advertisement

Macam Macam Najis Beserta Contoh dan Cara Mensucikannya


advertisement
advertisement
advertisement
Macam Macam Najis Beserta Contoh dan Cara Mensucikannya

XASXUS.com - Suci dari najis adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi umat islam sebelum melakukan berbagai macam aktivitas beribadah, seperti melakukan thawaf, sholat, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sebelumnya kita harus mengetahui apa saja macam-macam najis dan bagaimana cara mensucikannya, maka ada baiknya kita mengenal apa itu najis.

Pengertian Najis

Apa itu najis? Najis adalah kotor yang menjadi penyebab terhalangnya seseorang di dalam melaksanakan ibadah kepada Allah. Selain itu, najis juga bisa diartikan jijik atau kotoran.

Nah berikut ini adalah 7 hal yang menurut syariat dikatakan najis, diantaranya yaitu:
  1. Nanah
  2. Darah
  3. Bangkai, terkecuali bangkai ikan, belalang, dan manusia.
  4. Binatang babi dan anjing
  5. Minuman keras, seperti halnya arak dan lain sebagainya
  6. Segala macam sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur
  7. Bagian anggota binatang yang terpisah dari tubuhnya karena dipotong dan sebagainya selagi masih hidup

Macam Macam Najis dan Cara Mensucikannya

Najis pada umumnya terbagi menjadi tiga bagian. diantaranya yaitu Najis Mukhaffafah atau najis ringan, Najis Mutawasitah atau najis sedang, dan Najis Mughallazah atau najis berat.

1. Najis Mukhaffafah

Pengertian Najis Mukhaffafah

Najis mukhaffafah atau najis ringan merupakan najis yang umumnya berasal dari air kencing bayi berjenis kelamin laki-laki, dimana bayi laki-laki tersebut belum berumur lebih dari 2 tahun dan belum pernah mengonsumsi makanan sesuatu kecuali ASI atau air susu ibu.

Cara Mensucikan Najis Mukhaffafah

Bagi siapa saja yang terkena najis mukhaffafah atau najis ringan ini, cara mensucikannya adalah cukup memberi percikan air ke area yang terkena najis tersebut.

2. Najis Mutawasitah

Pengertian Najis Mutawasitah

Najis mutawassitah atau najis sedang merupakan najis yang umumnya berasal dari segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur, baik itu berasal dari manusia maupun binatang, contohnya seperti barang cair yang memabukkan, air madzi (air mani yang cair), susu hewan yang tidak halal untuk di makan, bangkai sekaligus tulang dan bulunya, kecuali bangkai ikan, manusia, dan belalang.

Najis mutawasitah umumnya dibagi menjadi dua bagian, diantaranya yaitu:
  1. Najis 'ainiyah, yaitu najis yang berwujud nyata atau nampak (dapat di lihat)
  2. Najis hukmiyah, yaitu najis yang tidak berwujud atau tidak terlihat bendanya, seperti halnya bekas air kencing atau air arak yang telah mengering dan lain sebagainya.

Cara Mensucikan Najis Mutawasitah

Bagi siapa saja yang terkena mutawasitah atau najis sedang ini, cara mensucikannya adalah dengan membasuh 1 kali sampai hilang sifat-sifat najisnya, yaitu seperti sampai hilang aroma bau, rasa, warna, dan lain sebagainya. Namun akan lebih baik lagi bila membasuhnya ke area najis tersebut lebih dari 1 kali, yaitu 3 kali misalnya. Akan tetapi jika terkena najis hukmiyah atau najis yang tidak berwujud, maka cukup dengan cara mengalirkan air ke area najis tersebut.

3. Najis Mughallazah

Pengertian Najis Mughallazah

Najis mughallazah atau najis berat ini umumnya berasal dari najis binatang seperti anjing, babi, dan keturunannya.

Cara Mensucikan Najis Mughallazah

Bagi siapa saja yang terkena najis Mughallazah atau najis berat ini, misal seperti najis yang di akibatkan terkena jilatan anjing atau babi, maka cara membersikannya adalah dengan cara membasuh 7 kali dengan menggunakan air bersih yang dicampur dengan menggunakan tanah.

4. Najis Ma'fu

Pengertian Najis Ma'fu

Najis Ma'fu atau najis yang dimaafkan ini umumnya seperti dari debu, darah, nanah, bangkai yang tidak mengalir darah, dan lain sebagainya.

Cara Mensucikan Najis Ma'fu

Karena merupakan najis yang dimaafkan, maka tidak perlu membasuh atau mecuci area yang terkena najis tersebut. Contohnya seperti berikut: ada cicak atau tikus yang jatuh ke dalam minyak dan kemudian cicak atau tikus tersebut mati didalamnya, maka hanya minyak tersebut sajalah yang dibuang.

Nah demikianlah ulasan tentang macam macam najis dalam islam dan cara mensucikannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat anda terapkan jika terkena najis.
Suka artikel berjudul Macam Macam Najis Beserta Contoh dan Cara Mensucikannya, Yuk bagikan ke: