advertisement

12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
 12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen
12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen

XASXUS.com - Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dikarenakan mempunyai banyak kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun tahukah kamu jika menanam semangka tidaklah sesulit yang dibayangkan. Asalkan niat dan tekun, pastinya akan mendapatkan hasil panen yang sangat berlimpah.

Bagi kamu yang ingin mencoba budidaya tanaman semangka dan belum tahu bagaimana cara menanam semangka yang baik dan benar, Nah pada artikel ini akan membahas cara menamam semangka yang baik dan benar dari awal sampai panen yang tentunya dapat kamu terapkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Daftar Isi

1. Penentuan tempat atau lahan

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah menentukan tempat atau lahan yang nantinya dijadikan sebagai media tanaman bagi bibit semangka. Tanaman semangka pada umumnya dapat tumbuh dengan baik di lahan yang berada di ketinggian sekitar 0-1000 meter diatas permukaan laut.

2. Mengecek unsur hara lahan

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah mengecek kandungan unsur hara pada lahan. Untuk menghasilkan tanaman semangka yang bagus, maka ada baiknya menyiapkan media tanah yang mengandung unsur hara sangat banyak. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman semangka.

3. Mengecek tingkat PH pada lahan

Hal ketiga yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah mengecek tingkat PH pada lahan yang nantinya dijadikan sebagai tempat ditanamnya bibit semangka. PH yang baik untuk tanaman semangka adalah antara 5 sampai 7. Namun jika tanah yang dijadikan media tanam terlalu asin, maka bisa dinetralkan dengan cara pengapuran dengan memberikan kapur doloit dengan dosis 1 ton perhektar lahannya

4. Mencangkul atau membajak lahan

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah mencangkul atau membajak lahan. Hal ini dilakukan supaya lahan atau tanah yang akan dijadikan tempat menanam semangkan gembur. Selain itu hal tersebut juga bertujuan membersikan gulam dan rumput liar yang ada disekitar lahan.

5. Membuat bedengan

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah membuat bedengan dengan ukuran tinggi 40 centimeter, lebar 200 centimeter, dan untuk panjangnya disesuikan dengan lahan yang akan dipakai.

6. Membuat tempat drainase

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah membuat drainase lahan disetiap jarak antar bedengan yang telah dibuat tadi. Buatlah jarak kurang lebih 100 centimeter sampai 150 centimeter tergantung dari keadaan dan juga topografi lahan.

7. Membuat lubang tanam diatas bedengan

Hal ketujuh yang harus dilakukan didalam cara menanam semangka adalah membuat lubang tanam diatas bedengan, jadi buatlah lubang tanam diatas bedengan dengan ukuran 30x30x30 centimeter.

8. Memberikan pupuk ke dalam lubang tanam di atas bedengan

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah memberikan pupuk ke dalam lubang tanam di atas bedengan. Untuk dosisnya sendiri yaitu 4 kilogram, pupuk DS 28 gram, pupuk ZK 20 gram, dan pupuk ZA 15 gram.

9. Melakukan pembibitan tanaman semangka

 12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen
Melakukan pembibitan tanaman semangka

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah melakukan pembibitan tanaman semangka. Carilah bibit semangka yang anda sukai dan semaikanlah ke dalam pot atau polybag dengan media tanam berupa beberapa campuran tanah dan ditambahkan pupuk kandang yang telah matang.

Setelah itu, siramlah bibit yang sedang disemai tersebut 2 kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Lakukan proses menyiram ini sampai bibit semangka tersebut tumbuh tunas minimal berupa 2 atau 3 helai daun disetiap bibitnya. Umunya bibit semaian tersebut sudah siap dipindahkan ke dalam media tanam sesudah usianya menginjak 4 minggu dari awal biji bibit semangka ditanam ke dalam polybag.

10. Menanam Semangka

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah menanam semangka. Dimana bibit yang sudah siap ditanam tersebut dipindahkan ke dalam lahan yang terlah dipersiapkan tadi. Namun sebelum memindahkan ada baiknya lubang tanam diatas bedengan tersebut diberi air sampai meresap ke dalam tanah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan tanah. Setelah itu pindahkanlah ke dalam lubang tersebut dan kemudian tutup kembali dengan menggunakan tanah secara tipis-tipis sampai ke bagian ujung pangkal bibit semangka.

11. Perawatan tanaman semangka

Hal kesebelas yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah merawat tanaman semangka. Hal ini dilakukan supaya hasil yang didapatkan nanti maksimal. Ada beberapa tahapan di dalam merawat tanaman semangka, diantaranya yaitu:
  • Siramlah tanaman semangka sehari 2 kali, yaitu di pagi dan sore hari terutama jika sedang musim kemarau. Hal ini dilakaukan karena tanaman semangka menyukai kelembapan, sehingga kelembapan di dalam merawat tanaman semangka harus diperhatikan.
  • Bersihkanlah tanah atau lahan tersebut dari serangan gulma maupun rumput pengganggu, hal ini dilakukan supaya kandungan hara tetap terjaga dan tidak dibagi dengan rumput pengganggu tersebut.
  • Berikan pupuk tambahan supaya kandungan unsur haranya tetap terjaga yaitu dengan cara memberikannya pupuk NPK atau pupuk kandang yang telah difermentasikan. Setelah itu sebarkanlah pupuk tersebut disekitar tanaman semangka dengan jaraknya yaitu lebih dari 10 centimeter dari lubang tanam.

12. Panen Semangka

 12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen
Panen Semangka

Hal keduabelas yang harus dilakukan di dalam cara menanam semangka adalah memanen semangka. Dalam memanen, umumnya setiap para petani mempunyai beberapa kriterianya masing-masing disetiap wilayah, hal ini dikarenakan setiap para petani lebih menyesuaikan dengan permintaan pasar. Tetapi biasanya buah semangka yang telah siap untuk dipanen mempnyai beberapa ciri, seperti daun buah telah mulai melayu, berat buah sudah cukup, dan buahnya yang berbunyi berat bila ditepuk memakai telapak tangan.

Lakukanlah pemanenan semangka setiap hari dengan cara memotong tangkai buah semangka dengan memakai gunting potong atau memakai pisau, kemudian sisakan sekitar 3-5 centimeter dari pangkal buah, setelah itu tempatkanlah buah semangka ke tempat yang sejuk dan tidak ditumpuk.

Nah itulah cara menanam semangka dari awal sampai panen. Demikianlah artikel berjudul 12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Suka artikel berjudul 12 Cara Menanam Semangka Yang Baik dan Benar Lengkap Sampai Panen, Yuk bagikan ke: