advertisement

10 Cara Memasang Gas Elpiji Yang Benar Agar Tidak Bunyi dan Bocor


advertisement
advertisement
advertisement
10 Cara Memasang Gas Elpiji Yang Benar Agar Tidak Bunyi dan Bocor
10 Cara Memasang Gas Elpiji Yang Benar Agar Tidak Bunyi dan Bocor

XASXUS.com - Selain dituntut untuk bisa memasak, wanita juga diharuskan untuk dapat memasang gas elpiji sendiri. Walaupun dalam memasang gas kita dapat meminta bantuan dari orang lain, akan tetapi kita juga tidak dapat terus menerus mengandalkan mereka, maka dengan belajar cara memasanga gas merupakan jalan satu-satunya. Nah bagi kamu yang ingin belajar bagaimanaca cara memasang gas yang benar dan aman. Berikut ini adalah 10 cara memasang gas elpiji yang benar agar tidak bunyi dan bocor.
Daftar Isi

1. Pastikan sirkulasi udara di dapur lancar

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memastikan sirkulasi udara di dapur lancar. Hal ini dilakukan demi menghindari ledakan ketika sedang memasang gas, dikarenakan sirkulasi udara yang lancar dapat terjadinya ledakan jika terdapat kebocoran pada gas.

2. Perhatikan posisi tabung

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memperhatikan posisi tabung gas. Jadi sebelum memasang gas, maka ada baiknya memastikan terlebih dahulu posisi tabung gas yang akan kamu pakai, dimana posisi gas yang bernar adalah dalam keadaan posisi lebih rendah dari pada posisi kompor. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat resiko gas tersambar api saat kompor menyala.

3. Perhatikan posisi selang penghubung gas dengan kompor

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memperhatikan posisi selang tabung. Jadi sebelum memasang gas, maka ada baiknya memastikan terlebih dahulu posisi selang penghubung gas dengan kompor dalam keadaan benar dan tidak berkelak-kelok, terlilit, atau bahkan tergencet oleh benda lain yang dapat merusak selang. Jika hal ini terjadi, maka tingkat kebocoran selang sangat beresiko tinggi dan sangat berbahaya.

4. Pastikan kompor dalam keadaan mati

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memastikan kompor sudah dalam keadaan mati. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun ini tidak kalah pentingnya. Jadi dalam memasang gas, pastikan kompor sudah dalam keadaan mati dan tidak dalam keadaan menyala. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya ledakan pada gas elpiji.

5. Pastikan tabung gas berlogo SNI

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memastikan tabung gas yang digunakan mempunyai logo SNI. Ini merupakan hal yang sangat penting sekali, karena dengan adanya logo SNI pada tabung gas sudah menentukan jika kualitas tabung gas tersebut sudah sesuai dengan standart nasional Indonesia, sehingga tabung gas terjamin dan bebas dari kebocoran.

Namun untuk berjaga-jaga apakah tabung yang kamu gunakan benar-benar bocor atau tidak, kamu bisa mengeceknya dengan cara melumuri bagian leher pada tabung gas tersebut dengan sabun. Perhatikan sejenak apakah terdapat gelembung-gelembung sabun dibagian leher tabung gas tersebut. Jika muncul gelembung-gelembung sabun, maka sebaiknya jangan memakai gas tersebut dikarenakan berpotensi mengalami kebocoran yang dapat membahayakan jika digunakan.

6. Pastikan rubber seal dalam keadaan terpasang

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memastikan rubber seal sudah dalam keadaan terpasang. Rubber seal sendiri yaitu karet yang biasanya sudah terpasang dibagian mulut tabung gas. Tabung gas yang baik tentunya mempunyai rubber seal ketika baru dibeli. Selain itu, pastikan pula rubber seal pada tabung gas dalam keadaan terpasang halus, lentur, tidak sobek, serta ukurannya pas atau sudah terpasang dengan sempurna pada mulut tabung.

7. Pastikan regulator sudah teruji kualitasnya

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah memastikan regulator yang digunakan sudah teruji kualitasnya, seperti memakai regulator Miyako Selang Regulator RMS-206M atau regulator lainnya, dimana bisa mencarinya ditoko online seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya dikarenakan produknya terjamin akan kualitasnya.

8. Tahapan memasang dengan baik dan benar

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah pada saat memasang regulator ke tabung gas. Cara memasang gas yang baik dan benar adalah pastikan regulator dalam posisi tegak lurus pada saat memasukannya ke leher tabung. Lalu tekanlah regulator tersebut sekuat-kuatnya menggunakan tangan dan kemudian putarlah pengunci regulator yang ada dibagian samping dengan searah jarum jam atau hingga kemiringannya berada di 180 derajat.

9. Pastikan tidak ada bunyi mendesis

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah pastikan gas tidak ada bunyi mendesis. Jadi ketika sudah memasang regulator, cobalah untuk memperhatikan apakah terdengar bunyi mendesis yang berasal dari tabung gas? jika ada, maka segeralah untuk melepas regulator tesebut dan kemudian gantilah karetnya dengan yang baru. Setelah itu pasang kembali regulator tersebut sampai tidak lagi terdengar suara mendesis. Jika sudah tidak ada, maka pemasangan gas dipastikan aman dan sudah bisa digunakan.

10. Cek kompor

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara memasang gas elpiji adalah mengecek kompor. Hal ini dilakukan dikarenakan kompor terkadang tidak langsung menyala ketika telah dipasang gas. Jika hal itu terjadi, maka cobalah untuk mengecek indikator jarum yang ada diregulator dan pastikan jika jarum tersebut mengarah ke sebelah kanan.

Namun jika jarum indikator pada regulator tidak mengarah ke sebelah kanan, maka bisa dipastikan jika regulator tersebut rusak. Akan tetapi jika sebaliknya, yaitu jarum indikator mengarah ke kanan namun kompor juga tidak mau menyala, maka cobalah untuk menepuk atau menggoyangkan sedikit tabungnya. Jika hal tersebut tidak membuahkan hasil, maka tukarkanlah tabung gas tersebut. Kemungkinan hal ini dikarenakan ukuran leher pada tabung gasnya tidak sesuai dengan regulator yang kamu pakai.

Nah itulah 10 cara memasang gas elpiji yang benar agar tidak bunyi dan bocor.
Suka artikel berjudul 10 Cara Memasang Gas Elpiji Yang Benar Agar Tidak Bunyi dan Bocor, Yuk bagikan ke: