Bunga

13 Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar Untuk Pemula


A+
A
A-
13 Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar Untuk Pemula
13 Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

XASXUS.com - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain itu ikan lele juga sering dijadikan sebagai bahan dasar makanan tradisional. Di Indonesia sendiri, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk tinggi permintaannya. Hal ini justru menjadi peluang yang cukup menjanjikan di dalam ternak lele. Nah jika kamu ingin ternak lele namun tidak mengetahui bagaimana cara ternak lele yang baik dan benar, berikut ini adalah 13 cara ternak lele yang baik dan benar untuk pemula.
Daftar Isi

1. Mengetahui aspek penting ternak lele

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah mengetahui aspek penting ternak lele. Ini merupakan hal yang paling penting di dalam cara ternak lele yang baik dan benar untuk pemula, karena dengan mengetahui aspek-aspek terpenting di dalam ternak lele tentunya akan membuat ternak lele berhasil dan sukses. Nah berikut ini adalah beberapa aspek terpenting yang harus kamu ketahui, diantaranya:
  • Ikan lele pada umumnya akan hidup dengan baik disuhu sekitar 20-28 derajat celcius.
  • Kolam untuk ternak lele haruslah bersih dan tidak terkontaminasi oleh limbah pabrik atau industri.
  • Kondisi air yang baik untuk ternak lele adalah di perairan tenang dan bersih dengan kadar oksigennya yang tidak rendah.
  • Permukaan kolamnya ada baiknya tidak tertutup atau ditutupi.

2. Menentukan tempat pembuatan kolam ikan lele

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah menentukan tempat pembuatan kolam ikan lele. Untuk tempat pembuatan kolam ikan lelenya sendiri pastikanlah mudah di akses oleh kendaraan, berdekatan dengan sumber air, dan yang paling penting adalah jauh dari wilayah yang pandat penduduk. Hal ini dikarenakan proses ternak lele dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menggangu.

3. Membuat kolam untuk ternak ikan lele

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah membuat kolam untuk ternak ikan lele. Jadi buatlah kolam ternak lele dengan kedalaman sekitar 80 centimeter. Setelah itu, masukanlah terpal sebagai alas dan dinding dengan mengikuti bentuk kolam. Untuk lebar dan panjangnya sendiri dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.

4. Memberikan kapur dolomit

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah memberikan kapur dolomit. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kolam dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang lele kamu. Selain itu, pemberian kapur dolomit ini juga bertujuan untuk mengembalikan kadar keasaman tanah.

5. Memasukan air ke dalam kolam ikan lele

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah memasukan air ke dalam kolam ikan lele. Jadi setelah kolam yang akan digunakan sebagai media ternak lele siap, selanjutnya yaitu memasukan air ke dalam kolam tersebut hingga ketinggian sekitar 30 centimer

6. Mendiamkan kolam ikan lele

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah mendiamkan kolam ikan lele. Jadi diamkanlah kolam untuk ternak lele tersebut selama 4 hari. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan plankton yang nantinya dijadikan pakan alami lele.

7. Memilih indukan ikan lele berkualitas

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah memilih indukan ikan lele berkualitas. Indukan lele berkualitas umumnya mempunyai beberapa ciri fisik. Nah berikut ini adalah ciri-ciri indukan lele berkualitas.

Ciri indukan pejantan lele yang berkualitas:

  • Gerakannya lincah.
  • Alat kelaminnya mempunyai bentuk yang runcing.
  • Warna tubuhnya gelap.
  • Mempunyai perut yang ramping dan tidak terlihat besar dari pada punggungnya.
  • Bagian tulang kepalanya terlihat pipih

Ciri indukan betina lele yang berkualitas:

  • Gerakannya lambat.
  • Alat kelaminnya mempunyai bentuk yang bulat.
  • Warna tubuhnya lebih cerah.
  • Mempunyai perut yang terlihat mengembang besar dari pada punggung.
  • Kepala terlihat cembung

8. Melakukan pemijahan ikan lele

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah melakukan pemijahan ikan lele. Pemijahan sendiri merupakan tahapan mengawinkan indukan pejantan dengan indukan betina. Umumnya ikan lele yang telah siap kawin bisa dilihat dari warna kelaminnya.

Untuk indukan lele bentina biasanya akan berwarna kuning, sedangkan untuk indukan lele pejantan biasanya akan berwarna merah. Setelah melakukan proses ini, umumnya dalam 24 jam sel telur ikan lele yang sudah dibuahi akan menempel disarang. Jadi tunggulah hingga telur tersebut menetas dan menjadi bibit berupa anakan lele.

9. Menyiapkan kolam untuk bibit lele

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah menyiapkan kolam untuk bibit lele. Jadi sebelum memindahkan bibit anakan lele tersebut, siapkanlah kolam dengan ketinggian air sekitar 10-20 centimeter.

10. Memindahkan bibit ikan lele

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah memindahkan bibit ikan lele. Proses memindahkan ini sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan dilakukan di malam hari supaya menjaga suhu air didalam kolamnya. Jadi pindahkanlah bibit berupa anakan lele tersebut ke kolam yang telah disiapkan dengan menggunakan wadah penampung sementara, seperti menggunakan ember yang telah diisi oleh air kolam.

11. Tahap pendederan ikan lele

Hal kesebelas yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah melakukan pendederan ikan lele. Pendederan sendiri merupakan proses membesarkan bibit lele sampai panen. Dalam melakukan pendederan, sangat disarankan untuk memberikannya penutup dipermukaan kolam, seperti memberikannya eceng gondok. Hal ini dilakukan untuk selalu menjaga kestabilan suhu didalam kolam supaya tidak mudah stress

12. Memberi pakan untuk untuk ikan lele

Hal kedua belas yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah memberi pakan untuk untuk ikan lele. Ini merupakan faktor yang paling penting di dalam keberhasilan ternak lele untuk pemula. Untuk pakannya sendiri, kamu bisa memberikan plankton, jentik-jentik, cacing kecil, dan kutu air saat umurnya menginjak 3-4 hari.

Namun saat umurnya menginjak diatas 4 hari, pakan yang diberikan haruslah kaya akan protein dan dilakukan secara berkala. Selain itu, kamu juga harus sering-sering mengamati ikan lele dan melakukan perawatan secara maksimal.

13. Panen ikan lele

Hal terakhir yang harus dilakukan di dalam cara ternak lele adalah panen ikan lele. Ini merupakan yang paling ditunggu-tunggu oleh para peternak lele. Lele umumnya sudah siap panen saat ukurannya berkisar 5-7 centimeter atau 9-12 centimeter.

Nah mudah bukan cara ternak lele? demikianlah artikel berjudul 13 cara ternak lele yang baik dan benar untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :