Bunga

20 Cara Memandikan Kelinci Yang Baik dan Benar Untuk Pemula


A+
A
A-
20 Cara Memandikan Kelinci Yang Baik dan Benar Untuk Pemula
20 Cara Memandikan Kelinci Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

XASXUS.com - Kelinci merupakan salah satu hewan yang sering dibudidayakan maupun dijadikan sebagai hewan peliharaan. Memandikan kelinci merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan di dalam memelihara kelinci. Meskipun kelici tergolong hewan yang dapat membersihkan tubuhnya dengan sendirinya, tetapi kelinci tetaplah harus dibersikan. Tidak harus setiap hari memandikan kelinci, minilal yaitu 6 bulan sekali.

Dalam memandikan kelinci, ada baiknya memandikan kelinci yang usianya sudah menginjak 5 bulan. Janganlah memandikan kelinci yang masih anak-anak, hal ini dikarenakan dapat membuatnya mati. Berbicara mengenai cara memandikan kelinci, pastinya bagi pemula akan merasa bingung bagaimana cara memandikan kelinci yang baik dan benar. Nah berikut ini adalah 20 cara memandikan kelinci yang baik dan benar untuk pemula dan dapat kamu terapkan ke kelinci peliharaan kamu.
Daftar Isi

1. Menyiapkan perlengkapan mandi kelinci

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah enyiapkan perlengkapan mandi kelinci. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus kamu siapkan, diantaranya:
  • Gunting, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk memotong bulu kelinci.
  • Sisir, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk merapikan bulu kelinci.
  • Shampoo, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk membersihkan kelinci.
  • Cotton Buds, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk membersihkan kotoran kelinci.
  • Baby Oil, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk membersihkan bagian dalam dan luar telinga kelinci.
  • Cologne Baby, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk memberi wangi-wangian.
  • Handuk, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk mengeringkan bulu basah kelinci. Jadi siapkan beberapa handuk bersih dan juga kering.
  • Bak mandi, perlengkapan ini nantinya berfungsi sebagai tempat kelinci mandi.
  • Alas, perlengkapan ini nantinya berfungsi sebagai tempat menaruh kelinci setelah di mandikan.
  • Bedak, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk membersihkan kutu-kutu yang menempel di bulu kelinci.
  • Hairdryer, perlengkapan ini nantinya berfungsi untuk mempercepat proses mengeringkan bulu kelinci.
Setelah mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan di dalam cara memandikan kelinci, selanjutnya adalah menyiapkan semua perlengkapan mandi tersebut.

2. Siapkan air hangat

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah menyiapkan air hangat. Jadi siapkan air hangat dan kemudian tuangkan secukupnya ke dalam bak mandi kelinci.

3. Memasukan kelinci ke bak mandi

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memasukan kelinci ke bak mandi. Jadi masukanlah kelinci secara perlahan-lahan supaya kelinci dapat menyesuaikan diri dengan kondisi air yang ada di bak mandi dan tidak kaget, sehingga kelinci tidak berontak.

4. Menyiram kelinci

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah menyiram kelinci. Jadi siramlah air hangat tersebut ke tubuh kelinci secara perlahan-lahan dari bagian belakang ke bagian depan. Hal yang harus diperhatikan di dalam menyiram kelinci adalah jangan sampai air tersebut masuk ke dalam telinga kelinci. Jadi tutuplah telinga kelinci tersebut memakai kapas.

5. Memijat dan menggosokan tubuh kelinci

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memijat dan menggosokan tubuh kelinci. Jadi pijatlah bulu kelinci tersebut dan gosoklah hingga menyentuh kulitnya secara merata memakai jari-jari tangan. Hal ini dilakukan supaya air hangat tersebut bisa masuk ke dalam kulitnya.

6. Berikanlah shampo

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memberikan shampo. Untuk samponya sendiri kamu bisa memakai sampo bayi supaya jika terkena mata tidak akan perih. Selain menggunakan sampo bayi, kamu juga bisa memakai sampo kitten dikarenakan sampo ini tidak berbahaya, bahakan akan membuat bulunya menjadi lebih bersih lagi.

7. Pijat kembali kelici

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memijat kembali kelinci. Hal ini dilakukan supaya sampo yang diberikan rata hingga keseluruh tubuh. Selain itu, pijatan tersebut juga dapat merenggangkan otot-otot kelinci sekaligus juga untuk merontokan bulu-bulunya yang telah mati.

8. Bersihkan dibagian yang sulit dijangkau

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah membersihkan dibagian yang sulit dijangkau. Jadi bersihkanlah kotoran-kotoran yang susah untuk dijangkau, seperti dibagian anus, telapak kaki, bagian dalam dan luar kelinci. Untuk kukunya sendiri, bersihkanlah dengan menggunakan sikat supaya kelinci terhindar dari berbagai macam kuman yang masuk ke dalam sela-sela kuku tersebut.

9. Bilas kelinci sampai bersih

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah membilas kelinci sampai bersih. Jadi bilaslah kelinci menggunakan air sampai bersih dan pastikan tidak ada sedikit pun yang tersisa. Hal ini dilakukan supaya debu atau kotoran yang tersisa tersebut tidak menjadi sarang penyakit bagi kelinci.

10. Pindahkan kelinci ke tempat yang bersih

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memindahkan kelinci ke tempat yang bersih. Hal ini dilakukan supaya kelinci bisa melakukan pembersihan ketahapan selanjutnya. Jadi pindahkan ke alas yang sudah disiapkan tadi.

11. Mengeringkan kelinci

Hal kesebelas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah mengeringkan kelinci. Jadi keringkanlah bulu kelinci yang masih basah dengan menggunakan handuk yang telah disiapkan tadi.

12. Ganti handuk dengan yang kering

Hal kedua belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah menganti handuk dengan yang kering. Hal ini dikarenakan air yang meresap ke dalam bulu kelinci tersebut sangatlah banyak, sehingga dalam mengeringkan bulu kelinci tidak cukup hanya menggunakan 1 handuk, jadi lakukan penggantian handuk ini sampai benar-benar bulu kelinci kering. Selain itu, pastikan mengelapnya sampai ke bagian yang susah untuk dijangkau karena disitulah rawan terkena dingin.

13. Keringkan kelinci memakai hairdryer

Hal ketiga belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah mengeringkan kelinci memakai hairdryer. Hal ini dilakukan supaya proses mengeringkan bulu kelinci menjadi lebih cepat. Namun yang paling penting adalah jangan mengatur suhu hairdryer secara berlebihan supaya tidak membuat kelinci kepanasan.

14. Ulangi langkah 11-13

Hal keempat belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah mengulangi langkah 11-13. Hal ini dilakukan supaya bulu kelinci benar-benar kering dan tidak membuat dingin kelinci.

15. Bersihkan bagian telinga kelinci

Hal kelima belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah membersihkan bagian telinga kelinci. Jadi bersihkanlah telinga kelinci menggunakan cotton bud dan baby oil yang telah disiapkan tadi. Bersihkanlah telinga kelinci baik di dalam maupun di luar. Lakukanlah cara ini secara perlahan-lahan dan hati-hati.

16. Bersihkan bagian bawah kelinci

Hal keenam belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah membersihkan bagian bawah kelinci. Jadi kamu bisa membalikan tubuh kelinci dan kemudian bersihkan sampai benar-benar bersih. Selain itu pastikan pula bagian bawahnya benar-benar kering. Hal ini dilakukan supaya kelinci benar-benar bersih dan terbebas dari jamur atau bakteri yang diakibatkan bulu yang masih lembab.

17. Memotong kuku kelinci

Hal ketujuh belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memotong kuku kelinci. Hal ini dilakukan supaya kelinci menjadi lebih bersih dan juga rapi. Akan tetapi janganlah memotong kuku kelinci sedang lagi hamil, sebab indukan kelinci biasa akan menggali lubang untuk dijadikan tempatnya bersarang.

18. Menggunting bulu kelinci

Hal kedelapan belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah menggunting bulu kelinci. Hal ini hanya dilakukan jika bulu kelinci yang kamu pelihara menggumpal dibagian anus dan kemaluannya supaya kelinci tetap bersih.

19. Taburkan bedak ke badan kelinci

Hal kesembilan belas yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah menaburkan bedak bayi ke badan kelinci. Hal ini dilakukan supaya kelinci terbebas dari kutu dan membunuh telur-telur kutu yang banyak menempel di bulunya. Selain itu, kamu juga dapat membuat kelinci kamu menjadi wangi dengan cara memberikan cologne baby.

20. Berikan makan

Hal terakhir yang harus dilakukan di dalam cara memandikan kelinci adalah memberinya makan. Hal ini dikarenakan kelinci biasanya akan sangat lapar setelah di mandikan, jadi berikanlah minuman dan makanan yang sesuai untuk kelinci.

Nah itulah 20 cara memandikan kelinci yang baik dan benar untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Halaman :