advertisement

14 Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Dari Limbah Kotoran Hewan


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
14 Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Dari Limbah Kotoran Hewan
14 Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Dari Limbah Kotoran Hewan

XASXUS.com - Cara membuat pupuk kompos pada dasarnya tidaklah terlalu sulit, bahkan pupuk kompos dapat dibilang lebih hemat biaya dan juga mempunyai banyak manfaat jika dibandingkan dengan pupuk lainnya. Namun perlu diketahui jika pupuk kompos sendiri merupakan hasil penyempurnaan pupuk kandang dan mempunyai beberapa unsur hara yang sangat dibutuhkan tanaman.

Meskipun mempunyai banyak manfaatnya, akan tetapi masih banyak dari para petani yang belum mengetahui bagaimana cara membuat pupuk kompos yang baik dan benar, sehingga membuatnya lebih memilih pupuk kimia. Padahal dengan menggunakan pupuk kompos para petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dan tidak tergantung oleh pupuk kimia yang harga semakin melejit sehingga mencekik para petani.

Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan pupuk kompos:
  • Keuntungan pupuk kompos
  • Biaya dalam membuat pupuk kompos relatif murah dan mudah.
  • Bahan-bahan pembuatan pupuk kompos mudah didapatkan.
  • Dengan memakai pupuk kompos tentunya akan memangkas biaya memakai pupuk kimia.
  • Ketersediaan akan pupuk lebih terjamin jika dibandikan memakai pupuk kimia.
Nah setelah mengetahui keuntungan menggunakan pupuk kompos, berikut ini adalah 14 cara membuat pupuk kompos sederhana dari limbah kotoran hewan.
Daftar Isi

1. Menyiapkan bahan pembuatan pupuk kompos

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menyiapkan bahan pembuatan pupuk kompos. Nah berikut ini adalah beberapa bahan pembuatan pupuk kompos yang harus disiapkan.

Bahan Utama
300 kilogram bahan dasar pupuk kompos, seperti seresah dedaunan, sampah organik, dan kotoran ternak yang telah ditiriskan supaya tidak basah

Bahan Tambahan
  • 5% dedak kasar
  • 15% abu dapur
  • 10% kapur mati

Bahan lainnya
  • 50% air sumur yang bebas dari chlorine
  • Bakteri pengompos, bisa memakai isi rumen sapi
  • 10% air kencing ternak, bisa dari ternak sapi, domba, kerbau, kambing, kelinci, ataupun kuda

2. Menyiapkan peralatan pembuatan pupuk kompos

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menyiapkan peralatan pembuatan pupuk kompos. Nah berikut ini adalah beberapa peralatan pembuatan pupuk kompos yang harus disiapkan, diantaranya:
  • Ember plastik berukuran sedang.
  • Cangkul, Cengkek, Sekop.
  • Plastik transparan untuk menutupi ember.

3. Menumpuk bahan utama pembuatan pupuk kompos

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menumpuk bahan utama pembuatan pupuk kompos. Jadi tumpuklah bahan utama berupa kotoran ternak, seresah dedaunan, dan sampah organik yang telah disiapkan tadi sampai menjadi gundukan setinggi sekitar 20 centimeter.

4. Menaburkan bahan tambahan pembuatan pupuk kompos

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menaburkan bahan tambahan pembuatan pupuk kompos. Jadi taburkan bahan tambahan berupa dedak kasar, kapur mati, dan abu dapur yang telah disiapkan tadi diatas gundukan yang telah dibuat sebelumnya.

5. Menyiram air sumur ke media pembuatan pupuk kompos

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menyiram air sumur yang sudah disiapkan tadi ke media pembuatan pupuk kompos berupa gundukan yang telah dibuat sebelumnya.

6. Menyiram air kencing ternak ke media pembuatan pupuk kompos

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menyiram air kencing ternak yang sudah disiapkan tadi ke media pembuatan pupuk kompos berupa gundukan yang telah dibuat sebelumnya.

7. Tambahkan bakteri pengompos

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menambahkan bakteri pengompos ke gundukan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk bakterinya sendiri, kamu bisa menggunakan bakteri yang bersumber dari isi rumen sapi.

8. Ulangi point 3-7

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah mengulangi point 3-7 secara berulang-ulang seperti halnya membuat adonan semen dengan menggunakan cangkul.

9. Tutup media pupuk kompos dengan plastik transparan

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah menutup media pupuk kompos berupa gundukan tadi dengan menggunakan plastik transparan yang sudah disiapkan sebelumnya. Hal ini dilakukan supaya media pupuk kompos yang telah dibuat tadi terhindar dari terpaan sinar matahari ataupun terkena air hujan.

10. Diamkan pupuk kompos

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah mendiamkan pupuk kompos. Ini dilakukan setelah poit 3-9 selesai, dimana diamkanlah media pupuk kompos berupa gundukan tadi selama 7 hari.

11. Pindahkan pupuk kompos

Hal kesebelas yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah memindahkan pupuk kompos ke area disebelahnya dengan cara menyisirnya dari atas ke bawah sampai berpindah.

12. Ulangi point 5-6

Hal kedua belas yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah mengulai langi point 5-6, yaitu menyiram air sumur dan air kencing ternak ke gundukan yang telah dipindahkan tadi dengan dosis yang sama seperti sebelumnya. Lakukan cara ini sampai kelembaban mencapai 60%.

Untuk mengetahui tingkat kelembaban gundukan tersebut, caranya yaitu dengan menggenggam pupuk kompos yang berada digundukan tersebut dan kemudian dilepas. Jika pupuk kompos tersebut tercerai berai tetapi tangan kamu terasa lembab dan juga masih ada sisa-sisa yang menempel ditangan, hal ini menandakan jika kelembapannya sudah pas.

13. Diamkan kembali pupuk kompos

Hal ketiga belas yang harus dilakukan di dalam cara membuat pupuk kompos adalah mendiamkan kembali pupuk kompos selama 7 hari. Lakukan hal ini setelah point 3-4 selesai.

14. Pupuk kompos siap dipakai

Hal terakhir ini merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu, dimana setelah 7 hari didiamkan pupuk kompos tersebut sudah bisa digunakan ataupun disimpan ke dalam karung goni.

Takaran pemakaian pupuk kompos

  • Tahun 1, pakailah 10 ton perhektar pupuk kompos dan ditambah dengan 25% pupuk buatan.
  • Tahun 2, pakailah 10 ton perhektar pupuk kompos dan ditambah dengan 20% pupuk buatan.
  • Tahun 3, pakailah 10 ton perhektar pupuk kompos dan ditambah dengan 15% pupuk buatan.
  • Tahun 4, pakailah 10 ton perhektar pupuk kompos dan ditambah dengan 10% pupuk buatan.
  • Tahun 5, pakailah 10 ton perhektar pupuk kompos dan ditambah dengan 5% pupuk buatan.
  • Tahun 6, tanah kamu akan kembali subur seperti semula
Nah mudah bukan cara membuat pupuk kompos? demikianlah artikel berjudul 14 cara membuat pupuk kompos sederhana dari limbah kotoran hewan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 14 Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Dari Limbah Kotoran Hewan, Yuk bagikan ke: