advertisement

10 Tips Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar Agar Sehat


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Tips Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar Agar Sehat
10 Tips Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar Agar Sehat

XASXUS.com - Hamster merupakan salah satu hewan yang paling banyak digemari di dunia, bahkan di Indonesia. Hewan yang lucu dan menggemaskan ini banyak di pelihara dan dijadikan teman bermain. Namun tahukah kamu jika merawat hamster ada aturannya tersendiri dan ada beberapa yang haus diperhatikan, apalagi kamu seorang pemula yang baru belajar merawat hamster.

Nah, berikut ini adalah 10 tips cara merawat hamster yang baik dan benar agar sehat dan tentunya cocok untuk pemula.
Daftar Isi

1. Perhatikan persediaan makanan dan minum hamster

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah perhatikan persediaan makanan dan minum hamster, dimana berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kesehatan hamster. Untuk minumnya sendiri bisa dengan menggunakan air tawar atau susu supaya lebih kuat.

2. Berikanlah makan secara teratur

Hal kedua yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah memberikan makan secara teratur, dimana berikanlah hamster makan 1x dengan takaran 5 gram pakan perharinya. Namun jika hamster sedang dalam keadaan hamil atau mempunyai anak, makan takarannya ditambahkan hingga 2x lipat, sehingga hamster mendapatkan 10 gram perharinya.

Sebelum memberikan makan hamster ada baiknya untuk mencuci tempat makannya, sebab hamter sering buang air kecil sembarangan termasuk di tempat makannya, jadi jika kamu tidak mencucinya, terkadang hamster tidak ingin memakannya.

Selain itu janganlah memberikan makan di sekitar kandang kecuali di tempat makannya, hal ini dikarenakan akan membuat anda lelah untuk membersikan kandangnya. Jika ini terjadi dan kamu tidak membersihkannya, kandang hamster tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang tentunya tidak baik bagi kesehatan hamster. Sementara untuk tempat makannya, ada baiknya kamu memakai tempat makan yang agak berat supaya tidak dengan mudah tergeser oleh hamster sehingga tempat makan tersebut tidak mudah tumpah dan mengotori kandangnya.

3. Pilihlah kandang yang sesuai dengan jenis dan jumlah hamsternya

10 Tips Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar Agar Sehat
Kandang Hamster

Hal ketiga yang dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah memberikan kadang yang sesuai dengan jenis dan jumlah hamsternya. Perhatikan pula untuk memberikan beberapa aksesoris di dalam kandang hamster, seperti roda hamster, kotak hamster, dan mainan gigit untuk hamster.

Roda Putar Hamster

Roda putar hamster merupakan alat yang dapat membantu hamster untuk berjalan-jalan, hal ini dikarenakan hamster merupakan hewan yang mempunyai insting alami yaitu berjalan hinga bermil-mil jauhnya. Jadi alat ini dapat menjadi penggantinya. Namun dalam memilih roda putar untuk hamster janganlah yang ada kawat, karena hal ini dapat mencederakannya. Pilihlah roda putar yang terbuat dari bahan plastik dan tentunya tidak mudah roboh.

Kotak Hamster

Hamster merupakan hewan yang suka bersembunyi di tempat kecil dan juga sempit. Nah dengan adanya kotak hamster ini maka akan menambah ketenangan dan juga kenyamanan hamster.

Mainan gigit

Hamster merupakan hewan yang suka menggit ataupun menggerogoti berbagai macam benda disekitar. Jadi belikanlah mainan kayu di toko hewan untuk dijadikan mainan gigit si hamster. Selain itu, kamu juga bisa memberikannya ranting dari pohon apel tetapi yang belum terkena pestisida.

4. Jangan malas untuk mencuci kandang

Hal keempat yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah jangan malas mencuci kandangnya. Jadi cucilah kandang hamster minimal seminggu sekali. Tidak hanya kandangnya saja, beberapa aksesoris, mainan, dan tempat minumnya juga dicuci sampai benar-benar bersih. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering. Selain itu gantilah serbuk kayu yang berfungsi menghangatkan tubuh hamster dengan serbuk kayu baru minimal 2 minggu sekali, hal ini dilakukan supaya hamster kamu tidak bau dan juga tetap bersih.

5. Jangan pernah merendam atau memandikan hamster dengan air

Hal kelima yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah jangan pernah merendam atau memandikan hamster dengan air. Jika kamu melakukan hal ini, biasanya akan membuat hamster terkena penyakit pneumomia, yaitu peradangan jaringan disalah satu ataupun kedua paru-paru yang umumnya diakibatkan oleh terjadinya infeksi. Namun jika ada kotoran yang tidak bisa hilang dibagian badannya, maka cukup mengelapnya dengan menggunakan tisu ataupun menggunakan kain lembut, tetapi jangan sampai membuat tubuhnya basah.

Kamu juga tidak perlu kawatir akan kebersihan hamster, sebab hamster merupakan hewan yang selalu bersih disepanjang waktu asalkan kamu tidak pernah malas untuk selalu membersihkan kandang serta mengganti serbuk kayunya secara teratur.

6. Ajaklah hamster bermain

Hal keenam yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah mengajaknya bermain. Ajaklah hamster kamu bermain dengan cara mengeluarkannya dari kandang. Namun satu hal yang harus kamu perhatikan, yaitu jangan mengajaknya bermain sambil berdiri, sebab ada insting lain yang dimiliki hamster sehingga membuatnya stress dan ketakutan. Cobalah ajak bermain dengan cara duduk ataupun tiduran, sehingga dia mau bermain denganmu.

7. Pastikan tangan kamu bersih sebelum memegang hamster

Hal ketujuh yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah pastikan tangan kamu bersih sebelum memegang hamster. Jadi ada baiknya mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih sebelum memegang hamster, sebab
hamster merupakan hewan yang mempunyai penciuman sensitif. Jadi jika tangan kamu dalam keadaan kotor atau habis memakai wangi-wangian yang terlalu beda tentunya akan membuat hamster tidak mengenali kamu. Bahkan jika kamu berusaha memaksanya bisa-bisa kamu digigitnya dan kemudian hilang kepercayaan dari hamster.

8. Janganlah menjemur hamster di tempat yang panas

Hal kedelapan yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah janganlah menjemur hamster di tempat yang panas, seperti dibawah sinar matahari atau di tempat yang terlalu disorot oleh lampu panas. Taruhlah hamster ke area yang teduh, hal ini dikarenakan hamster merupakan hewan nokturnal yang artinya hanya beraktivitas di malam hari, sehingga di siang harinya dipakai untuk tidur.

9. Taruhlah hamster di tempat yang tidak ramai dan tenang

Hal kesembilan yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah menaruhnya di tempat yang tidak ramai dan tenang. Hal ini dikarenakan habitat asli dari hamster adalah menyukai tempat yang sepi dan tersembunyi. Jadi carilah beberapa sudut rumah yang membuat hamster nyaman, sehingga dia bisa beraktivitas seperti biasanya tanpa adanya beban.

10. Selalu berinteraktif dengan hamster

Hal kesepuluh yang harus dilakukan di dalam cara merawat hamster adalah selalu berinteraktif dengannya, seperti mengelus atau memberikannya pijatan lembut sehingga akan menambah rasa kepercayaannya terhadap kamu. Jadi dengan selalu berinteraktif dengannya akan membuatnya nyaman dan juga tenang bila berada denganmu.

Nah itulah beberapa poin terpenting mengenai cara merawat hamster. Semoga artikel berjudul 10 Tips Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar Agar Sehat ini bisa bermanfaat bagi anda.
Suka artikel berjudul 10 Tips Cara Merawat Hamster Yang Baik dan Benar Agar Sehat, Yuk bagikan ke: