advertisement

16 Cara Menanam Kacang Panjang Yang Baik dan Benar Agar Hasilnya Optimal


advertisement
advertisement
advertisement
16 Cara Menanam Kacang Panjang Yang Baik dan Benar Agar Hasilnya Optimal
16 Cara Menanam Kacang Panjang Yang Baik dan Benar Agar Hasilnya Optimal

XASXUS.com - Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kacang panjang sering di jadikan berbagai macam olahan masakan, seperti tumisan dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk tinggi permintaannya.

Hal ini justru menjadi peluang yang cukup menjanjikan di dalam membudidayakan kacang panjang. Nah jika kamu ingin membudidayakan kacang panjang namun tidak mengetahui bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik dan benar, berikut ini adalah 16 cara menanam kacang panjang yang baik dan benar agar hasilnya optimal.
Daftar Isi

1. Pemilihan bibit unggul kacang panjang

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah memilih bibit unggul kacang panjang. Jadi pilihlah bibit atau benih kacang panjang dengan varietas terbaik dan sudah terbukti kualitasnya supaya mendapatkan hasil panen yang berlimpah dan maksimal sesuai dengan keinginan.

Bibit atau benih kacang panjang yang berkualitas mempunyai beberapa ciri, yaitu:
  • Penampilan bibit kacang panjang tersebut kusam atau bernas.
  • Bibit tidak rusak ataupun cacat.
  • Perkecambahan bibit kacang panjang diatas 90 persen.
  • Terbebas dari segala macam hama dan penyakit.

2. Menentukan tempat atau lahan menanam kacang panjang

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah menentukan tempat atau lahan menanam kacang panjang. Hal ini dikarenakan dalam cara menanam kacang panjang ada beberapa syarat yang harus ada di dalam tempat atau lahan yang akan digunakan, diantaranya:
  • Kacang panjang umumnya akan tumbuh dengan baik jika ditanam tidak melebihi 800 meter diatas permukaan laut dan dengan iklimnya yang kering.
  • Suhu disekitar lahan idelanya harus berkisarlah berkisar antara 25-30 derajat celcius.
  • Lahan atau tempat yang digunakan haruslah mempunyai curah hujan berkisar 700 hingga 1200 mm/th.
  • Tanah atau lahan yang digunakan haruslah mempunyai PH netral, yakni berkisar 5-6.
  • Untuk lahannya, kondisi tanahnya haruslah bertanah latosol atau lempung berpasir, gembur dan kaya akan unsur hara serta mempunyai persediaan air yang cukup.
Nah setelah mengetahui beberapa sayarat tersebut, maka tentukanlah tempat atau lahan yang sesuai dengan beberapa syarat tersebut. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan.

3. Menggemburkan media tanam kacang panjang

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah menggemburkan media tanam kacang panjang. Untuk menggemburkannya, kamu bisa mencangkul atau membajaknya sekaligus juga membuang gulma dan bekas tanaman sebelumnya.

4. Memberikan kapur atau dolomit

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah memberikan kapur atau dolomit. Hal ini dilakukan jika lahan yang akan digunakan terlalu asam atau mempunyai PH kurang dari 5.

5. Memberikan belerang

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah memberikan belerang. Hal ini dilakukan jika lahan yang akan digunakan terlalu basa atau mempunyai PH lebih dari 9.

6. Memberikan pupuk di media lahan

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah memberikan pupuk di media lahan. Untuk memperkaya akan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman kacang panjang, maka berikanlah pupuk kandang dengan dosis 1 ton perhektarnya. Kemudian diamkan media lahan tersebut sekitar 7 hari supaya pupuk yang diberikan tadi meresap secara sempurna.

7. Membuat bedengan di media lahan

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah membuat bedengan di media lahan. Buatlah bedengan diatas lahan dengan ukurannya yaitu tingginya 30 centimeter, lebarnya 80 centimeter, dan panjangnya disesuaikan dengan panjang lahan yang akan digunakan.

8. Membuat jarak tanam antar bedengan

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah membuat jarak tanam antar bedengan. Jadi buatlah jarak antar bedengan sekitar 40-50 centimeter yang difungsikan sebagai drainase.

9. Membuat lubang tanam di media lahan

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah membuat lubang tanam di media lahan. Jadi buatlah lubang tanaman hingga kedalaman 3 centimeter dengan jarak antar lubangnya sekitar 30x40 centimeter.

10. Menentukan musim

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah menentukan musim. Musim yang baik di dalam menanam kacang panjang adalah diawal musim penghujan. Hal ini dilakukan supaya tanaman yang baru ditanam mendapakan pasokan air yang cukup.

11. Menanam bibit kacang panjang

Hal kesebelas yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah menanam bibit kacang panjang. Masukan benih atau bibit kacang panjang tersebut ke dalam lubang yang telah dibuat tadi, dimana setiap lubangnya dapat diisi 2 bibit kacang panjang. Setelah itu tutuplah secara tipis-tipis menggunakan tanah bercampurkan abu dapur dan pupuk kandang.

12. Penyulaman kacang panjang

Hal kedua belas yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah melakukan penyulaman kacang panjang. Hal ini bertujuan untuk menyulam tanaman kacang panjang yang gagal tumbuh dan supaya tanaman hasil sulaman tersebut mempunyai usia yang sama dengan tanaman kacang panjang lainnya yang sudah ditanam dilahan.

Periksalah pertumbuhan benih tanaman kacang panjang sesudah 5-7 hari lamanya. Jika ada benih yang gagal atau mati, maka sulamlah benih yang gagal tumbuh tersebut dengan menggunakan bibit yang sudah ditanam secara terpisah dan usahakanlah penyulamannya dilakukan menggunakan tanaman yang seusia.

13. Pemberian pupuk tambahan

Hal ketiga belas yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah memberikan pupuk tambahan. Berikanlah pupuk tambahan setelah usianya menginjak 45 hari setelah penanaman. Jadi kamu bisa memberikan pupuk tambahan menggunakan pupuk dengan dosis yaitu Urea 50 kilogram, SP36 25 kilogram, dan KCl 75 kilogram. Cara memberikannya yaitu dengan cara membuat lubang disekitar tanaman dan kemudian masukanlah pupuk tambahan tersebut.

14. Penyiangan tanaman kacang panjang

Hal keempat belas yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah melakukan penyiangan tanaman kacang panjang. Penyiangan sendiri dilakukan dengan cara membersihkan gulma ataupun rumput liar yang mulai tumbuh dan mengganggu disekitar lahan. Hal ini dilakukan supaya pasokan nutrisi tanahnya tidak berkurang dan pertumbuhan kacang panjang menjadi sempurna.

15. Penyiraman tanaman kacang panjang

Hal kelima belas yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah penyiraman tanaman kacang panjang. Untuk perawatannya, kamu hanya perlu menyiramnya secara rutin 1 kali sehari, yaitu bisa di pagi maupun sore hari. Hal yang paling penting di dalam menyiram tanaman kacang panjang adalah janganlah menyiram tanaman kacang panjang secara berlebihan, karena kacang panjang tidak membutuhkan banyak pasokan air.

16. Panen kacang panjang

Hal terakhir yang harus dilakukan di dalam cara menanam kacang panjang adalah memanen kacang panjang. Kacang panjang umumnya baru bisa di panen saat usinya sudah mencapai 3-4 bulan untuk varietas kacang panjang berkualitas dan unggulan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ciri-ciri kacang panjang siap dipanen, diantaranya:
  • Ukuran polong yang sudah optimal.
  • Biji didalam polong tidak terlihat menonjol.
  • Mudah dipatahkan dan tidak lentur.
Jika ciri-ciri kacang panjang sudah sesuai dengan ciri-ciri diatas, maka panenlah dengan menggunakan pisau dan kemudian potonglah tangkai polong.

Nah mudah bukan cara menanam kacang panjang? demikianlah artikel berjudul 16 Cara Menanam Kacang Panjang Yang Baik dan Benar Agar Hasilnya Optimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 16 Cara Menanam Kacang Panjang Yang Baik dan Benar Agar Hasilnya Optimal, Yuk bagikan ke: