advertisement

5 Cara Melelehkan Coklat Dengan Benar Agar Tidak Menggumpal


advertisement
advertisement
advertisement
5 Cara Melelehkan Coklat Dengan Benar Agar Tidak Menggumpal
5 Cara Melelehkan Coklat Dengan Benar Agar Tidak Menggumpal

XASXUS.com - Mendengar kata coklat pastinya sudah tidak asing lagi, dimana makanan satu ini memang banyak digemari hampir diberbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Meskipun demikian, jika terus-terusan membeli coklat tentunya akan menguras kantong, jadi ada baiknya untuk membeli coklat batangan yang harganya relatif murah. Selain murah, coklat batangan juga bisa dikreasikan supaya tidak bosan memakan coklat yang itu-itu saja.

Untuk bisa berkreasi dengan menggunakan coklat batangan pastinya coklat harus dilelehkan. Melelehkan coklat pada dasarnya susah sudah gampang. Akan tetapi jika mengetahui cara melelehkan coklat yang benar, maka coklat yang dihasilkan tidak menggumpal. Nah berikut ini adalah 5 cara melelehkan coklat dengan benar agar tidak menggumpal.
Daftar Isi

1. Siapkan perlengkapan untuk melelehkan coklat

Hal 1 yang harus dilakukan di dalam cara melelehkan coklat dengan benar adalah menyiapkan perlengkapan untuk melelehkan coklat. Nah berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang harus disiapkan sebelum melelehkan coklat, diantaranya:
  • Pisau atau parutan
  • Panci
  • Mangkuk kaca tahan panas (Pyrex Mixing Bowl)
  • Kompor

2. Potong coklat menjadi kecil-kecil atau serut coklat dengan pisau

Hal 2 yang harus dilakukan di dalam cara melelehkan coklat dengan benar adalah memotong coklat menjadi kecil-kecil atau serut coklat dengan menggunakan pisau. Sebelum melelehkan coklat dengan cara ini, sebaiknya jangan menyimpan coklat ke dalam kulkas, hal ini justru akan membuat coklat susah meleleh.

Akan tetapi jika sudah terlanjur menyimpannya ke dalam kulkas, maka segeralah mengelurkannya dan biarkan hingga beberpa jam supaya suhu pada coklat tidak dingin lagi. Setelah suhu coklat normal dan tidak dingin, maka serutlah coklat dengan menggunakan pisau dan kemudian potong hingga menjadi beberapa bagian kecil. Selain itu, kamu juga bisa memakai parutan keju di dalam membuat beberapa bagian kecil coklat. Hal ini dilakukan supaya coklat mudah meleleh.

3. Melelehkan coklat dengan metode tim

Hal 3 yang harus dilakukan di dalam cara melelehkan coklat dengan benar adalah melelehkan coklat dengan menggunakan metode tim. Jadi siapkanlah sebuah panci kecil dan kemudian isilah panci tersebut dengan air kira-kira hinga setengahnya dan lalu masaklah air di dalam wadah berupa panci tersebut sampai panas.

Masukanlah coklat yang telah dipotong hingga menjadi beberapa bagian kecil tersebut ke dalam mangkuk kaca tahan panas, seperti halnya Pyrex Mixing Bowl, dimana mangkuk tersebut terbuat dari bahan dasar material kaca yang kuat, tebal, dan aman untuk memasak.

Setelah semuanya siap, maka masukanlah mangkuk yang sudah berisikan beberapa potongan kecil coklat tersebut ke dalam panci. Usahakan mangkuk yang digunakan tingginya sama atau melebihi bagian atas dari panci. Aduklah beberapa potongan coklat di dalam wadah mangkuk tersebut hingga meleleh. Pastikan dalam melakukan ini api yang digunakan sedang dan air yang digunakan tidak sampai mendidih.

Selain itu, jagalah juga agar uap airnya tidak masuk ke dalam mangkuk tersebut. Hal ini dikarenakan uap air dapat membuat coklat menjadi menggumpal. Jika hal ini sudah terlanjur, maka tambahkanlah sedikit mentega ketika dilelehkan kembali.

4. Aturlah api sesuai dengan jenis coklat

Hal 4 yang harus dilakukan di dalam cara melelehkan coklat dengan benar adalah mengatur api sesuai dengan jenis coklat yang digunakan. Beda jenis coklat tentunya juga berbeda pula api yang digunakan untuk melelehkannya, seperti halnya milk dan dark coklat, dimana jenis coklat ini memakai api sedang. Sedangkan untuk jenis coklat seperti coklat berwarna dan coklat putih, dimana jenis coklat ini memakai api kecil.

Agar hasil lelehan coklat rapi dan bentuknya bagus, maka segeralah mencetaknya. Namun jika coklat sudah kembali mengeras, maka ulangilah langkah-langkah point 2-4. Setelah hasil lelehan coklat dicetak, simpanlah coklat tersebut beberapa saat dikulkas dahulu dan barulah membungkusnya dengan menggunakan kertas alumunium agar coklat tidak mudah meleleh.

5. Berkreasi dengan mencampurkan coklat bersama dengan bahan lainnya

Hal 5 yang harus dilakukan di dalam cara melelehkan coklat dengan benar adalah berkreasi dengan cara mencampurkan coklat bersama dengan bahan lainnya. Ini bisa dilakukan bagi kamu yang suka berkreasi dari coklat seperti halnya kacang coklat dan cornflakes, dimana kamu bisa menambahkan beberapa bahan tersebut sesudah coklat meleleh. Setelah itu, terus aduklah coklat tersebut diatas kompor yang menyala.

Agar cornflakesnya tidak melempem, maka masukanlah terlebih dahulu cornflakes ke dalam kulkas sebelum mencampurkannya dengan coklat. Sementara untuk kacang, maka sangrailah terlebih dahulu dan kemudian kupas kulit arinya sebelum mencampurkannya dengan coklat.

Selain itu, coklat juga dapat ditambahkan metega atau susu agar menjadi lebih lembut, caranya yaitu dengan menghangatkan mentega atau susu terlebih dahulu dan kemudian campurkanlah sedikit demi sedikit ke dalam coklat yang telah meleleh sambil diaduk hingga merata diatas api kecil. Coklat yang sudah dicampurkan oleh mentega atau susu biasanya teksturnya akan menjadi lebih lembek dan juga sulit mengeras, sehingga coklat campuran ini sangat cocok sekali dijadikan isian cake ataupun topping.

Namun jika kamu ingin membuat coklat berwarna-warni, maka kamu bisa mencampurkannya sedikit pewarna makanan yang bahan dasarnya berasal dari minyak dan kemudian campurkannya ke dalam coklat berwarna putih yang telah meleleh. Meskipun demikian, akan tetapi harga jual dari pewarna makanan tersebut lebih mahal jika dibandingkan dengan pewarna makanan yang bahan dasarnya dari air. Jadi akan lebih baik membelinya coklat yang sudah ada warnanya saja, sehingga akan lebih menghemat pengeluaran.

Untuk anak kost, tidak ada kompor bukanlah masalah, dimana kamu bisa memakai magic com di dalam mengetim coklat. Untuk caranya sendiri yaitu dengan menyalakan magic com dengan setelan atau mode cooking. Setelah itu masukankah beberapa coklat yang telah dipotong tersebut dan kemudian aduklan hingga meleleh.

Bagaimana mudah bukan cara melelehkan coklat dengan benar? Demikianlah artikel berjudul 5 cara melelehkan coklat dengan benar agar tidak menggumpal.
Suka artikel berjudul 5 Cara Melelehkan Coklat Dengan Benar Agar Tidak Menggumpal, Yuk bagikan ke: