Bunga

15 Cara Merawat Murai Batu Yang Benar Agar Cepat Gacor Dan Tidak Mati


A+
A
A-
15 Cara Merawat Murai Batu Yang Benar Agar Cepat Gacor Dan Tidak Mati
15 Cara Merawat Murai Batu Yang Benar Agar Cepat Gacor Dan Tidak Mati

XASXUS.com - Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak di gemari, khususnya bagi para pecinta burung. Burung murai batu memang sudah terkenal akan kicauannya, sehingga tidak heran jika jenis burung kicau ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Meskipun demikian, untuk mendapat kiauan yang gacor tentulah tidak mudah. Dibutuhkan beberapa cara merawat murai batu yang benar supaya mendapatkan murai batu yang cepat gacor. Nah berikut ini adalah 15 cara merawat murai batu yang benar agar cepat gacor dan tidak mati.
Daftar Isi

1. Lakukan pengembunan burung murai batu di pagi hari

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah lakukan pengembunan burung murai batu di pagi hari. Hal ini dikarenakan udara pagi sangat baik dan bagus bagi mental burung murai batu. Selain itu, udara pagi juga bisa memberikan energi positif dan membuat burung murai batu rileks serta memberikan rangsangan berkicau yang jernih untuk burung murai batu.

2. Angin-anginkan burung murai batu sebelum dimandikan

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah mengangin-anginkan burung murai batu sebelum dimandikan. Jadi angin-anginkan burung murai batu kamu dengan cara menggantungkannya di teras sekitar 30 menit lamanya sebelum dimandikan. Pastikanlah saat mengangin-anginkan, burung murai batu merasa nyaman dan juga tidak terganggu oleh kicauan dari burung lainya. Hal ini dilakukan supaya burung murai batu bisa beradaptasi dahulu.

3. Mandikan burung murai batu

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah mandikan burung murai batu. Jadi kamu bisa memandikan burung murai batu memakai keramba atau semprot. Namun hal yang harus diperhatikan di dalam memandikan burung murai batu adalah cara memegangnya, pastikanlah cara memegang kamu benar dan tidak membuat burung murai batu menjadi sesak nafas saat dimandikan.

4. Menjemur burung murai batu

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah menjemur burung murai batu. Lakukan cara ini setelah memandikan burung murai batu supaya bulu-bulunya menjadi kering. Jadi jemurlah burung murai batu selama 1-2 jam dan sebaiknya jauhkanlah burung murai batu kamu dengan burung murai batu lainnya.

5. Membersihkan kandang burung murai batu

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah membersihkan kandang burung murai batu. Hal ini merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan supaya menjaga kualitas dan kesehatan burung murai batu kamu. Jadi bersihkalah kandang murai batu sekaligus juga wadah pakan dan tempat minum secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan air mengalir.

6. Berikan pakan dan minuman yang baru

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah memberikan pakan dan minuman yang baru. Hal ini dilakukan setelah mencuci bersih wadah pakan dan minum. Jadi berilah pakan dan minuman baru untuk burung murai batu. Selain itu kamu juga bisa memberikan pakan berupa jangkrik.

7. Berilah waktu istirahat sejenak burung murai batu

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah memberilah waktu istirahat sejenak burung murai batu. Berilah istirahat sejenak burung murai batu setelah melakukan penjemuran dan pembersihan kandang. Namun ada baiknya memasukannya ke dalam kandang umbaran.

8. Amati karakter burung murai batu

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah mengamati karakter burung murai batu. Umumnya setiap burung murai batu mempunyai karakternya sendiri, seperti tentang perilakunya, jenis pakannya, porsi pakannya, dan lain sebagainya. Sehingga dengan mengamati karakternya, kamu lebih bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk burung murai baru kamu.

9. Buatlah lingkungan burung murai batu menjadi nyaman

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah membuat lingkungan burung murai batu menjadi nyaman. Hal ini dilakukan supaya burung murai batu tidak stress dengan lingkungannya. Jadi buatlah lingkungan burung murai batu sesuai dengan habitatnya supaya tidak stress dan merasanya nyaman, seperti memberikan beberapa ranting pohon dan lain sebagainya seperti di lingkungannya.

10. Pemasteran burung murai batu

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah melakukan pemasteran burung murai batu. Pemasteran burung murai batu umumnya bisa dilakukan dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Saat melakukan pemasteran, pastikan pula menggunakan suara yang sejenis dengan burung murai batu kamu. Selain itu, kandang burung murai batu tersebut ada baiknya dikerondong. Setelah selesai melakukan pemasteran, kamu juga bisa memberikannya 2 ekor jangkrik.

11. Berikan pakan terbaik untuk burung murai batu

Hal kesebelas yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah memberikan pakan terbaik untuk burung murai batu. Jadi berikanlah burung murai batu kamu dengan pakan yang terbaik, seperti memberikan kroto 2 kali dalam seminggu dan cacing sekali dalam seminggu. Untuk porsinya sendiri cukup 1 sendok makan saja. Selain itu kamu juga bisa memberikannya multivitamin, seperti memberikannya EBOD VIT yang dicampur dengan minumannya selama 3 kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan supaya burung murai batu kamu tetap fit.

12. Berilah pakan tambahan untuk burung murai batu

Hal kedua belas yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah memberikan pakan tambahan untuk burung murai batu. Jadi berilah pakan tambahan 2 kali dalam seminggu.

13. Berilah vitamin tambahan untuk burung murai batu

Hal ketiga belas yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah memberikan vitamin tambahan untuk burung murai batu. Jadi berilah vitamin tambahan 2 kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan supaya kondisi burung murai batu tetap dalam keadaan sehat.

14. Jangan sampai kehabisan pakan burung murai batu

Hal keempat belas yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah jangan sampai kehabisan pakan burung murai batu. Hal ini dilakukan supaya kamu tetap bisa memberikan pakan tepat waktu, sehingga akan membuat pola hidupnya teratur.

15. Rutin merawat burung murai batu

Hal terakhir yang harus dilakukan di dalam cara merawat murai batu adalah rutin merawat burung murai batu. Hal ini merupakan salah satu rahasia menjadikan burung murai batu jawara. Jadi rawatlah secara rutin burung murai kamu agar selalu dalam keadaan fit dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana mudah bukan cara merawat murai batu? demikianlah artikel berjudul 15 cara merawat murai batu yang benar agar cepat gacor dan tidak mati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :