advertisement

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya


advertisement
advertisement
advertisement
20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya

XASXUS.com - Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain kaya akan vitamin dan karbohidrat, tenyata pisang juga mempunyai berbagai macam manfaat, salah satunya adalah melancarakan sistem pencernaan. Selain itu, pisang juga banyak dimanfaatkan sebagai makanan olahan. Sehingga tidak jarang pula kita menemukan berbagai macam produk makanan yang berbahan dasar dari buah pisang. Berbicara mengenai buah pisang, ternyata pisang mempunyai beberapa jenis dengan ciri khas tersendiri. Nah berikut ini adalah beberapa jenis pisang yang harus kamu ketahui.
Daftar Isi

1. Pisang Raja

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Raja

Pisang raja merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu kulitnya yang sedikit kasar dan tebal serta bentuknya yang sedikit melengkung ke atas. Apabila telah matang, jenis pisang ini biasanya akan mempunyai warna kuning orange dengan disertai aroma yang sangat khas dan rasanya yang manis. Keunggulan dari jenis pisang ini yakni mempunyai aroma yang harum jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Selain itu, pisang raja juga mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar dan juga tidak kecil.

Keunggulan dari jenis pisang raja ini adalah bisa dimakan secara langsung. Dalam hal pengolahannya pun jenis pisang raja juga banyak dijadikan makanan ringan, seperti halnya dijadikan keripik pisang atau pisang sale. Tetapi untuk pengolahannya memakai pisang yang belum masak atau matang dan biasanya masih berwana hijau.

2. Pisang Ambon Lumut

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Ambon Lumut

Pisang ambon lumut merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri-ciri yaitu bentuknya yang lurus dengan panjang sekitar 15 sampai 17 centimeter dan diameternya 42 milimeter serta kulitnya yang cukup tebal. Keunikan dari jenis pisang ini yakni tetap berwarna hijau walaupun pisang sudah dalam keadaan masak atau matang. Tetapi jika telah terlalu matang, maka warnanya akan berwarna kekuning-kuningan dan bercak coklat. Pisang Ambon Lumut ini pada umumnya mempunyai aroma yang sangat harum dan buahnya yang tanpa biji. Untuk pengkosumsiannya, umumnya sama seperti jenis pisang raja yakni bisa dikomsumsi secara langsung.

3. Pisang Barangan

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Barangan

Pisang Barangan merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu teksturnya yang lurus dan panjangnya sekitar 11 centimeter serta berdiameter 30 milimeter. Selain itu, jenis pisang barangan juga mempunyai daging berwarna kuning sedikit putih dan rasanya yang manis, namun tidak memiliki biji. Pisang Barangan umumnya disajikan sebagai makanan pentup di acara-acara pesta.

Pisang barangan ini merupakan jenis pisang komoditi unggulan di Provinsi Sumatera Utara, terutama yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Hal ini dikarenakan pisang barangan mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Diantaranya yaitu mengandung karbohidrat 25,8 gram, energi 110 kalori, vitamin C 3 gram, dan protein 1,2 gram disetiap 100 gram pisang barangan. Selain di Provinsi Sumatera Utara, jenis pisang ini juga mulai dibudidayakan dibeberapa daerah lainnya yang ada di Pulau Jawa.

4. Pisang Raja Sereh

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Raja Sereh

Pisang Raja Sereh merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu berwarna kuning kecoklatan. Tetapi jika pisang ini telah matang biasanya akan muncul bintik-bintik berwarna cokelat gelap dan dagingnya berwarna putih bertekstur lunak serta rasanya yang sedikit asam. Walaupun jenis pisang ini mempunyai sedikit rasa asam, namun pisang ini mempunyai kandunganan yang jika konsumsi bisa menyehatkan tubuh. Selain itu, jenis pisang ini juga mengandung protein 1,2 gram, energi sebesar 110 kkal, lemak 0,2 gram, karbohidrat 31,1 gram, fosfor 29 mg, kalsium 7 mg, vitamin A, vitamin B10 dan vitamin C.

5. Pisang Mas

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Mas

Pisang Mas merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu bentuknya yang kecil serta warnanya yang keemasaan ketika sudah matang dan kulitnya yang tipis. Selain itu, jenis pisang ini juga mempunyai tekstur yang halus dan daging buahnya yang manis serta beraroma harum. Hal ini tentunya sangat cocok sekali jika dikonsumsi langsung maupun digoreng.

Selain mempunyai rasa yang sangat manis, kulit jenis pisang mas ternyata juga mempunyai kekampuan didalam menyerap racun-racun, seperti halnya residu dari bahan kimia berbahaya. Sehingga pisang mas ini sangat aman dan juga layak dikonsumsi. Bahkan jenis pisang ini juga sangat baik bagi balita, sebab selain mempunyai rasa yang manis, harganya pun relatif terjangkau bila dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.

6. Pisang Kepok

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu teksturnya tebal, daging buahnya yang halus dan berwarna krem, serta akan berwarna kuning ketika sudah masak. Biasanya jenis pisang akan lebih lezat bila dikonsumsi dengan cara direbus ataupun digoreng. Tahukah kamu jika pisang kepok ini ternyata mempunyai banyak manfaat, seperti dapat mengatasi sembelit serta melancarakan sistem pencernaan. Dalam pengolahannya, pisang kepok ini banyak dijadikan sebagai bahan utama di dalam pembuatan kue atau bolu.

7. Pisang Raja Molo

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Raja Molo

Jenis pisang merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu mempunyai panjang sekitar 12 centimeter dan diameter 2,4 centimeter serta berat 100 gram. Umumnya setiap sisir dari jenis pisang ini terdiri dari 10 sampai 13 buah dengan buahnya yang berwarna kuning kemerahan dan tanpa biji.

8. Pisang Giant Cavendish

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Giant Cavendish
Pisang Giant Cavendish merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu mempunyai panjang sekitar 15 sampai 22 centimeter dengan diameter 3 sampai 4 centimeter. Selain itu, daging pada buah pisang jenis ini juga sangat lembut dan rasanya yang manis serta aromanya yang harum. Ketika pisang ini sudah matang biasanya kulitnya akan nampak berwarna kuning cerah. Dalam satu tandannya, biasanya ada sekitar 14 sampai 20 sisir dengan tiap sisirnya berisikan 16 sampai 20 buah. Bahkan pisang jenis ini menjadi komoditi ekspor terbesar di Filiphina.

9. Pisang Kluai Hong Thong

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Kluai Hong Thong

Pisang Kluai Hong Thong merupakan salah satu jenis pisang yang mirip dengan jenis pisang Giant Cavendish, namum bedanya adalah jika pisang Kluai Hong Thong mempunyai tandan berukuran kecil dan pelepahnya yang warna merah jambu pucat. Jika dilihat secara fisiknya, variestas jenis pisang ini mempunyai kulit yang cukup tebal dan berwarna kuning ketika sudah masak atau matang. Aroma yang sangat khas dan rasanya yang manis tentunya sangat cocok sekali bila dijadikan sebagai bahan olahan makanan. Setiap buahnya umumnya mempunyai panjang 15 sampai 22 centimeter dan berdiamter 3 sampai 4 centimeter. Tetapi setiap tandannya hanya berisikan 4 sampai 6 sisir saja dengan berat antara 10 sampai 12 kilogram.

10. Pisang Nangka

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Nangka

Pisang Nangka merupakan salah satu jenis pisang yang sangat populer di Indonesia dan Malaysia. Umumnya jenis pisang ini mempunyai tekstur buah yang tebal dan berwarna hijau walaupun telah matang. Tetapi jika sudah terlalu matang biasanya akan berubah warna menjadi warna kuning namun akan terasa lembek bila disentuh. Selain itu pisang ini juga mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam dengan aromanya yang sangat khas. Setiap sisir dari jenis pisang ini pada umumnya terdiri dari 14 sampai 24 buah.

11. Pisang Tanduk

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Tanduk

Pisang Tanduk pada umumnya berbeda-beda penamaan di setiap negara, seperti halnya di Thailand, dimana jenis pisang ini disebut kluai nga chang, sedangkan di Filipina disebut tidok. Pisang tanduk mempuyai ciri yaitu memiliki panjang sekitar 25 sampai 35 centimeter dengan diameter 6 sampai 7 centimeter. Setiap sisir pada jenis pisang ini terdiri dari 10 sampai 15 buah dengan berat hingga mencapai 7 sampai 10 kilogram. Selain itu, pisang ini juga tidak enak bila dikonsumsi secara langsung, tetapi pisang ini akan terasa manis jika dimasak.

12. Pisang Ambon Putih

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Ambon Putih

Sama seperti halnya pisang tanduk, jenis pisang ini juga berbeda-beda penamaannya di setiap negara, seperti halnya di Thailand dan Malaysia, dimana pisang ini disebut kluai hom dok maid an pisang embun. Pisang ambon putih umumnya berbeda dengan pisang ambon lumut, dimana jenis pisang ini mempunyai bentuk yang lebih besar dan berwarna putih ke kuningan ketika masak atau matang. Rasanya pun sedikit asam dengan aromanya yang sangat khas.

13. Pisang Ambon Kuning

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Ambon Kuning

Pisang ambon kuning merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu ukurannya yang jauh lebih besar dan bentuk buahnya yang melengkung sedikit ke atas. Kulitnya pun umumnya tidak terlalu tebal serta dagingnya akan berwarna kekuning putihan dan sedikit kemerahan ketika sudah masak atau matang. Selain itu, tiap tandannya dapat mencapai hingga 129 buah. Jenis pisang ini sangat cocok dijadikan makanan penutup, sebab rasanya yang manis dan aromanya yang sangat khas.

14. Pisang Awak

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Awak

Pisang awak merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu buahnya yang berwarna putih ke kuningan dengan beratnya yang rata-rata sekitar 67,5 gram serta mempunyai panjang sekitar 15 centimeter dan diameter 4 centimeter. Jenis pisang ini sangat cocok sekali bagi balita, karena dapat membatu tumbuh kembangnya.

15. Pisang Lampung

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Lampung

Pisang lampung merupakan salah satu jenis pisang yang hampir mirip dengan pisang mas. Namun perbedaannya hanya dibagian ujung buahnya. Dimana bagian ujung dari pisang lampung umumnya lancip, semetara pisang mas ujungnya tumpul. Karena mempunyai rasa yang manis dan aromanya yang sangat khas, tentunya jenis pisang ini sangat cocok dijadikan pencuci mulut.

16. Pisang Kapas

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Kapas

Pisang Kapas merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri yaitu buahnya yang berwarna kuning dan sedikit berbintik hitam dengan panjang buahnya hingga mencapai 6 centimeter dan bentuk kulitnya yang cukup tebal. Pisang ini hanya cocok dijadikan sebagai produk olahan saja, dikarenakan aromanya yang kurang tetapi mempunyai rasa yang manis.

17. Pisang Tongkat Langit

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Tongkat Langit

Pisang Tongkat Langit merupakan salah satu jenis pisang yang warna buahnya berwarna merah jingga dan tandan buahnya yang menuju ke atas. Jenis pisang ini banyak sekali ditemukan di Pulau Maluku. Setiap sisir dari jenis pisang ini umumnya memiliki berat sekitar 1,2 kilogram dengan panjang setiap buahnya 20 centimeter dan diameter 13 centimeter.

18. Pisang Kidang

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Kidang

Pisang kidang merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri buahnya yang berwarna merah jingga dan dagingnya yang berwarna putih. Selain itu, pisang kidang juga mempunyai rasa yang manis, sehingga jenis buah ini kerap dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Setiap tandannya umumnya terdiri dari 5 sampai 7 sisir dengan tiap sisirnya yang berisikan 13 buah.

19. Pisang Badak

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Badak

Pisang Badak merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai ciri buahnya yang berwarna hijau kekuningan dan bentuk buahnya yang sedikit melengkung dengan ujungnya yang lancip. Selain itu, pisang badak juga mempunyai rasa yang manis dan tidak mempunyai biji. Setiap pohon jenis pisang ini pada umumnya akan menghasilkan 180 buah pisang dengan rata-rata perbuahnya sekitar 75 gram.

20. Pisang Raja Uli

20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Pisang Raja Uli

Pisang raja uli merupakan salah satu jenis pisang yang masih satu spesies dengan pisang raja, dimana jenis pisang ini cocoknya sekali dijadikan sebagai olahan makanan, sebab mempunyai rasa yang manis dan aromanya yang sangat khas. Setiap tandannya umumnya terdiri dari 5-8 sisir. Dengan berat tiap buahnya sekitar 120 gram. Pisang ini sangat nikmat jika olah dengan cara direbus ataupun dijadikan gorengan.
Suka artikel berjudul 20 Jenis Pisang di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya, Yuk bagikan ke: