advertisement

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara

XASXUS.com - Burung nuri merupakan salah satu jenis burung kicau yang tergolong langka. Walaupun tergolong langka, ternyata burung nuri juga banyak dipelihara dan bahkan diperjual belikan. Burung nuri saat ini ada banyak sekali jenisnya dan dengan keunikannya masing-masing, seperti halnya jenis burung nuri dengan kepala hitam, dimana jenis burung buri ini bisa menirukan kata-kata yang berasal dari suara manusia.

Di Indonesia sendiri, burung nuri banyak di temukan dibeberapa wilayah dibagian timur, seperti di Ternate, Ambon, dan Papua. Bahkan disetiap daerah tersebut mempunyai berbagai macam jenis burung nuri. Salah satu jenis burung nuri yang paling terkenal dan banyak diincar oleh para pecinta burung nuri adalah nuri kepala hitam.

Di alamnya, burung nuri umumnya hidup secara berkelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 6-8 ekor. Burung nuri ternyata jenis burung yang unik dan juga cerdas, dimana dia mempunyai bentuk lidah yang unik dan bisa menirukan suara seperti manusia.

Selain dicari karena suaranya yang unik, burung nuri juga dicari karena mempunyai warna bulu yang sangat indah. Dalam merawat burung nuri juga susah-susah gampang, butuh perlakuan khusus untuk mendapatkan burung nuri yang pintar dan cerdas, salah satunya adalah makanannya. Nah berikut ini adalah 7 makanan burung nuri supaya pintar dan cepat bicara.
Daftar Isi

1. Buah-buahan

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - buah-buahan

Makanan burung nuri yang pertama adalah buah-buahan, seperti buah apel, pir, pisang, pepaya dan lain sebagainya. Buah apel sangat cocok untuk dijadikan makanan burung nuri dikarenakan mengandung fitokimia, yakni zat antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, sehingga burung nuri akan terbebas dari berbagai macam ancaman polusi udara dari lingkungan disekitarnya.

Selain buah apel, buah pisang juga bisa dijadikan makanan burung nuri dikarenakan mempunyai kandungan gizi yang sangat baik bagi burung nuri. Bahkan pisang juga mempunyai kandungan air dan gula yang tinggi sehingga cocok sekali dijadikan makanan burung nuri dikarenakan burung nuri sangat menyukai makanan yang manis, hal ini dikarenakan saat kecil burung nuri sudah diberi makan berupa air gula. Manfaat buah pisang lainnya untuk burung nuri adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalannya. Selain buah apel dan buah pisang, buah pepaya juga bisa dijadikan makanan burung nuri. Hal ini dikarenakan burung nuri juga menyukai buah pepaya.

2. Sayur-sayuran

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - sayur-sayuran

Makanan burung nuri yang kedua adalah sayur-sayuran. Sayur-sayuran merupakan salah satu jenis makanan burung nuri yang dapat membantu perkembangannya, akan tetapi tidak semua sayur burung nuri menyukainya. Umumnya sayuran yang disukai burung nuri adalah seperti brokoli, kentang, wortel, kangkung, dan lain sebagainya.

3. Umbi-umbian

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - umbi-umbian

Makanan burung nuri yang ketiga adalah umbi-umbian. Umbi-umbian merupakan salah satu jenis makanan burung nuri yang mempunyai kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan burung nuri, seperti untuk melancarkan pencernaan dan lain sebagainya.

4. Pelet khusus burung

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - pelet khusus burung

Makanan burung nuri yang keempat adalah pelet khusus burung. Umumnya makanan burung nuri jenis ini dalam pembuatannya terdiri dari berbagai macam campuran seperti sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya namun berupa pelet sehingga lebih praktis dan tidak perlu repot-repot meraciknya. Walaupun berupa pelet, makanan burung nuri ini juga tetap memberikan nutrisi. Selain menggunakan pelet khusus burung, kamu juga bisa memerikan pelet lele.

5. Pakan Buatan

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - pakan buatan

Makanan burung nuri yang kelima adalah pakan buatan. Umumnya makanan burung nuri jenis ini dalam pembuatannya melakukan riset terlebih dahulu terhadap burung nuri yang dipelihara. Para pencinta burung, khususnya burung nuri kerap kali melakukan cara ini guna menghasilkan kandungan terbaik dan bergizi bagi burung nuri. Pakan buatan nuri biasanya terdiri dari berbagai macam campuran dari gandum, beras merah, sayuran, millet dan juga jewawut yang dicampur hingga menjadi bubur dan selanjutnya dijadikan sebagai makanan burung nuri.

6. Susu

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - susu

Makanan burung nuri yang keenam adalah susu. Susu merupakan salah satu jenis minuman burung nuri yang tidak boleh ditinggalkan. Susu ternyata dapat memancing suara burung nuri, sehingga membuat burung nuri cepat bicara. Selain itu, susu juga dapat meningkatkan kualitas dan juga kesehatan dari burung nuri.

7. Biji-Bijian

7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara
Makanan burung nuri - biji-bijian

Makanan burung nuri yang ketujuh adalah biji-bijian. Biji-bijian juga merupakan salah satu jenis makanan burung nuri yang disukai oleh burung nuri. Namun jika dari kecil burung nuri tidak diberi makanan jenis ini, ada baiknya kamu untuk tidak memberikannya. Biji-bijian akan lebih baik diberikan kepada burung nuri yang sudah terbiasa memakan makanan jenis ini.

Nah itu dia makanan burung nuri lengkap akan manfaatnya. Demikianlah artikel berjudul 7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 7 Makanan Burung Nuri Supaya Pintar dan Cepat Bicara, Yuk bagikan ke: