advertisement

11 Genre Film Atau Jenis Film Beserta Contoh dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
11 Genre Film Beserta Contoh dan Penjelasannya
11 Genre Film Beserta Contoh dan Penjelasannya

XASXUS.com - Dalam dunia perfilman, terdapat banyak sekali genre film dengan judul-judulnya sangat terkenal dan bahkan meraih banyak kesuksesan baik itu dari jumlah penontonnya maupun penghargaan yang diperolehnya. Tidak hanya itu saja, setiap genre film juga mempunyai keunikannya sendiri sehingga dapat membawa para penonton mengikuti alur ceritanya. Nah berbicara mengenai genre film, berikut ini adalah 11 genre film atau jenis film beserta contoh dan penjelasannya.
Daftar Isi

1. Genre Film Aksi atau Action

Genre film yang pertama adalah genre film aksi atau action. Film aksi atau action ini merupakan salah satu genre film yang adegan filmnya lebih banyak pertarungan, gangguan yang sering terjadi, pelarian diri, sampai munculnya para tokoh jagoan dan musuhnya yang terus berseteru dengan aksi-aksinya yang sangat menakjubkan.

Selain itu, dalam pembuatan genre film aksi ini juga membutuhkan banyak para pemain, baik itu pemain utama maupun pemain pengganti (stunt man). Tidak hanya itu saja, adegan yang dilakukan biasanya banyak menguras tenaga dari para pemainnya. Genre film aksi atau action ini adalah seperti Die Hard, James Bond, dan lain sebagainya. Sedangkan tokoh yang populer adalah seperti Iko Uwais, Bruce Willis, Jean-Claude Van Damme, Wesley Snipes, Jackie Chan, dan lain sebagainya.

2. Genre Film Petualangan atau Adventure

Genre film yang kedua adalah genre film petualangan atau adventure. Film petualangan atau adventure ini merupakan salah satu genre film yang alur ceritanya menyenangkan dan menyajikan banyak pengalaman mengenai area atau tempat-tempat baru dan bersejarah, seperti halnya di gurun, pedalaman hutan, ataupun di tempat-tempat lainnya yang tentunya disajikan dengan sangat menarik.

Selain itu, genre film ini umumnya juga banyak yang bertemakan tentang pencarian sesuatu yang hilang, seperti halnya mencari pulau atau harta karun. Genre film petualangan atau adventure ini adalah seperti The Eagle, Crouching Tiger Hidden Dragon, King Kong, Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides, dan lain sebagainya.

3. Genre Film Komedi atau Comedy

Genre film yang ketiga adalah genre film komedi atau comedy. Film komedi atau comedy ini merupakan salah satu genre film yang secara penyampain ceritanya sederhana, ringan, dan sengaja dibuat untuk mengundang tawa bagi para penontonnya, baik itu berasal dari perbuatan maupun perkataan yang diucapkan oleh para tokohnya. Genre film komedi atau comedy ini adalah seperti Comic 8, Scary Movie, dan lain sebagainya.

4. Genre Film Kriminal atau Crime

Genre film yang keempat adalah genre film kriminal atau crime. Film kriminal atau crime ini merupakan salah satu genre film yang umumnya bertemakan perampokan, seperti pelaku sindikat kejahatan, mafia, dan para penjahat yang melakukan berbagai macam tindakan kriminal. Selain itu, genre film kriminal atau crime juga kerap dikategorikan sebagai film detektif misteri atau film noir. Genre film kriminal atau crime ini adalah seperti Serigala Terakhir, Gangster, dan lain sebagainya.

5. Genre Film Drama

Genre film yang kelima adalah genre film drama. Film drama ini merupakan salah satu genre film yang alur ceritanya yang serius, latarnya yang realistis, menampilkan berbagai macam karakter, serta menggambarkan situasi kehidupan sehari-hari yang kaitannya sangat dekat dengan para penonton. Selain itu, genre film drama ini juga tidak berfokus terhadap efek-efek spesial, komedi, maupun aksi-aksi dari pemainnya. Genre film drama ini adalah seperti The Fault in Our Stars, Ada Apa Dengan Cinta, dan lain sebagainya.

6. Genre Film Horor atau Horror

Genre film yang keenam adalah genre film horor atau horror. Film horor atau horror ini merupakan salah satu genre film yang alurnya sengaja dibuat untuk menakuti-nakuti para penontonnya sehingga mengeluarkan emosi ketakutan yang paling mendalam bagi yang menontonnya. Sosok yang ditakuti pada genre film inipun beraneka ragam, mulai itu zombie, jin, hantu, mahkluk gaib, monster, roh manusia, dan lain sebagainya yang dianggap menyeramkan. Genre film horor ini adalah seperti The Conjuring, Insidious, dan lain sebagainya.

7. Genre Film Epik atau Epics

Genre film yang ketujuh adalah genre film epik atau epics. Film epik atau epics ini merupakan salah satu genre film yang menggambarkan mitos, legenda, kejadian historis atau kejadian khayalan, dan figur-figur yang dianggap sosok pahlawan. Selain itu, genre film ini juga ditampilkan secara spektakuler dengan latarnya yang luar biasa dan kostum yang serba mewah. Genre film epik atau epics ini adalah seperti Lord of The Rings dan lain sebagainya.

8. Genre Film Musikal atau Musical

Genre film yang kedelapan adalah genre film musikal atau musical. Film musikal atau musical ini merupakan salah satu genre film kombinasi dari tari-tarian, nyanyian, lagu, atau koreografi. Selain itu, genre musikal ini juga lebih menekankan nyanyi-nyanyian atau tari-tarian dan hanya dipertunjukan sebagai bagian utama dari narasi pada film tersebut. Genre film musikal ini adalah seperti La La Land, High School Musical, dan lain sebagainya.

9 Genre Film Sains Fiksi atau Science Fiction

Genre film yang kesembilan adalah Genre film sains fiksi atau science fiction. Film sains fiksi atau science fiction ini merupakan salah satu genre film yang umumnya lebih menampilkan pengaplikasian berbagai macam ilmu-ilmu fisika yang dipadupadankan dengan kecanggihan teknologi dan latarnya yang juga fantastis, seperti adanya senjata, kendaraan, monster yang tidak biasa atau mahluk yang berasal dari planet dan kerap lalu lalang didalam film. Genre film sains fiksi atau science fiction ini adalah seperti Startrek, Interstellar, dan lain sebagainya.

10. Genre Film Perang atau War

Genre film yang kesepuluh adalah genre film perang atau war. Film perang atau war ini merupakan salah satu genre film yang banyak menampilkan sebuah peperangan maupun pertarungan, baik itu antar negara ataupun beberapa kelompok manusia dengan latar tempatnya yang berupa laut, darat, maupun udara. Selain itu, genre film peperangan ini juga kerapa dipadukan dengan beberapa genre film lainnya, seperti genre film petualangan, aksi, komedi, drama, bahkan hingga genre film epik. Genre film peperangan ini adalah seperti Hacksaw Ridge, dan lain sebagainya.

11. Genre Film Westerns

Genre film yang kesebelas adalah genre film westerns. Film westerns ini merupakan salah satu genre film tertua dan paling abadi. Selain itu, alur dan karakter dari genre film ini juga mudah dikenali, seperti adanya koboi, kuda, india, kota tua, dan lain sebagainya. Namun dengan seiring perkembangannya, genre film ini sudah diperluas lagi. Genre fim westerns ini adalah seperti Outlaws and Angels, The Wild Bunch, dan lain sebagainya.

Nah itulah 11 genre film atau jenis film beserta contoh dan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 11 Genre Film Atau Jenis Film Beserta Contoh dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: