advertisement

8 Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar Agar Cepat Besar


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
8 Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar Agar Cepat Besar
8 Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar Agar Cepat Besar

XASXUS.com - Dalam memelihara ikan cupang, merawat merupakan hal yang harus diperhatikan. Meskipun ikan cupang tergolong ikan yang tidak rewel dan mudah dalam merawatnya, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya ikan cupang tetap sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit. Nah berikut ini adalah 8 cara merawat ikan cupang yang baik dan benar.
Daftar Isi

1. Memilih akuarium ikan cupang

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah memilih akuarium ikan cupang. Ikan cupang pada dasarnya bisa hidup dengan akuarium berukuran apa saja, akan tetapi ada baiknya untuk memeliharanya di akuarium berukuran kecil. Hal ini dikarenakan ikan cupang merupakan jenis ikan soliter dan sering adu jotos jika diletakan secara bersama-sama.

2. Memilih air akuarium ikan cupang

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah memilih air akuarium ikan cupang. Dalam merawat ikan cupang, sangat disarankan sekali untuk memakai air bersih yang berasal dari sumur. Hal ini dikarenakan karakterisitiknya tidak jauh berbeda dengan air yang berasal dari habitatnya.

Akan tetapi jika tidak ada air bersih yang berasal dari sumur, bisa juga memakai air PAM atau air yang berasal dari sumber lainnya. Yang penting adalah sebelum memasukan ikan cupang ke akuarium, taruhlah terlebih dahulu ikan cupang ke ember yang sudah berisikan air tersebut dan kemudian diamkan beberapa menit

3. Menjemur ikan cupang

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah menjemur ikan cupang. Aktivitas menjemur ikan cupang ini bertujuan supaya ikan cupang lebih fresh. Selain itu aktivitas menjemur ini sekaligus juga untuk membunuh berbagai macam bakteri dan jamur yang menempel dibadan ikan.

Jadi cobalah untuk sesekali menjemurnya saat dipagi hari, yaitu sekitar jam 8-10. Lakukan aktivitas ini selama 15-30 menit lamanya. Dalam penjemuran ini, cobalah untuk selalu memperhatikannya. Bila ikan cupang yang di jemur terlihat panik, maka hentikanlah aktivitas menjemur ini.

Akan tetapi aktivitas ini hanya dilakukan sesekali saja dan tidak harus setiap hari. Namun jika ikan cupang yang kamu miliki dominan berwarna hitam, maka ada baiknya untuk tidak menjemurnya, dimana hal ini bisa membuatnya panik. Mungkin hal ini dikarenakan warna hitam yang ada ditubuhnya lebih mudah menyerap sengatan matahari.

4. Memberi makanan ikan cupang

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah memberi makanan ikan cupang. Umumnya ada berbagai macam jenis makanan yang dapat kamu berikan kepada ikan cupang, seperti jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah, kutu air, microworms, artemia, kuning telur, lalat, dan lain sebagainya.

Jadi berikanlah makanan-makanan tersebut secara rutin dengan waktu yang sama dan tidak berubah-ubah, hal ini dilakukan supaya pola hidup ikan cupang teratur. Untuk waktunya sendiri, kamu bisa memberikannya 2 kali sehari, yaitu dipagi dan disore hari. Hal yang harus diperhatikan di dalam memberi makan ikan cupang adalah janganlah memberi makan secara berlebihan dan berikan secara bertahap.

5. Mengganti air akuarium ikan cupang

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah mengganti air akuarium ikan cupang. Lakukanlah aktivitas ini 3 hari sekali supaya pertumbuhan ikan cupang jauh lebih baik. Sebelum menggantinya, siapkan dahulu wadah sementara yang sudah berisikan air dan pindahkanlah ikan cupang tersebut dengan memakai saringan khusus ikan. Dalam memindahkan ikan cupang, hindarilah cara memindahkan dengan menggunakan tangan secara langsung, hal ini dikarenakan dapat merusak sirip dan ekornya. Setelahnya itu bersihkanlah akuarium dan masukan kembali ikan cupangnya

6. Membersihkan akuarium ikan cupang

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah membersihkan akuarium ikan cupang. Jika akuarium nampak kotor dan banyak lendir-lendir yang menempel di kaca akuarium, maka cucilah segera dengan menggunakan sponge sampai bersih. Hindarilah penggunaan sabun atau deterjen di dalam mencucinya, hal ini justru bisa meracuni ikan cupang.

7. Perawatan ikan cupang dengan daun ketapang

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah perawatan ikan cupang dengan daun ketapang. Jadi masukanlah beberapa helai daun ketapang jika ikan cupang yang kamu pelihara nampak gelisah dan juga sering mondar-mandir kemana-mana. Setelah itu tutuplah akuarium dengan menggunakan plastik hitam supaya ikan cupang kembali tenang seperti sedia kala.

Daun ketapang selain berfungsi untuk menenangkan ikan cupang yang nampak gelisah, ternyata juga memberikan efek alami terhadap akuarium. Akan tetapi janganlah terlalu banyak memasukan daun ketapang ke akuarium, hal ini malah akan membuat air di dalamnya gelap.

8. Melatih ikan cupang untuk aduan

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara merawat ikan cupang adalah melatih ikan cupang untuk aduan. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu gunakan di dalam melatih ikan cupang aduan, diantaranya adalah:

A. Cara melatih kekuatan nafasnya ikan cupang

Taruhlah ikan cupang tersebut ke plastik panjang yang sudah berisikan air.

B. Cara melatih fisik dan stamina ikan cupang

Taruhlah ikan cupang tersebut ke dalam toples bulat yang sudah berisikan air dan putar-putarlah air tersebut secara berlawanan arah jarum jam.

C. Cara melatih mental ikan cupang

Taruhlah ikan cupang tersebut ke dalam toples tertutup dan kocoklah toples tersebut selama 10 detik ke segala arah. Setelah itu diamkan sejenak yaitu sekitar 30 detik dan kemudian kocoklah kembali selama 10 detik lamanya.

Bagaimana mudah bukan cara merawat ikan cupang? demikianlah artikel berjudul 8 Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar Agar Cepat Besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 8 Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar Agar Cepat Besar, Yuk bagikan ke: