advertisement

26 Cara Menanam Melon Yang Baik dan Benar Agar Berbuah Banyak


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
26 Cara Menanam Melon Yang Baik dan Benar Agar Berbuah Banyak
26 Cara Menanam Melon Yang Baik dan Benar Agar Berbuah Banyak

XASXUS.com - Melon atau yang nama ilmiahnya Cucumis melo L ini merupakan salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di Indonesia. Meskipun banyak dijumpai di Indonesia, ternyata buah melon ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari dataran Persia dan kemudian meyebar sampai ke Eropa, Amerika, Asia, dan bahkan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, melon merupakan salah satu jenis buah yang termasuk tinggi permintaannya. Hal ini justru menjadi peluang yang cukup menjanjikan di dalam membudidayakan buah melon. Nah jika kamu ingin membudidayakan buah melon namun tidak mengetahui bagaimana cara menanam melon yang baik dan benar, berikut ini adalah 26 cara menanam melon yang baik dan benar agar berbuah banyak.
Daftar Isi

1. Menentukan tempat atau lahan menanam melon

Hal 1 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menentukan tempat atau lahan menanam melon. Hal ini dikarenakan dalam cara menanam melon ada beberapa syarat yang harus ada di dalam tempat atau lahan yang akan digunakan, diantaranya:
  • Melon umumnya akan tumbuh dengan baik jika ditanam di dataran rendah, yaitu sekitar 350-950 meter diatas permukaan laut.
  • Suhu disekitar lahan idelanya harus berkisarlah berkisar antara 24-30 derajat celcius, hal ini dikarenakan melon sangat menyukai kondisi lingkungan yang sejuk dan kering.
  • Untuk lahannya, tanah yang baik untuk media tanam melon adalah tanah liat yang mengandung pasir serta kaya akan unsur hara.
  • Tanaman melon haruslah selalu terkena sinar matahari dan tidak tertutupi apapun.
  • Tanah atau lahan yang digunakan haruslah mempunyai PH netral, yakni berkisar 5-7.
  • Hindarilah tempat atau lahan yang kondisi anginnya berhembus terlalu kencang. Hal ini dikarenakan bisa mematahkan tangkai dari tanaman melon.
  • Hindarilah tempat atau lahan yang kondisi lingkungannya terlalu sering hujan dan deras. Hal ini dikarenakan bisa merontokan calon buah melon yang masih lemah.
Nah setelah mengetahui beberapa syarat tersebut, maka tentukanlah tempat atau lahan yang sesuai dengan beberapa syarat tersebut. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan.

2. Menyiapkan benih melon berkualitas

Hal 2 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menyiapkan benih melon berkualitas. Untuk mengetahui apakah benih melon tersebut berkualitas atau tidak adalah dengan cara merendam benih melon tersebut ke dalam air atonik dan furadam sekitar 2 jam.

Setelah itu perhatikan benih melon tersebut apakah mengapung atau tidak. Jika ada benih melon yang mengapung artinya adalah benih tersebut kurang baik dan berkualitas rendah. Setelah itu simpanlah benih melon tersebut di tempat yang kering dan juga tidak lembab. Hal ini dilakukan supaya benih melon yang akan dilakukan persemaian tersebut terhindar dari tumbuhnya jamur.

3. Menyemai benih melon

Hal 3 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menyemai benih melon. Proses menyemai benih melon ini merupakan cara merubah biji atau benih yang sudah disiapkan tadi menjadi bibit tanaman melon yang siap ditanam. Dalam proses menyemai ini diperlukan perlakuan khusus supaya tanaman bisa tumbuh secara optimal dan sehingga hasil yang diinginkan memuaskan. Dalam proses penyemaiannya, diharuskan menggunakan media yang terpisah dengan penanaman masal.

4. Merendam benih melon

Hal 4 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah merendam benih melon ke dalam air selama kurang lebih 3 jam. Hal ini dilakukan supaya benih melon tersebut melahirkan perkecambahan benih.

5. Menyiapkan pot atau polybag

Hal 5 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menyiapkan pot atau polybag. Jadi siapkan polybag yang telah diisi oleh pupuk kandang dan tanah dengan komposisinya yaitu 1:4.

6. Memindahkan benih melon ke pot atau polybag

Hal 6 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah memindahkan benih melon ke pot atau polybag. Jadi pindahkahlah benih yang berkecambah tersebut ke dalam pot atau polybag yang telah diisi oleh pupuk dan tanah sebelumnya.

7. Tutup dengan tanah dan abu sekam

Hal 7 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menutup benih melon yang sudah ditanam ke dalam media pot atau polybag tersebut dengan menggunakan tanah dan abu sekam secara tipis-tipis.

8. Menyiram benih melon

Hal 8 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menyiram benih melon. Hal ini dilakukan supaya benih melon dapat berkembang dengan baik dan optimal. Jadi siramlah benih melon tersebut secara rutin 1 kali sehari, yaitu saat dipagi hari dengan cara menyemprotnya.

9. Menggemburkan media tanam melon

Hal 9 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menggemburkan media tanam melon. Untuk menggemburkannya, kamu bisa dengan cara mencangkul atau membajaknya sekaligus juga membuang gulma dan bekas tanaman sebelumnya.

10. Memberikan kapur atau dolomit di media lahan

Hal 10 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah emberikan kapur atau dolomit di media lahan. Hal ini dilakukan jika lahan yang akan digunakan terlalu asam atau mempunyai PH kurang dari 5.

11. Memberikan belerang di media lahan

Hal 11 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah memberikan belerang di media lahan. Hal ini dilakukan jika lahan yang akan digunakan terlalu bas atau mempunyai PH lebih dari 7.

12. Membiarkan laham selama 7 hari

Hal 12 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah membiarkan laham selama 7 hari. Hal ini dilakukan supaya lahan terkena sinar matahari setelah dibajak.

13. Membuat bedengan di media lahan

Hal 13 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah membuat bedengan di media lahan. Jadi buatlah bedengan diatas lahan dengan ukurannya yaitu tingginya 50 centimeter, lebarnya 120 centimeter, dan panjangnya disesuaikan dengan panjang lahan yang akan digunakan.

14. Membuat jarak tanam antar bedengan

Hal 14 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah membuat jarak tanam antar bedengan. Jadi buatlah jarak antar bedengan sekitar 50-70 centimeter yang difungsikan sebagai drainase.

15. Menutup bedengan dengan plastik mulsa

Hal 15 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menutup bedengan dengan plastik mulsa. Jadi tutuplah bedengan yang telah dibuat sebelumnya menggunakan plastik mulsa dengan 2 lapis, dimana lapis paling bawah memakai plastik mulsa berwarna hitam dan bagian atasnya memakai plastik mulsa berwarna perak.

16. Membuat lubang tanam di media lahan

Hal 16 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah membuat lubang tanam di media lahan. Jadi buatlah lubang tanaman memakai kaleng susu bekas dengan kedalaman 5-10 centimeter.

17. Pemindahan bibit melon ke media lahan

Hal 17 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah memindahkan bibit melon ke media lahan. Umumnya benih melon yang sudah berusia 12 hari dan telah tumbuh daun sekitar 3-5 helai sudah siap untuk dipindahkah. Jadi pindahkanlah bibit tanaman melon dipersemaian menggunakan media pot atau polybag tersebut ke lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya.

18. Menentukan musim

Hal 18 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menentukan musim, dimana musim yang bagus di dalam menanam melon adalah saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan tanaman melon merupakan tanaman yang tidak membutuhkan air terlalu banyak dan berlebihan.

19. Menanam bibit melon

Hal 19 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah menanam bibit melon. Dalam menanam melon ada baiknya sekaligus juga menanam media tanah yang ada di pot atau polybagnya. Jadi lepaskan plastik yang ada dipolybag dan masukan ke dalam lubang di media lahan yang telah disiapkan sebelumnya dengan hati-hati supaya tidak merusak akarnya.

20. Memberi pupuk tambahan

Hal 20 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah memberi pupuk tambahan. Jadi kamu bisa memberikan pupuk tambahan saat usia tanaman melon menginjak usia 20 hari, 40 hari dan 60 hari sesudah bibit melon ditanam dilahan. Untuk pupuknya sendiri, kamu bisa memakai pupuk urea 300kg perhektar, TSP 300kg perhekar, dan KCl 300kg perhektar dengan cara menaburkannya dipinggiran bedengan.

21. Penyiangan tanaman melon

Hal 21 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah penyiangan tanaman melon. Penyiangan sendiri dilakukan dengan cara membersihkan gulma ataupun rumput liar yang mulai tumbuh dan mengganggu disekitar lahan.

22. Penyiraman tanaman melon

Hal 22 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah penyiraman tanaman melon. Jadi siramlah tanaman melon secara rutin 1 kali sehari, yaitu saat dipagi hari. Hal yang paling penting di dalam menyiram tanaman melon adalah janganlah terlalu berlebihan dan janganlah sampai menggenangi bedengan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika tanaman melon ini merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak kandungan air.

23. Penyulaman tanaman melon

Hal 23 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah penyulaman tanaman melon. Hal ini bertujuan untuk menyulam tanaman melon yang gagal tumbuh dan supaya tanaman hasil sulaman tersebut mempunyai usia yang sama dengan tanaman melon lainnya yang sudah ditanam dilahan.

24. Penjarangan tanaman melon

Hal 24 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah penjarangan tanaman melon. Hal ini dilakuakan untuk merapikan tanaman yang saling berdesak-desakan.

25. Penyemprotan pestisida

Hal 25 yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah penyemprotan pestisida. Hal ini dilakukan supaya tanaman terhindar dari hama dan juga penyakit tanaman lainnya.

26. Panen melon

Hal terakhir yang harus dilakukan di dalam cara menanam melon adalah panen melon. Umumnya melon sudah bisa dipanen saat usianya sudah menginjak 120 hari sejak menanam bibit ke media lahan. Melon yang sudah siap dipanen biasanya mempunyai beberapa ciri, diantaranya:
  • Ukuran buahnya yang sudah besar
  • Warna kulit buahnya yang sudah kekuningan
  • Tekstur kulit buahnya terlihat seperti serat jala
Nah bagaimana mudah bukan cara menanam melon? demikianlah artikel berjudul 26 cara menanam melon yang baik dan benar agar berbuah banyak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 26 Cara Menanam Melon Yang Baik dan Benar Agar Berbuah Banyak, Yuk bagikan ke: