalah ayam ciparage. Ayam ciparage merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari Indonesia, tepatnya di dusun Ciparage, Desa Cilamaya, Kab. Karawang, Provinsi Jawa Barat. Menurut beberapa sumber, jika jenis ayam aduan ini merupakan jenis ayam keturunan ayam laga milik dari Adipati Singaperbangsa yang terkenal di jaman dahulu.

10. Jenis Ayam Aseel atau Asil

10 Jenis Ayam Aduan Beserta Gambar, Nama, dan Ciri-cirinya
Jenis Ayam Aseel atau Asil

Jenis ayam aduan yang terakhir adalah ayam aseel atau asil. Ayam aseel atau asil merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari India dan Pakistan. Jenis ayam aduan ini umumnya mempunyai ciri yaitu mempunyai postur tubuh yang tegap seperti halnya ayam aduan umumnya. Selain itu jenis ayam aduan ini juga mempunyai kepala dan leher yang besar dengan pialnya yang berbentuk pea. Kaki yang dimilikinya pun kokoh dan pertulangannya yang tebal. Untuk paruhnya sendiri sangat runcing layaknya paruh burung elang.

Nah itulah 10 jenis ayam aduan beserta gambar, nama, dan ciri-cirinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :