advertisement

10 Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Benar Untuk Pemula


advertisement
advertisement
advertisement
10 Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Benar Untuk Pemula
10 Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Benar Untuk Pemula

XASXUS.com - Belut merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Bahkan dalam membudidayakannya, ada beberapa cara, seperti ternak belut menggunakan drum, ternak belut menggunakan kolam dan ternak belut tanpa lumpur. Namun dari sekian banyak cara ternak belut, ternak belut tanpa lumpur merupakan cara yang paling banyak digunakan, hal ini dikarenakan dalam membudidayakannya sangatlah mudah.

Meskipun demikian, ada beberapa kelemahan dan kelebihan di dalam menggunakan cara ternak belut tanpa lumpur ini, diantaranya:

Kelebihan cara ternak belut tanpa lumpur

  • Memudahkan di dalam mengontrol kondisi belut jika terkena penyakit.
  • Bisa menurunkan tingkat kanibalisme pada belut.
  • Tidak membutuhkan medianya ternaknya seperti jerami, debog pisang, dan lumpur.
  • Menghemat lahan, dimana kolamnya dapat dibuat menjadi beberapa tingkatan.
  • Pakan yang di berikan tidak akan sia-sia, hal ini dikarenakan belut akan langsung menghabiskannya saat ditebar.
  • Tidak membutuhkan banyak tenaga di dalam memanen belut.

Kekurangan cara ternak belut tanpa lumpur

Pakan yang disiapkan haruslah banyak dan cukup, karena belut akan bergantung sepenuhnya dengan pakan yang kamu berikan.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan cara ternak belut tanpa lumpur. Nah jika kamu ingin ternak belut menggunakan cara ini, berikut ini adalah 10 langkah cara ternak belut tanpa lumpur yang dapat kamu praktikan.
Daftar Isi

1. Menyiapkan tempat untuk ternak belut

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah menyiapkan tempat untuk ternak belut. Jadi kamu bisa menggunakan media seperti kolam atau sungai di dalam membudidayakan belut.

2. Menyiapkan air untuk ternak belut

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah menyiapkan air untuk ternak belut. Air yang cocok dipakai di dalam ternak belut tanpa lumpur yaitu mempunyai suhu berkisar antara 26-28 derajat celcius. Selain itu pastikanlah air yang digunakan jernih dan tidak mengandung zat kimia beracun yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang belut.

Selain itu janganlah memakai air PDAM dan air sumur bor. Hal ini dikarenakan air PDAM mengandung kaporit yang cukup tinggi, sementara kandungan air sumur bor sangat minim sekali akan oksigen dan air limbah. Namun pada prinsipnya dalam ternak belut air haruslah kaya akan oksigen dan bersih dari apapun.

3. Menyiapkan jaring untuk pembatas

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah menyiapkan jaring untuk pembatas. Ini hanya dilakukan jika kamu menggunakan tempat ternak belut berupa sungai, dimana jaring ini nantinya berfungsi untuk menjaga belut agar tetap berada ditempatnya. Jadi siapkanlah jaring pembatas dengan ukurannya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Menyiapkan tembok untuk pembatas

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah menyiapkan tembok untuk pembatas. Ini hanya dilakukan jika kamu menggunakan tempat ternak belut berupa kolam, maka buatlah tembok keliling sekaligus juga dengan alasnya. Hali ini dikarenakan belut merupakan hewan yang suka menggali tanah.

5. Memilih bibit belut berkualitas

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah memilih bibit belut berkualitas. Bibit belut berkualitas umumnya mempunyai beberapa ciri, diantaranya:
  • Berukuran 10-12 centimeter
  • Tidak cacat atau luka
  • Pergerakannya lincah
  • Tidak pucat
  • Jika di pegang, belut akan mengeras

6. Penebaran bibit belut

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah penebaran bibit belut. Dalam penebaran bibit,umumnya ternak belut tanpa lumpur bisa lebih banyak, dimana penebarannya bisa mencapai 30 kilogram per 1x1 meter ukuran kolam.

7. Pemberian pakan belut

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah memberikan pakan khusus belut. Umumnya belut menyukai pakan seperti cacing merah, anakan ikan mas, ikan cere, keong sawah, kecebong, ulat hongkong dan lain sebagainya. Jadi berikanlah pakan sesuai dengan kebutuhan, namun janganlah terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak memberikan pakan akan berdampak pada kondisi airnya yang akan cepat kotor dan dampaknya belut akan mudah sakit dan juga mati. Akan tetapi jika terlalu sedikit memberikan pakannya justru akan membuat belut menjadi kanibal. Selain itu, janganlah mengganti pakan dengan pakan lainnya.

8. Perawatan belut

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah perawatan belut. Jadi rawatlah belut sampai besar dengan beberapa cara seperti berikut:
  • Perhatikan kualitas airnya, dimana belut merupakan hewan berlendir yang lendirnya sendiri dapat mempengaruhi tingkat ph atau keasaman air. Jadi jika keasaman air kolam lebih dari 7, maka segerahlah menggantinya atau mensirkulasinya supaya keasamannya menjadi netral.
  • Berikan pakan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Jika belut terlihat sakit, maka segeralah menanganinya. Belut yang terkena penyakit umumnya ditandai dengan selalu naik ke permukaan, selalu bergerak terus-menerus di siang hari, dan suka saling serang.

9. Menyiapkan wadah belut sebelum panen

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah menyiapkan wadah belut sebelum panen. Jadi saat menjelang panen belut, ada baiknya untuk menyiapkan wadah supaya agar belut hasil panen tidak mati sebelum dipasarkan. Untuk wadahnya sendiri, kamu bisa memakai drum atau ember.

10. Panen ternak belut

Hal terakir yang harus dilakukan di dalam cara ternak belut tanpa lumpur adalah memanen belut. Ini merupakan yang paling di tunggu oleh para peternak di dalam ternak belut tanpa lumpur. Jika kamu menggunakan sungai sebagai tempat berternak belut, maka dalam memanennya kamu hanya cukup mengangkatnya memakai jaring. Sedangkan jika kamu menggunakan kolam sebagai tempat berternak belut, makan kamu cukup mengurasnya dan menaruhnya ke wadah yang telah disiapkan.

Nah bagaimana mudah bukan cara ternak belut tanpa lumpur? demikianlah artikel berjudul 10 Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Benar Untuk Pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 10 Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Benar Untuk Pemula, Yuk bagikan ke: