advertisement

Macam Macam Gaya Renang Lengkap Teknik dan Penjelasannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
Macam Macam Gaya Renang Lengkap Teknik dan Penjelasannya
Macam Macam Gaya Renang Lengkap Teknik dan Penjelasannya

XASXUS.com - Renang adalah salah satu olahraga air yang bayak digemari dikarenakan dapat menyehatkan tubuh, sebab semua anggota tubuh akan ikut bergerak jika sedang melakukan olahraga ini. Namun olahraga ini juga tidak sembarangan, ada berbagai macam gaya yang harus dikuasai supaya tidak tenggelam. Nah berikut ini adalah macam macam gaya renang lengkap teknik dan penjelasannya.

Daftar Isi

1. Gaya Renang Dada

Gaya renang dada merupakan salah satu teknik renang yang gerakannya mirip seperti hewan katak ketika berenang, sehingga gaya ini kerap disebut juga dengan nama gaya katak. Untuk kecepatannya, gaya dada ini cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan gaya bebas, akan tetapi gaya ini sangat cocok bagi orang yang ingin santai di dalam aktivitas berenang. Teknik gaya dada pada umumnya lebih mengandalkan kekuatan tangan dan kaki dalam mendorong badan ke depan dan kemampuan tangan di dalam mendorong ke bawah ketika kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

2. Gaya Renang Bebas

Renang Gaya Bebas merupakan salah satu teknik renang yang gerakannya memakai kebebasan gerak tangan dan kaki di dalam melakukannya. Hal ini dimaksudkan supaya badan bisa meluncur dengan sangat cepat. Walaupun gaya ini disebut dengan gaya bebas, akan tetapi teknik renang gaya bebas juga memiliki aturan.

Posisi badan ketika melakukan gaya ini adalah berada diatas permukaan, kemudian tangan mengayuh ke depan, sementara kaki melakukan gerakan menggunting atau menendang. Sementara teknik pengambilan nafasnya yaitu dengan cara tangan di angkat ke atas untuk mengayuh lalu kepala digelengkan ke samping baik itu kesamping kanan maupun kiri dan kemudian lakukan penarikan nafas.

3. Gaya Renang Kupu-Kupu

Renang Gaya Kupu-Kupu merupakan salah satu teknik renang yang berasal dari pengembangan gaya dada, dimana hal yang harus dimiliki ketika menggunakan teknik dasar dari gaya kupu-kupu ini adalah kekuatan lengan, sebab gaya kupu-kupu memiliki pusat kekuatan di lengan. Sedangkan gerakan renangnya seperti lumba-lumba yang masuk ke dalam air lalu keluar ketika tangan di dorong ke bawah. Sementara kakinya lurus dan rapat serta mengikuti alur dari gerakan badan.

Karena gerakannya yang seperti lumba-lumba, tidak jarang pula gaya renang kupu kupu ini juga disebut gaya lumba-lumba. Untuk hal kecepatan, tentunya gaya ini lebih cepat bila dibandingkan dengan gaya bebas. Tetapi dalam melakukannya, dibutuhkan tenaga yang lebih besar.

4. Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung merupakan salah satu teknik renang yang posisi punggungnya berada di atas permukaan air dan badannya terlentang serta melihat ke atas. Untuk gerakan tangan dan kakinya umumnya sama seperti gerakan di dalam teknik gaya bebas, tetapi arah-nya berlawanan. Sementara untuk teknik pengambilan nafas dari gaya punggung bisa dilakukan kapan saja, sebab wajah menghadap ke atas.

5. Gaya Renang Anjing

Gaya Renang Anjing merupakan salah satu teknik renang yang mempunyai gerakan seperti halnya hewan anjing berenang di air, dimana posisi kepalanya berada di atas air, sementara tangan dan kakinya melakukan gerakan seperti layaknya anjing ketika berenang.

6. Gaya Renang Samping

Gaya renang samping merupakan salah satu teknik yang gerakannya memakai sisi samping dari bagian tubuh. Gaya satu ini umumnya tidak pernah dilombahkan dalam kompetisi resmi, sehingga banyak orang yang belum mengetahuinya, tetapi jika kita melatih gaya renang samping, maka tentunya bisa menambah kemampuan kita dalam berbagai macam variasi berenang.
Suka artikel berjudul Macam Macam Gaya Renang Lengkap Teknik dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: