advertisement

7 Cara Menanam Cabai Dalam Pot atau Polybag di Rumah


advertisement
advertisement
advertisement
7 Cara Menanam Cabai Dalam Pot atau Polybag di Rumah
7 Cara Menanam Cabai Dalam Pot atau Polybag di Rumah

XASXUS.com - Cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan disepanjang tahunnya permintaan akan cabai dapat dibilang tinggi. Akan tetapi kondisi pasokan cabai yang belum dapat stabil disetiap tahunnya membuat harga cabai melambung tinggi, apa lagi saat musim penghujan.

Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang tidak dapat bertahan lama dengan kondisi air yang terlalu tinggi. Karena hal itulah pasokan cabai selalu menurun ketika musim penghujan tiba sehingga sangat wajar jika harganya bisa melambung tinggi. Untuk mengatasi ini, tentunya diperlukan adanya langkah khusus di dalam mengantisipasi turunnya pasokan cabai. Nah salah satunya adalah dengan menanam cabai dirumah menggunakan media pot atau polybag.

Bahan-bahan yang dibutuhkan di dalam menanam cabai

  1. Bibit cabai
  2. Pot berlubang
  3. Media tanam
  4. Sekop kecil
  5. Semprotan
  6. Sarung tangan
  7. Pupuk

Bagaimana cara menanam cabai di dalam pot atau polybag di rumah?


1. Siapkan bibit cabai yang dipakai untuk menanam cabai

Hal pertama yang dilakukan di dalam cara menanam cabai yaitu menyiapkan bibit cabai yang digunakan di dalam menanam cabai. Jika kamu tidak ingin direpotkan dengan cara pemilihan benih dan juga penyemaian, kamu juga bisa membelinya dalam bentuk kemasan, sehingga kamu bisa langsung melakukan kegiata menanam cabai dengan menggunakan bibit tersebut.

2. Siapkan pot atau polybag untuk menanam cabai

Hal kedua yang dilakukan di dalam cara menanam cabai adalah siapkan terlebih dahulu pot atau polybag yang bagian bawahnya sudah diberi lubang. Lubang tersebut nantinya digunakan sebagai sistem drainase, sehingga air yang ada di dalam tanah bisa dengan mudah untuk mencegah terjadinya pembusukan. Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka pakailah pot atau polybag berukuran besar

3. Siapkan tanah sebagai media tanam untuk menanam cabai

Hal ketiga yang dilakukan di dalam cara menanam cabai adalah siapkan tanah yang berfungsi sebagai media tanam. Isikan tanah ke dalam pot atau polybag yang sudah disiapkan tadi sampai batas 5-10 centimeter dari bibir pot atau polybag.

4. Sebar bibit cabai ke media tanah

Hal keempat yang dilakukan di dalam cara menanam cabai adalah sebar bibit cabai ke media tanah yang sudah disiapkan tadi. Aturlah jarak bibit cabai tersebut sekitar 5-10 centimeter supaya mendapatkan pertumbuhan yang lebih baik. Setelah itu taburkanlah kembali media tanah secara tipis-tipis di atas bibit cabai yang sudah ditebar.

5. Siram dengan air bersih ke area bibit cabai

Hal kelima yang dilakukan di dalam cara menanam cabai adalah menyiram area bibir cabai yang sudah diatur tadi dengan memakai air bersih dan dengan cara di semprotkan. Hal ini dilakukan supaya bibit cabai tersebut tidak berubah posisi. Lakukanlah cara kelima ini secara rutin, yaitu dengan menyiram 2 kali sehari di pagi dan di sore hari supaya dapat menjaga kelembapan tanah.

6. Jauhkan pot dari sinar matahari langsung

Hal keenam yang dilakukan di dalam cara menanam cabai adalah menjauhkan pot atau polybag dari terik sinar matahari atau memindahkannya ke area yang teduh. Kelembapan di dalam cara menanam cabai merupakan hal yang sangat dibutuhkan di dalam proses pertumbuhan.

7. Pisahkan bibit tanaman

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara menanam cabai adalah dengan memisah bibit tanaman, dimana setelah memasuki hari ke-4 biasanya daun-daun mulai bertumbuhan sehingga perlu memindahkannya ke dalam pot atau polybaq lainnya. Pada saat memindahkannya, cobalah untuk berhati-hati dan jangan sampai merusak bagian akar tanamannya.

Pastikan sebelum dipindahkan, pot atau polybaq baru tersebut sudah diisi dengan media tanah sampai 3/4 penuh. Setelah tanaman cabai dipindahkan, kemudian isilah dengan media tanah disekelilingnya dan lakukanlah tahapan kelima tadi, yaitu menyiramnya dengan menggunakan air bersih 2 kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari.

Tips Cara merawat cabai yang baik dan benar

Ada beberapa hal yang dilakukan supaya mendapatkan hasil cabai yang baik dan optimal, diantaranya adalah:
  • Perhatikanlah waktu ketika penanaman dan juga pemindahan bibit cabai, dimana waktu yang terbaik yaitu sebelum memasuki jam 9 pagi dan sesudah jam 4 sore. Hal tersebut berfungsi untuk menghindari stresnya tanaman yang diakibatkan perpindahan media tanam dan juga suhu udara.
  • Pemakaian media tanam diawal penanaman akan lebih praktis, sebab sudah dilengkapi dengan pupuk kompos dan sekam sebagai nutrisi awal untuk tanaman cabai.
  • Tambahkanlah pupuk organik atau pupuk khusus buah sebulan sekali guna menjaga kesuburan media mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Nah cukup mudah bukan cara menanam cabai dengan menggunakan media pot atau polybag? Demikianlah artikel tentang 7 cara menanam cabai dalam pot atau polybag di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.
Suka artikel berjudul 7 Cara Menanam Cabai Dalam Pot atau Polybag di Rumah, Yuk bagikan ke: