advertisement

15 Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil Sampai Besar Yang Baik dan Benar


advertisement
advertisement
advertisement
15 Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil Sampai Besar Yang Baik dan Benar
15 Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil Sampai Besar Yang Baik dan Benar

XASXUS.com - Ayam aduan merupakan salah satu jenis ayam yang perawatannya khusus dilatih untuk di adu. Cara merawat ayam memanglah tidak terlalu sulit, tetapi ada beberapa dasar di dalam cara merawatnya, khusunya untuk ayam aduan. Bahkan jika salah dalam cara merawat dan melatihnya, bisa-bisa ayam aduan tidak tumbuh secara optimal sehingga membuatnya menjadi rusak, sakit, dan tidak bisa di adu. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah cara merawat ayam aduan dari kecil sampai besar yang baik dan benar.
Daftar Isi

1. Cara merawat ayam aduan umur 1 hari

Indukan ayam aduan pada umumnya hanya membutuhkan waktu 21 hari untuk mengerami telur sebelum telur tersebut menetas dan berubah menjadi anak ayam. Pada saat menetas itulah, maka anak ayam tersebut sudah dapat dibilang memasuki umur 1 hari dan ada baiknya diletakan ke dalam wadah berupa kotak yang dilengkapi dengan lampu penghangat.

2. Cara merawat ayam aduan umur 1-3 bulan

Pada saat anak ayam aduan tersebut mulai tumbuh dan berkembang namun wadah kotak tersebut mulai sempit, maka ada baiknya anak ayam aduan tersebut dipindahkan ke dalam wadah yang lebih besar lagi. Berikanlah makanan dan minuman secara rutin, seperti memberi makan berupa pakan poor atau menggunakan kosentrat yang ukurannya kecil-kecil.

Selain itu usahakan juga untuk selalu rutin membersihkan kandang supaya anak ayam aduan tersebut tidak mudah terkena penyakit yang berasal dari kandang ayam tersebut. Berikanlah berbagai macam vitamin dan jenis obat supaya anak ayam aduan tersebut tetap sehat dan dapat berkembang dengan baik.

3. Cara merawat ayam aduan umur 3 bulan

Jika anak ayam sudah memasuki umur 3 bulan, maka berikanlah pakan berupa kosentrat yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya. Selain itu, anak ayam aduan juga bisa diberi pakan berupa campuran beras, jagung, dan dedak. Umumnya saat anak ayam sudah memasuki umur 3 bulan, biasanya dia akan mulai bertarung untuk mencari daerah kekuasannya sendiri.

4. Cara merawat ayam aduan umur 3-6 bulan

Pada saat berjalan umur 3-6 bulan, ada baiknya ayam aduan yang telah berusaha bertarung tersebut dipindahkan ke kandangnya masing-masing atau dipisahkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengumbaran supaya otot-ototnya sehat dan tidak kaku. Kamu juga bisa melakukan mandi tanah atau kipu supaya pertumbuhan tulang ayam aduan tersebut bisa lebih optimal.

5. Cara merawat ayam aduan umur 6 bulan

Pada saat ayam aduan tersebut sudah memasuki umur 6 bulan, maka ada baiknya untuk memberikan berbagai macam jenis pakan yang dikombinasikan dengan berbagai macam vitamin supaya gizinya tercukupi. Kebutuhan ini tentunya bertujuan untuk membentuk tubuh yang ideal supaya ayam aduan tersebut tetap fit.

6. Cara merawat ayam aduan umur 10 Bulan

Pada saat memasuki umur 10 bulan, artinya ayam aduan tersebut akan membuat dan membentuk tubuh yang ideal. Selain itu ayam aduan tersebut juga akan membentuk kekuatan otot dan tulang yang optimal serta mulai adanya proses pertumbuhan bulu.

7. Cara memandikan ayam aduan

Cara merawat ayam aduan selanjutnya adalah dengan cara memandikannya, dimana ayam aduan dimandikan sekitar jam 8 pagi. Namun sebelum memandikannya pastikan terlebih dahulu keadaan sekitar dalam keadaan suhu normal dan tidak hujan. Apabila keadaan di pagi hari hujan, kamu bisa memandikannya di sore hari sekitar jam 4. Memandikan ayam aduan bertujuan untuk pembentukan otot-otot ayam.

Dalam memandikan ayam aduan, pakailah air bersih dan spon atau gabus untuk mengelapnya. Setelah itu biarkan sejenak bulu ayam aduan mengering, yakni sekitar 30 menit lamanya. Aktivitas memandikan ayam aduan juga dapat menjadi salah satu cara di dalam menjinakan ayam aduan yang agresif.

8. Lakukan penjemuran

Supaya lemak di dalam tubuh ayam aduan tidak menumpuk dan memulihkan staminanya, maka ada baiknya menjemurnya di siang hari, yaitu sekitar jam 9 sampai jam 10 pagi beberapa saat sesudah kamu memandikannya. Lakukan
proses memandikan ini setiap hari, namun hentikanlah jika ayam aduan tersebut terlihat sakit ataupun lelah.

9. Latihan fisik otot dan pernafasan

Untuk melatih pernafasan dan juga otot ayam aduan, kamu bisa melatihnya dengan berbagai macam aktivitas fisik, seperti renang, kliter, dan lompatan. Dengan rutin melakukan aktivitas ini tentunya akan membuat ayam aduan kamu mempunyai nafas yang panjang dan tidak mudah lelah.

10. Tarung atau Akbar

Jika ayam aduan sudah dalam keadaan fit, maka cobalah untuk melatihnya dengan cara bertarung atau akbar dengan lawannya. Hal ini bertujuan untuk membentuk mental petarung sehingga ayam aduan kamu bisa menjadi juara. Lakukanlah aktivitas tarung atau akbar ini dengan waktu yang singkat, dimana untuk latihan awalan kamu bisa melakukan aktivitas ini selama 5-10 menit.

Setelah melakukan aktivitas tarung atau akbar, kemudian berilah ayam aduan kamu istirahat sejenak dan kemudian lakukan aktivitas tarung atau akbar ini kembali sekitar 15 menit lamanya. Namun ada satu hal yang harus kamu diperhatikan, yaitu janganlah terlalu memaksakannya, hal ini malah membuatnya semakin terluka dan tentunya malah membuatnya semakin takut dengan lawannya.

11. Pemisahan ayam aduan

Dalam merawat ayam aduan, pastikanlah kandang setiap ayam aduan terpisah atau berbeda. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi pertarungan yang tidak diinginkan yang dapat menimbulkan luka maupun cidera, dimana ayam aduan umumnya mempunyai kecendrungan bertarung jika bertemu dengan ayam lainnya.

12. Penggunaan kandang isolasi

Jika salah satu ayam aduan kamu mentalnya semakin parah dan rusak sehingga tidak bisa lagi bertarung atau bahkan hanya menggauli ayam betina, maka taruhlah ayam aduan tersebut ke kandang isolasi. Pastikanlah kandang isolasi yang kamu pakai benar-benar terbebas dari berbagai macam gangguan dari luar. Biarkanlah beberapa hari ayam aduan tersebut guna memulihkan dirinya dan mendapatkan kembali mental bertarungnya. Umumnya hanya membutuh beberapa hari saja untuk membuatnya fit kembali dan siap diadukan lagi.

13. Berikan jamu andalan untuk ayam aduan

Kamu juga dapat membangkitkan gairah petarungnya kembali dengan cara menggunakan berbagai macam ramuan jamu herbal alami khusus untuk ayam, seperti gula merah, kunyit, dan madu. Selain memberikannya jamu, kamu juga bisa memberikan nutrisi lainnya, seperti vitamin buatan. Dengan memberikan berbagai macam jamu dan nutrisi tersebut tentunya sangat efektif di dalam mengembalikan semua hal yang kian menurun dari ayam aduan kamu.

14. Berikan pakan alami untuk ayam aduan

Supaya ayam aduan menjadi lebih galak dan agresif, cobalah untuk memberikan pakan alami berupa pakan hidup, seperti kroto hidup, jangkrik, atau bahkan anak tikus. Mental ayam tentunya akan kian membaik dan juga terasah bila kamu membiarkannya mencari danjuga mengejar mangsanya tersebut.

15. Melakukan latihan lari

Agar mendapatkan ayam aduan yang fit dan nafasnya panjang, cobalah untuk melakukan latihan fisik berlari selama kurang lebih 30 menit. Ada berbagai macam cara melakukan aktivitas latihan berlari, salah satunya yaitu dengan memakai kurungan roda berputar. Namun tidak jarang pula yang masih memakai teknik manual di dalam melatih fisik berlari.

Nah mudah bukan cara merawat ayam aduan dari kecil sampai besar? Demikianlah artikel berjudul 15 Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil Sampai Besar Yang Baik dan Benar, semoga atikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 15 Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil Sampai Besar Yang Baik dan Benar, Yuk bagikan ke: