advertisement

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya


advertisement
advertisement
advertisement
7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya

XASXUS.com - Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari di Indonesia. Selain dijadikan sebagai perlombaan aduan, ikan cupang juga bisa di jadikan ikan hias. Untuk ikan cupang aduan umumnya mempunyai ukuran tubuh yang besar dan agresif. Sementara untuk ikan cupang hias biasanya mempunyai sirip dan corak warnya yang sangat indah.

Untuk soal harganya, ikan cupang aduan dan ikan cupang hias saat ini cukup mahal, hal ini dikarenakan permintaan pasar yang sangat tinggi. Nah pada artikel ini akan membahas apa saja jenis ikan cupang beserta dengan nama, ciri, dan harganya. Berikut ini adalah 7 jenis ikan cupang aduan dan ikan hias beserta gambar, nama, ciri, dan harganya.
Daftar Isi

1. Jenis Ikan Cupang Halfmoon

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Ciri Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang halfmoon atau yang sering disebut ikan cupang big ear ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang mempunyai ciri yakni sirip ekornya yang besar dan melebar, dimana sirip punggung dan sirip ekornya menyatu. Bahkan siripnya sama sekali tidak ada celah, hal ini yang membuatnya diberi nama Ikan Cupang Halfmoon (Setengah Bulan).

Harga Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Untuk harganya sendiri, jenis ikan cupang halfmoon ini tergantung dari ukuran dan juga corak warnaya. Untuk jenis ikan cupang halfmoon anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 40 ribu rupiah. Sementara untuk jenis ikan cupang halfmoon dewasa biasanya dibanderol dengan harga sekitar 80 ribu rupiah. Sedangkan untuk jenis ikan cupang halfmoon indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 100 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang halfmoon juara biasanya dibanderol cukup mahal, yaitu sekitar 500 ribu rupiah.

2. Jenis Ikan Cupang Fancy

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Fancy

Ciri Jenis Harga Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang fancy merupakan salah satu jenis ikan cupang yang berasal dari Thailand. Jenis ikan cupang fancy ini mempunyai beberapa ciri, diantaranya adalah mempunyai ukuran sirip yang umumnya tidak sebesar jenis ikan cupang halfmoon, namun mempunyai warna yang sangat cantik, dimana jenis ikan cupang fancy ini terkanal akan warna degradasi layaknya sebuah lukisan yang sangat cantik.

Harga Jenis Harga Ikan Cupang Fancy

Karena mempunyai warna yang sangat cantik, untuk harganya sendiri dapat dibilang cukup mahal, dimana untuk jenis ikan cupang fancy anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 100 ribu rupiah. Sementara untuk jenis ikan cupang fancy dewasa biasanya dibanderol harga sekitar 300 ribu rupiah. Sedangkan untuk jenis ikan cupang fancy biasanya dibanderol sekitar 350 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang fancy juara dapat mencapai harga 2 juta rupiah.

3. Jenis Ikan Cupang Serit

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Serit

Ciri Jenis Ikan Cupang Serit

Jenis ikan cupang serit merupakan salah satu jenis ikan cupang yang mempunyai ciri yakni bentuk siripnya yang menyerit dan berbeda dengan jenis ikan cupang lainnya. Bahkan jika dilihat secara sekilas jenis ikan cupang serit ini seperti habis bertarung, sebab bentuk siripnya yang tidak beraturan dan terlihat seperti sobek. Karena keunikannya itulah jenis ikan cupang serit ini banyak di cari untuk dijadikan cupang hiasan dirumah.

Harga Jenis Ikan Cupang Serit

Untuk harganya sendiri umumnya dibagi menjadi 4, yaitu jenis ikan cupang serit anakan, dewasa, indukan, dan juara. Untuk jenis ikan cupang serit anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu rupiah. Sementara untuk jenis ikan cupang serit dewasa biasanya dibanderol dengan harga sekitar 40 ribu rupiah. Sedangkan untuk ikan cupang serit indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 60 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang serit Juara biasanya akan di banderol cukup tinggi, yaitu harganya berkisar 300 ribu rupiah.

4. Jenis Ikan Cupang Slayer

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Slayer

Ciri Jenis Ikan Cupang Slayer

Jenis ikan cupang slayer merupakan salah satu jenis ikan cupang yang masih ke dalam satu jenis dengan ikan cupang halfmoon, dimana jenis ikan cupang slayer ini sama-sama mempunyai sirip berukuran besar dan cantik. Namun jika di lihat secara seksama maka aka terlihat perbedaannya, dimana bagian ujung sirip jenis ikan cupang slayer ini seperti jenis ikan cupang serit. Jenis ikan cupang slayer ini merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon dan jenis ikan cupang serit.

Harga Jenis Ikan Cupang Slayer

Untuk harganya sendiri umumnya dibagi menjadi 4, yaitu jenis ikan cupang slayer anakan, dewasa, indukan, dan juara. Untuk jenis ikan cupang slayer anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 20 ribu rupiah. Sementara untuk jenis ikan cupang slayer dewasa biasanya dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk jenis ikan cupang slayer indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 60 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang slayer juara biasanya dibanderol cukup mahal, yaitu harganya berkisar 300 ribu rupiah.

5. Jenis Ikan Cupang Double Tail

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Double Tail

Ciri Jenis Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan cupang double tail merupakan salah satu jenis ikan cupang yang mempunyai ciri yakni bentuk sirip ekornya yang bercabang. Banyak yang beranggapan jika bercabangnya sirip ekor jenis ikan cupang double tail ini merupakan hasil dari kelainan genetik atau akibat dari pertarungan sesama jenis ikan cupang. Namun faktanya bercabangnya sirip ekor jenis ikan cupang double tail ini merupakan hasil murni dari persilangan antara indukan cupang. Jenis ikan cupang double tail tergolong sangat langka dan hal inilah yang membuat harganya cukup mahal.

Harga Jenis Ikan Cupang Double Tail

Untuk harganya sendiri umumnya dibagi menjadi 4, yaitu jenis ikan cupang double tail anakan, dewasa, indukan, dan juara. Untuk jenis ikan cupang double tail anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Sementara jenis ikan cupang double tail dewasa biasanya dibanderol dengan harga sekitar 100 ribu rupiah. Sedangkan jenis ikan cupang double tail indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 120 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang double tail juara biasanya dibanderol cukup mahal yaitu 1,5 juta rupiah.

6. Jenis Ikan Cupang Giant

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Giant

Ciri Jenis Ikan Cupang Giant

Jenis ikan cupang giant merupakan salah satu jenis ikan cupang yang berasal dari Thailand dan mempunyai ciri yakni ukuran tubuhnya yang lebih besar 2-3 kali lipat dibandingkan dengan ukuran tubuh jenis ikan cupang lainnya. Jenis ikan cupang giant merupakan jenis ikan cupang yang gerakannya lebih agresif, sehingga sangat cocok dijadikan ikan cupang aduan.

Harga Jenis Ikan Cupang Giant

Untuk harganya sendiri umumnya dibagi menjadi 4, yaitu jenis ikan cupang giant anakan, dewasa, indukan, dan juara. Untuk jenis ikan cupang giant anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 20 ribu rupiah. Sementara jenis ikan cupang giant dewasa biasanya dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Sedangkan jenis ikan cupang giant indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 80 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang giant juara biasa lebih mahal, yaitu sekitar 200 ribu rupiah.

7. Jenis Ikan Cupang Plakat

7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya
Jenis Ikan Cupang Plakat

Ciri Jenis Ikan Cupang Plakat

Jenis ikan cupang plakat merupakan salah satu jenis ikan cupang yang mempunyai ciri yakni tubuhnya yang besar hampir sama dengan jenis ikan cupang giant dan termasuk ikan cupang terbesar di dunia. Meskipun dilihat sekilas hampir sama, namun ada beberapa perbedaan antara jenis ikan cupang plakat dengan jenis ikan cupang giant, dimana perbedaannya adalah jenis ikan cupang plakat mempunyai warna sisik yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan ikan cupang hias.

Harga Jenis Ikan Cupang Plakat

Untuk harganya sendiri umumnya dibagi menjadi 4, yaitu jenis ikan cupang plakat anakan, dewasa, indukan, dan juara. Untuk jenis ikan cupang plakat anakan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 60 ribu rupiah. Sementara jenis ikan cupang plakat dewasa biasanya dibanderol dengan harga sekitar 150 ribu rupiah. Sedangkan jenis ikan cupang plakat indukan biasanya dibanderol dengan harga sekitar 180 ribu rupiah. Dan untuk jenis ikan cupang plakat juara biasa lebih mahal, yaitu sekitar 2 juta rupiah.

Nah itulah 7 jenis ikan cupang aduan dan ikan cupang hias dengan masing-masing harganya. Harga ikan cupang diatas merupakan harga rata-rata dan tidak bisa dijadikan patokan, sebab harga ikan cupang bisa berubah kapan saja sesuai dengan permintaan pasar. Demikianlah artikel berjudul 7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 7 Jenis Ikan Cupang Beserta Gambar, Nama, Ciri, dan Harganya, Yuk bagikan ke: