advertisement

Inilah 10 Fakta Menarik dan Unik Tentang Burung Hantu


advertisement
advertisement
advertisement
Inilah 10 Fakta Menarik dan Unik Tentang Burung Hantu
Inilah 10 Fakta Menarik dan Unik Tentang Burung Hantu

XASXUS.com - Burung Hantu merupakan salah satu jenis binatang yang terkanal sejak lama. Binatang yang sering kali dikaitkan dengan berbagai macam hal mistis ini, ternyata mempunyai berbagai macam versi disetiap negara. Misalkan di Indonesia, dimana burung hantu terkadang dikaitkan dengan datangnya kematian atau kemalangan, Sementara di Inggris, burung hantu merupakan burung yang dianggap membawa keberuntungan. Nah tahukan kamu jika burung hantu mempuyai beberapa fakta yang belum banyak di ketahui.

Berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang burung hantu yang harus kamu ketahui.
Daftar Isi

1. Burung hantu bisa berenang

Fakta pertama dari burung hantu ini adalah bisa berenang. Bahkan salah satu fotografer bernama Steve Spitzer berhasil mengabadikan detik-detik burung hantu berenang di Pantai Loyola Park yang berada di Chicago Amerika, dimana burung hantu tersebut masuk ke air untuk menghidari serangan elang pemangsa.

2. Tidak semua burung hantu aktif saat malam hari

Fakta kedua dari burung hantu ini adalah tidak semua burung hantu aktif saat malam hari. Burung hantu memang sudah terkenal akan gaya hudupnyay yang aktif dimalam hari atau nokturnal. Tapi tahukan kamu jika tidak semua burung hantu demikian, ada beberapa jenis burung hantu yang berprilaku aktif di siang hati atau diurnal, seperti jenis burung hantu elang utara (Surnia ulula), burung hantu kerdil utara (Glaucidium gnoma), dan burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa)

3. Mempunyai leher yang luar biasa

Fakta ketiga dari burung hantu ini adalah mempunyai leher yang luar biasa, dimana burung hantu mempunyai 2 kali lipat vertebra dari manusia, sehingga burung hantu dapat memutar kepalanya hingga 270 derajat. Hal ini terjadi dikarenakan tulang belakang burung hantu mempunyai lubang yang ukurannya kurang lebih 10 kali lipat ukuran pembuluh darah pembawa hewan.

Dengan demikian, burung hantu mempunyai banyak ruang gerak dan arteri bisa dengan sangat mudah melewati lubang vertebra ketika menoleh. Kemampuan menoleh hingga 270 derajat ini merupakan kunci kelangsungan hidup burung hantu, sebab burung hantu sulit menggerakan matanya, jadi kemampuan memutar lehernya ini sangat diperlukan

4. Jenis burung hantu terbesar yang sudah punah

Fakta keempat dari burung hantu ini adalah adanya burung hantu raksasa (Ornimegalonyx) setinggi 1,1 meter dari kuba yang pernah tercatat dan sudah punah. Dengan ketinggian yang mencapai 1,1 meter para ahli tidak yakin jika burung tersebut dapat terbang.

Akan tetapi kakinya yang sangat kuat dan juga panjang menunjukan jika burung tersebut merupakan pelari yang cepat dan kuat. Bahkan bila burung hantu tersebut dapat terbang dan meluncur di udara, hal ini akan menjadi salah satu penerbangan burung terbesar di dunia binatang.

5. Membantu perdamaian di Timur Tengah

Fakta kelima dari burung hantu ini adalah membawa perdamaian di Timur Tengah. Dimana Burung hantu tersebut berjenis Barn (Tyto alba) dan merupakan pemangsa tikus danvole, yaitu tikus yang mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan tikus pada umumnya.

Karena tikus tersebut hama bagi petani di Palestina, Israel, dan Yordania membuat para petani tersebut bekerjasama di dalam memasang kotak-kotak yang dijadikan sebagai tempat burung tersebut bersarang. Sepasang burung hantu jenis ini dapat memakan sampai 6 ribu ekor pertahunnya, sehingga para petani tidak memakai pestisida di dalam melindungi tanaman mereka.

6. Mempunyai mata palsu untuk berkamuflase

Inilah 10 Fakta Menarik dan Unik Tentang Burung Hantu
Burung kerdil utara yang sedang berkamuflase

Fakta keenam dari burung hantu ini adalah mempunyai mata palsu yang berfungsi untuk berkamuflase. Burung hantu kerdil utara umumnya mempunyai mata berwarna kuning cerah serta bulunya yang berwarna hitam dibagian belakang kepalanya seperti mata yang sangat menyeramkan.

Bintik seperti mata dibagian belakang akan menghalangi para predator yang datang dari belakang, sebab predator biasanya tidak suka menyerang apabila mangsanya melihat mereka, sehingga bintik seperti mata dibagian belakangnya bisa mencegahnya.

7. Bulu-bulunya tidak tahan air

Fakta ketujuh dari burung hantu adalah bulu-bulunya yang tidak tahan air. Meskipun burung hantu mempunyai bulu-bulu halus, akan tetapi bulu-bulu halus tersebut menyerap banyak air, sehingga burung hantu tidak pernah berburu ketika sedang hujan.

8. Burung hantu tidak membangun sarang

Fakta kedelapan dari burung hantu ini adalah burung hantu tidak membangun sarang, justru mereka pencuri sarang yang sangat lihai. Dimana burung hantu menggunakan sarang atau rongga pohon yang sudah ditinggalkan oleh burung lainnya, seperti halnya sarang burung pelatuk berpori dan lain sebagainya.

9. Mempunyai jari-jari kaki berlawanan

Fakta kesembilan dari burung hantu ini adalah mempunyai jari-jari kaki berlawanan, dimana kedua cakarnya mengarah ke depan dan kedua cakar lainnya mengarah kebelakang. Bentuknya yang berlawanan berfungsi untuk mecengkram kuat mangsanya.

10. Burung hantu mampu terbang jarak jauh

Fakta kesepuluh dari burung hantu ini adalah mampu terbang hingga jarak jauh, dimana dikawasan kutub utara ada jenis burung hantu salju yang sering terbang jauh ke arah selatan. Seperti halnya ditahun 2013-2014, dimana burung hantu ini terbang jauh sekali ke arah selatan sampai ke Florida dan Bermuda.

Bahkan burung hantu ini juga pernah terbang dari kawasan kutub sampai 4,800 kilometer ke arah selatan serta mendarat di Bandara Internasional Honolulu, Hawai. Namun sayangnya, pihak pejabat bandara menembaknya dikarenakan takut menganggu lalu lintas penerbangan.
Suka artikel berjudul Inilah 10 Fakta Menarik dan Unik Tentang Burung Hantu, Yuk bagikan ke: