advertisement

Tata Cara Membayar Fidyah Pengganti Puasa Dalam Islam


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
Tata Cara Membayar Fidyah Pengganti Puasa Dalam Islam
Tata Cara Membayar Fidyah Pengganti Puasa Dalam Islam

XASXUS.com - Fidyah Ramadhan pada umumnya hanya dikerjakan bagi orang yang tidak dapat mengganti puasa, seperti halnya orang yang sudah tua renta. Terkadang fidyah ramadhan juga bisa dilakukan oleh orang yang sedang sakit akan tetapi kecil kemungkinan untuk sembuh. Fidyah disini adalah memberi makan orang mikin, jadi bagi orang yang berat didalam menjalankan ibadah puasa (tidak puasa) maka hendaknya memberikan makan kepada orang miskin.
Daftar Isi

Jenis dan Besar Fidyah

Beberapa para ulama berpendapat, jika besar fidyah tersebut yaitu 1 mud untuk setiap harinya. Akan tetapi, beberapa para ulama lain juga berpendapat jika kadar fidyah yaitu 1 sho’ kurma (setengah sho’ biji gandum). Jadi selama tidak berpuasa, bahan-bahan pokok tersebut diberikan kepada para fakir miskin setiap harinya.

Apakah fidyah boleh diganti uang?

Fidyah pada umumnya tidak diperbolehkan mengganti uang walaupun uang yang diberikan bernilai besar. Bahkan Allah SWT berfirman yang artinya adalah “membayar fidyah dengan memberi makan pada orang miskin”. Nah jadi artinya adalah fidyah mengharuskan memberi makan kepada orang miskin dan tidak berupa uang.

Cara pembayaran fidyah

Dari beberapa penjelasan mengenai fidyah diatas, maka sudah jelas jika inti dari Fidyah yaitu mengganti satu hari puasa yang sudah ditinggalkan dikarenakan alasan tertentu, maka wajib untuk memberi makan kepada satu orang fakir miskin.

Terdapat 2 cara di dalam pembayaran fidyah puasa untuk yang menjalankannya, diantaranya:
  1. Memberikan makanan yang sudah dimasak kepada orang fakir miskin, sehingga mereka bisa langsung memakannya. Prosedurnya yang pertama ini adalah dengan cara mengundang beberapa orang fakir miskin sebanyak berapa hari kita tidak berpuasa selama dibulan Ramadhan.
  2. Memberikan makanan yang belum dimasak kepada orang fakir miskin, seperti halnya meberikan makanan pokok berupa biji gandum dan lain sebagainya. Namun akan lebih baik lagi jika kita memberikan lauk pauk mentahnya juga.

Proses pembayaran fidyah umumnya bisa dilakukan dengan cara perseorangan setiap harinya atau dengan cara mengumpulkan hari dan kemudian menjumlahkannya sebanyak orang fakir miskin sesuai dengan hari yang sudah dikumpulkan.

Waktu pembayaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika pembayaran fidyah ini boleh dilakukan setiap harinya atau dengan cara mengumpulkan hari diakhir. Yang tidak diperbolehkan yaitu cara pembayaran yang dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Maka ada baiknya menunggu sampai bulan ramadhan tiba dan barulah membayar fidyah puasa.
Suka artikel berjudul Tata Cara Membayar Fidyah Pengganti Puasa Dalam Islam, Yuk bagikan ke: