advertisement

Inilah 6 Perbedaan Haji dan Umroh Serta Penjelasannya


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
Inilah 6 Perbedaan Haji dan Umroh Serta Penjelasannya
Inilah 6 Perbedaan Haji dan Umroh Serta Penjelasannya

XASXUS.com - Ibadah Haji dan Ibadah Umroh adalah ibadah yang di khususkan bagi umat islam, dimana kedua ibadah ini sama-sama dilakukan di kota Mekkah. Meskipun kita sering mendengar tentang ibadah Haji dan Umroh, namun sebagian umat islam masih banyak yang belum mengetahui apa saja perbedaan antara ibadah Haji dan Umroh.

Hal ini sudah sepatutnya menjadi motivasi untuk selalu semangat di dalam mengkaji ilmu Agama Islam. Sebab saat kita melakukan ibadah atau sebuah amalan tanpa ilmu, maka hasilnya akan percuma dan sia-sia. Nah pada artikel ini, kita akan membahas tentang perbedaan antara ibadah haji dan umroh. Berikut ini adalah penjelasannya.

Daftar Isi

1. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Pengertiannya

Berdasarkan pengertiannya, ibadah haji dan umroh mempunyai beberapa perbedaan, diantaranya yaitu:

Pengertian Ibadah Haji

Haji atau ibadah haji merupakan salah satu isi dari rukun islam, yaitu rukun islam ke 5. Dimana dalam rukun ini menjelaskan bahwa ibadah haji merupakan hal yang wajib bagi siapa saja yang mampu mengerjakannya, baik itu dari segi fisik maupun finansialnya

Pengertian Ibadah umroh

Umroh atau ibadah umroh merupakan suatu ibadah yang mirip seperti ibadah haji, tetapi ibadah ini hukumnya sunnah atau tidak wajib. Selain itu ibadah umroh juga bisa dikerjakan kapan saja, kecuali di waktu pelaksanaan Ibadah haji.

2. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Hukumya

Berdasarkan hukumnya, ibadah haji dan umroh juga mempunyai beberapa perbedaan yang sudah disinggung sebelumnya. Dimana ibadah haji hukumnya adalah wajib bagi siapa saja yang mampu, baik itu dari segi fisik maupun finansialnya. Sementara ibadah umroh hukumnya adalah sunnah muakat, namun ada beberapa ulama yang mengatakan jika hukum ibadah umroh itu adalah wajib bagi yang mampu.

3. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Waktu Pelaksanaannya

Berdasakan waktunya, ibadah haji dan umroh umumnya berbeda dalam hal waktu pelaksanaannya, dimana waktu pelaksanaan ibadah haji hanya dilakukan satu kali dalam setahun, sementara ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja kecuali di waktu musim haji dan dilakukan diluar waktu pelaksanaan ibadah haji.

4. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Tempat

Berdasarkan dari tempat pelaksanaannya, ibadah haji dan ibadah umroh umumnya sama, yaitu sama-sama dikerjakan di Masjidil Haram atau makkah, namun yang membedakannya adalah lokasi atau tempat yang dikunjungi, ada beberapa tempat yang tidak dikunjungi ketika melaksanakan ibadah umroh. Dimana saat melaksanakan ibadah haji haruslah melakukan rukun yang berada di luar mekah, seperti halnya wukuf di Arafah serta bermalam disitu dan melakukan lempar jumroh di mina. Namun dalam ibadah umroh, beberapa hal tersebut tidak dilakukan.

5. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Rukun dan Cara Pelaksanaannya

Berdasarkan rukun dan cara pelaksanaannya, ibadah haji dan ibadah umroh mempunyai beberapa perbedaan. Seperti ibadah Haji, dimana rukun haji umumnya dilakukan beberapa tahap, diantaranya adalah Ihram, Tawaf, Sya’i, Tahalul, wukuf, di arafah, bermalam di Muzdhalifah, dan yang terkahir lempar jumroh di Mina. Sementara rukun umroh umumnya dilakukan beberapa tahap dan berbeda dengan ibadah haji, diantaranya seperti Ihram, Tawaf, Sya’i, dan yang terkahir Tahalul.

6. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Tingkat Keramain

Dari tingkat keramaiannya tentulah sangat berbeda dan pastinya lebih ramai saat melakukan ibadah haji, dikarenakan ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja dan tidak ada waktu khusus, sehingga tidak terlalu ramai dan berdesak-desakan. Hal ini tentunya berbeda dengan ibadah haji, dimana ibadah haji hanya dilakukan satu tahun sekali dan seluruh umat islam di dunia berbondong-bondong ke mekkah guna melaksanakan ibadah haji, salah satunya seperti Indonesia.

Nah itulah 6 perbedaan antara ibadah haji dan umroh yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Suka artikel berjudul Inilah 6 Perbedaan Haji dan Umroh Serta Penjelasannya, Yuk bagikan ke: