advertisement

Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya
Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya

XASXUS.com - Dalam jaringan komputer, terdapat 4 jenis-jenis jaringan komputer, diantaranya adalah Personal Area Network atau yang disingkat PAN, Local Area Network atau yang disingkat LAN, Metropolitan Area Network atau yang disingkat MAN, dan Wide Area Network atau yang disingkat WAN. Jenis-Jenis jaringan komuter tersebut pada umumnya dibedakan berdasarkan dari luas jangkauan areanya. Nah berikut ini adalah 4 jenis jaringan komputer dan penjelasannya :
Daftar Isi

Jenis-Jenis Jaringan Komputer


1. PAN atau Personal Area Network

Personal Area Network atau yang disingkat PAN merupakan jenis jaringan komputer yang dipakai sebagai transmisi data diantara perangkat pribadi, misalnya tablet, komputer, PDA (personal digital assistant), smartphone, perangkat peripheral, konsol video game, dan lain sebagainya.

Selain itu, PAN atau Personal Area Network juga bisa dipakai sebagai komunikasi diantara interpersonal (perangkat pribadi), untuk menghubungkan dari sebuah perangkat ke sebuah jaringan dengan tingkatan yang lebih besar, serta Internet atau uplink, dimana salah satu perangkat masternya bertindak menjadi router internet.

Jaringan jenis PAN atau Personal Area Network akan memberikan tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi, seperti halnya untuk mengirim dokumen via tablet, smartphone, atau laptop ke printer melalui sebuah jaringan. Selain itu bisa juga mengupload foto atau gambar via smartphone ke komputer desktop, dan masih banyak lagi keunggulan jenis jaringan ini.

2. LAN atau Local Area Network

Local Area Network atau yang disingkat LAN merupakan jenis jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer didalam area yang terbatas, misalnya di rumah, laboratorium, sekolah, universitas, atau di kantor, dimana jenis jaringan ini mempunyai peralatan jaringan sendiri serta interkoneksi yang dikelola secara lokal. Local Area Network atau LAN tentunya sangat bermanfaat dalam membagi sumber daya, seperti halnya membagi penyimpanan data dan juga printer. Jaringan komputer jenis Local Area Network atau LAN bisa dibangun dengan perangkat hardware yang cukup murah, seperti halnya perangkat hub, wireless access point, adapter jaringan, dan kabel Ethernet.

Jenis jaringan komputer seperti ini minimal hanya bisa digunakan dua komputer saja, sementara dalam skala besar jaringan ini mampu menampung hingga ribuan komputer. Local Area Network atau LAN umumnya sebagian besarnya lebih mengandalkan koneksi berupa kabel didalam meningkatkan keamanan dan juga kecepatannya, tetapi untuk koneksi perangkat wirelessnya juga bisa dibilang masih menjadi bagian dari jenis jaringan LAN. Kecepatan yang tinggi serta biaya yang relatif murah merupakan karakteristik jenis jaringan ini.

LAN atau Local Area Network pada umumnya dipakai di satu tempat saja, dimana setiap komputernya mengharuskan saling berbagi sumber daya dan tentunya tidak dipakai oleh pihak diluar area. Contohnya seperti di gedung perkantoran, dimana seluruh karyawannya diharuskan bisa mengakses data yang berada diserver pusat, atau bisa mencetak data atau dokumen lebih dari satu printer pusat.

3. MAN atau Metropolitan Area Network

Metropolitan area network atau yang disingkat MAN merupakan jenis jaringan komputer yang menghubungkan antara para penggunanya dengan sumber daya komputer disebuah area geografis atau dapat dibilang areanya yang lebih besar atau luas lagi dari pada yang tercakup pada jenis jaring LAN, namun juga lebih kecil lagi area yang dicakup oleh jenis jaringan WAN.

Hal ini pada umumnya tergantung pada pengaturannya, dimana jenis aringan ini bisa mencakup area hingga hingga puluhan mil jauhnya. Metropolitan area network atau MAN juga kerap dipakai dalam menghubungkan beberapa LAN guna membentuk jaringan yang lebih luas lagi. Sekarang jenis jaringan seperti ini sudah dirancang secara khusus untuk sebuah Universitas, sehingga terkadang jenis jaringan ini disebut juga CAN atau Campus Area Network.

4. WAN atau Wide Area Network

Wide Area Network atau yang disingkat WAN merupakan jenis jaringan komputer yang dapat membentang diatas jarak geografis yang sangat luas sekali, Misalnya seperti seluruh antar negara atau bahkan seluruh Dunia. Jenis jaringan ini umumnya terdiri dari berbagai macam jenis jaringan yang lebih kecil dibawah jenis jaringan WAN, seperti jenis jaringan LAN atau MAN.

Dalam implementasinya, jenis jaringan WAN banyak di pakai di kalangan bisnis, pendidikan dan lembaga pendidikan untuk relay data diantara para staf, klien, mahasiswa, para pembeli, dan juga pemasok dari berbagai macam daerah. Dengan memakai jenis jaringan WAN, maka akan sangat memungkinkan bisnis dapat terjadi dimanapun lokasinya. Salah satu yang terkenal jenis WAN ini adalah internet.
Suka artikel berjudul Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: