advertisement

Inilah 10 Jenis-Jenis Komputer dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
Inilah 10 Jenis-Jenis Komputer dan Penjelasannya

XASXUS.com - Di dalam dunia komputer, terdapat banyak sekali istilah dipakai didalam menggambarkan sebuah komputer. Namun sebagian besar penggunaan kata-kata tersebut lebih menyiratkan dari sebuah ukuran, pemakaian yang diharapkan, ataupun kemampuan jenis komputer. Walaupun istilah komputer sendiri bisa diterapkan ke dalam hampir seluruh perangkat yang mempunyai mikroprosesor didalamnya, namun kebanyakan orang berpikir jika komputer merupakan perangkat yang menerima input dari pemakai melalui perangkat seperti mouse atau keyboard dalam memprosesnya, lalu menampilkan hasilnya ke layar
Daftar Isi

Nah untuk lebih jelasnya tentang jenis-jenis komputer, berikut ini adalah 10 jenis komputer yang ada di dunia.

1. Personal Computer (PC)

PC atau yang lebih dikenal komputer pribadi ini adalah komputer yang desain hanya untuk dipakai oleh satu orang. Meskipun sebetulnya Mac juga termasuk ke dalam personal computer atau PC. Namun saat ini kebanyakan orang salah kaprah dan merasa jika PC tersebut merupakan sistem yang menjalankan sistem operasi dari Windows. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer sebab komputer ini dibangun dalam skala yang lebih kecil bila dibandingkan denga sistem besar yang dipakai oleh kebanyakan kalangan bisnis.

2. Desktop

Desktop merupakan PC yang tidak dapat dibawa kemana-mana. Maksudnya disini adalah desktop hanya untuk penggunaan ditempat yang permanen. Kebanyakan desktop menawarkan berbagai macam kelebihan, seperti penyimpanan, kekuatan, dan fleksibilitas dengan biaya yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan komputer portable.

3. Laptop

Laptop atau yang kerap disebut notebook ini merupakan jenis komputer portable yang umumnya mengintegrasikan antara beberapa perangkat penunjuk atau trackball, layar, keyboard, memori, prosesor, dan hard drive dalam satu paket serta dioperasikan dengan menggunakan baterai sebagai dayanya.

4. Netbook

Netbook merupakan komputer ultra-portable yang pada umumnya ukurannya lebih kecil dari pada laptop tradisional. Harganya pun cenderung lebih murah dari sebagian besar komputer jenis laptop. Selain itu komponen internal yang ada pada netbook juga kurang kuat bila dibandingkan dengan laptop.

5. PDA

Personal Digital Assistant atau yang disingkat PDA merupakan komputer yang terintegrasi dan lebih sering memakai flash memory dari pada memakai hard drive didalam penyimpanan datanya. Jenis komputer ini umumnya tidak mempunyai keyboard, melainkan lebih mengandalkan teknologi berupa layar sentuh dalam input pengguna. PDA umumnya berukuran lebih kecil dari sebuah novel standar, dengan daya tahan baterai yang sangat wajar, dan sangat ringan.

6. Workstation

Workstation merupakan jenis komputer desktop yang mempunyai prosesor yang lebih kuat dengan beberapa tambahan memori dan juga peningkatan kemampuan didalam melakukan berbagai macam bentuk tugas, seperti halnya 3D Graphics atau pengembangan permainan (game).

7. Server

Server merupakan jenis komputer yang sudah dioptimalkan dalam memberikan berbagai macam layanan terhadap komputer lain melalui sebuah jaringan. Server umumnya mempunyai prosesor cenderung lebih kuat bila dibandikan dengan jenis komputer biasa. Selain itu server juga memiliki banyak memori dan hard drive besar.

8. Mainframe

Mainframe dahulu merupakan jenis komputer yang mempunyai ukuran sangat besar dan dapat mengisi seluruh ruangan. Dalam perkembangannya, ukuran komputer kemudian berkurang sedangkan kekuatannya ditingkatkan. Mainframe saat ini dipakai sebagai istilah, terutama pada perusahaan-perusahan besar, guna menggambarkan mesin besar dengan pengolahan jutaan transaksi disetiap harinya.

9. Supercomputer

Jenis komputer satu ini pada umumnya mempunyai harga hingga ratusan ribu atau bahkan hingga jutaan dolar. Walaupun ada juga beberapa supercomputer merupakan satu sistem komputer, akan tetapi umumnya terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi dan beroperasi secara paralel sebagai sistem tunggal.

10. Wearable computer

Wearable computer merupakan jenis komputer yang dapat dipakai layaknya pakaian, seperti aplikasi e-mail, multimedia, database, kalender atau scheduler yang umumnya diintegrasikan kedalam jam tangan, visor, ponsel, dan lain sebagainya.
Suka artikel berjudul Inilah 10 Jenis-Jenis Komputer dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: