Bunga

4 Cara Menanam Anggrek Yang Baik dan Benar Agar Cepat Berbunga


A+
A
A-
4 Cara Menanam Anggrek Yang Baik dan Benar Agar Cepat Berbunga
4 Cara Menanam Anggrek Yang Baik dan Benar Agar Cepat Berbunga

XASXUS.com - Bunga anggrek atau yang mempunyai nama ilmiah Orchidaceae ini merupakan salah satu jenis bunga yang banyak digemari di Indonesia. Bahkan para peminat anggrek di Indonesia juga semakin banyak, hal ini menandakan jika permintaan konsumen akan anggrek sebagai bunga hias memang sangat diminati.

Karena tingginya akan permintaan anggrek membuat beberapa daerah di Indonesia mulai membudidayakan tanaman anggrek. Cara menanam anggrek umumnya ada beberapa cara, salah satunya yaitu cara menanam anggrek di pot. Namun beberapa para pecinta anggrek sering mengeluhkan jika cara menanam anggrek di pot justru membuatnya mudah layu dan pertumbuhannya tidak maksimal. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan akan menanam anggrek yang baik dan benar.

Cara menanam anggrek di pot mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan cara lainnya, salah satunya adalah pot anggrek sebagai media tanam mudah untuk dipindah-pindahkan, sehingga memungkinkan kamu menempatkannya ditempat selera anda. Nah berbicara mengenai bagaimana cara menanam anggrek yang baik dan benar. Berikut ini adalah 4 cara menanam anggrek yang baik dan benar agar cepat berbunga dan tidak mudah layu.
Daftar Isi

1. Menentukan bibit anggrek yang akan ditanam

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara menanam anggrek adalah menentukan jenis bibit anggrek yang akan ditanam. Namun jika kamu bingung menentukan jenis anggrek yang akan ditanam, berikut ini adalah beberapa jenis anggrek yang sering dibudidayakan oleh masyarakat indonesia dan dapat menjadi inspirasi kamu di dalam menentukan jenis bibit anggrek yang akan ditanam.

Jenis-jenis bunga anggrek:
  • Anggrek Catteleya
  • Anggrek Dendrodium
  • Anggrek Grammathopilum
  • Anggrek Oncidium
  • Anggrek Phalaenopsis
  • Anggrek Vanda atau Anggrek Potong
  • Anggrek Spathiphyllum

Nah setelah kamu menentukan jenis anggrek yang akan ditanam, selanjutnya adalah mendapatkan jenis bibit anggrek yang sudah ditentukan. Namun akan lebih baik lagi jika kamu mendapatkannya dari para pengrajin anggrek yang tentunya benar-benar berkualitas.

2. Mempersiapkan media tanam anggrek

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara menanam anggrek adalah mempersiapkan media tanam anggrek. Namun yang kita bahas saat ini adalah media tanam menggunankan pot, jadi siapkanlah pot berukuran sedang. Lalu isilah pot yang telah disiapkan tadi dengan berbagai macam campuran bahan baku seperti tanah, kulit kelapa atau batok, sabut kelapa, pupuk kandang yang telah difermentasikan, arang, dan pecahan batu bata atau genting.

Setelah mendapatkan semua bahan baku tersebut, lalu susunlah keseluruhan bahan tersebut seperti berikut:
  • Taruhlah pecahan batu bata atau genteng dibagian bawah dari pot
  • Sabut kelapa dan batoknya ditaruh diatas pot
  • Masukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang dibagian paling atas dari pot

Tujuan ditaruhnya batubata atau genting dibawah adalah supaya saat dilakukan penyiraman dilakukan, air tidak akan tergenang didasar pot dan bisa merusak akar tanaman anggrek.

3. Tahapan cara menanam bibit anggrek

Hal ketiga yang dilakukan di dalam cara menanam anggrek adalah menanam bibit anggrek yang sudah disiapkan. Jadi cara menanamnya yaitu yaitu dengan cara memindahkan bibit anggrek yang sudah disiapkan ke dalam pot yang telah diisi oleh beberapa campuran bahan baku tersebut. Setelah itu tutup dengan menggunakan abu hingga batas pangkal batang bibit anggrek.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam cara menanam anggrek yang baik dan benar, yaitu pastikan saat menanam anggrek sebelum matahari terlalu terik atau sebelum jam 8 pagi. Hal ini dilakukan supaya tanaman anggrek yang baru saja ditanam tidak mudah layu. Setelah ditanam secepat mungkin disiram menggunakan air bersih secukupnya guna menjaga kelembapan tanaman anggrek.

4. Pemeliharaan atau perawatan anggrek

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara menanam anggrek adalah pemeliharaan atau perawatan anggrek. Namun yang penting didalam pemeliharaan atau perawatan anggrek adalah masalah penyiraman, sehingga cara menanam anggrek menggunakan media pot jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan media berupa lahan.

Pada dasarnya anggrek lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembab, akan tetapi tidak dengan menyiram atau menyemprotnya secara langsung ke bunga anggrek tesebut. Jika hal ini dilakukan, maka kuncup bunga anggrek yang belum mekar akan rusak .

Jadi cara menjaga kelembapan anggrek sendiri adalah dengan menyiram dibagian sekeliling tanah di dalam pot menggunakan air secukupnya dan tidak mengenai tanaman anggrek itu sendiri. Lakukan pemeliharaan atau perawatan menyiram ini setiap pagi supaya tanaman anggrek tidak cepat layu dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan akan air untuk tanaman anggrek.
Halaman :