advertisement

8 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Layu


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
8 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Layu
8 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Layu

XASXUS.com - Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat populer dan banyak digemari oleh semua orang. Selain dikarenakan mempunyai makna filosofi yang sangat mendalam yaitu sebagai simbol kasih sayang, bunga mawar juga banyak disukai dikarenakan mempunyai berbagai macam warna dan juga aromanya yang sangat khas.

Bahkan saking banyaknya yang menyukai bunga mawar, banyak diantaranya yang kemudian menanamnya dan merawatnya. Akan tetapi merawat bunga mawar agar cepat berbunga dan tidak layu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Nah berikut ini adalah 8 cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga dan tidak layu.
Daftar Isi

1. Memilih pot tanaman bunga mawar yang benar

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah memilih pot tanaman bunga mawar yang benar. Pot yang baik di dalam merawat bunga adalah pot yang berbahan dasar tanah liat, hal ini dikarenakan pot dari tanah liat mempunyai pori-pori yang bisa mengalir keluar sehingga air tidak mengembang di dalam pot dan tidak membuat akar tanamannya menjadi busuk. Selain pot dari tanah liat, kamu juga memakai pot yang berbahan dasar apapun asalkan bagian bawahnya terdapat lubang yang berfungsi untuk membuang air yang berlebihan di dalam pot.

2. Media tanah yang baik untuk tanaman bunga mawar

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah memakai media tanah yang baik untuk tanaman bunga mawar. Tanah yang baik untuk tanaman bunga mawar adalah tanah yang kadar airnya bagus. Selain itu janganlah memakai media tanah yang terlalu kering ataupun terlalu gembur. Hal ini dikarenakan akan kurang subur jika menggunakan media tanah tersebut.

3 Menjemur tanaman bunga mawar di pagi hari

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah menjemur tanaman bunga mawar. Hal ini merupakan yang paling sering diabaikan dan dianggap sebelat mata, padahal menjemur tanaman bunga mawar ini merupakan cara cepat supaya bunga mawar menjadi lebat. Jadi jemurlah tanaman bunga mawar disaat matahari mulai meninggi, yaitu sekitar jam 7-9 pagi.

4. Menyiram tanaman bunga mawar yang benar

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah menyiram tanaman bunga mawar yang benar. Hal ini dilakukan dikarenakan dalam menyiram tanaman bunga mawar ada aturannya sehingga tidak menyebabkan tanaman bunga mawar menjadi busuk.

Jadi dalam menyiram tanaman bunga mawar sebaiknya jangan terlalu banyak air supaya tidak membuat tanaman menjadi busuk. Selain itu siramlah tanaman bunga mawar 2 kali dalam sehari, yaitu dipagi dan disore hari. Akan tetapi jika saat musim hujan, ada baiknya menghentikan aktivitas menyiram tanaman bunga mawar dikarenakan sudah terganti oleh air hujan.

5. Mengecek dan memangkas tanaman bunga mawar secara rutin

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah mengecek dan memangkas tanaman bunga mawar secara rutin. Jadi rutinlah untuk selalu mengecek keadaan tanaman bunga mawar, seperti mengecek daun dan rantingnya.

Jika ada bagian yang membusuk ataupun mengering, maka sebaiknya langsung memangkasnya memakai gunting yang tajam agar tanaman bunga mawar tersebut tidak rusak. Selain itu, janganlah memotongnya menggunakan pola diagonal atau menyerong, jadi usahakan untuk memotongnya secara lurus.

6. Mengendalikan gulma disekitar tanaman bunga mawar

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah mengendalikan gulma disekitar tanaman bunga mawar. Hal ini dilakukan supaya pertumbuhan tanaman bunga mawar dapat berkembang secara maksimal. Jadi rutinlah untuk selalu mengendalikan gulma yang ada disekitar tanaman bunga mawar, seperti mencabut rumput-rumput liar yang ada disekitar tanaman dan lain sebagainya.

7. Memberikan pupuk untuk tanaman bunga mawar

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah memberikan pupuk untuk tanaman bunga mawar. Pupuk merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, termasuk tanaman bunga mawar. Jadi berilah pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan ke tanaman bunga mawar supaya tumbuh dengan subur.

8. Menjauhkan tanaman bunga mawar dari hama

Hal terakhir yang harus dilakukan di dalam cara merawat bunga mawar adalah menjauhkan tanaman bunga mawar dari hama. Seperti yang kita ketahui jika hama merupakan musuh utama untuk semua tanaman, termasuk tanaman bunga mawar. Hal ini dikarenakan hama merupakan penghambat pertumbuhan bunga dan bahkan dapat membuatnya mati. Jadi untuk menghindari hama tersebut, semprotkanlah pestisida ke tanaman bunga mawar dalam kurun waktu 1 atau 2 kali didalam 1 bulan.

Nah bagaimana mudah bukan cara merawat bunga mawar? demikianlah artikel berjudul 8 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Layu. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 8 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Tidak Layu, Yuk bagikan ke: