advertisement

10 Cara Merawat Tanaman Yang Baik dan Benar Agar Tumbuh Subur


advertisement
A+ A A-
advertisement
advertisement
10 Cara Merawat Tanaman Yang Baik dan Benar Agar Tumbuh Subur
10 Cara Merawat Tanaman Yang Baik dan Benar Agar Tumbuh Subur

XASXUS.com - Bagi kamu yang sangat menyukai aktivitas berkebun, cara merawat tanaman bisa menjadi hobi yang paling sangat menyenangkan untuk dijalani, mulai itu dari membeli benih, menanam, dan juga merawatnya, pasti ada kepuasan tersendiri. Apalagi jika tamanan yang kamu rawat menjadi subur dan juga berbunga wangi.

Namun apa jadinya jika hobi berkebun malah akan membawa dampak stres bagi kamu dikarenakan tanaman sering layu dan juga tidak berkembang dengan sebagai mana yang kamu harapkan. Frustrasi, putus asa, dan juga rasa sedih dapat saja membuatmu meninggalkan hobi berkebun ini. Jika hal ini terjadi, pastinya ada yang salah di dalam cara merawat tanaman kamu. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara merawat tanaman yang baik dan benar supaya tumbuh subur sehingga aktivitas berkebun kamu dapat berjalan.

Nah, berikut ini adalah 10 tips dan cara merawat tanaman agar tumbuh subur.
Daftar Isi

1. Tahu cara menyiram tanaman yang baik dan benar

Hal pertama yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah tahu cara menyiram tanaman yang baik dan benar. Setiap pot tanaman pastinya mempunyai lubang dibagian bawahnya yang berfungsi sebagai tempat keluarnya air. Nah cara yang benar di dalam menyiram tanaman adalah dengan cara menyiramkannya hingga air meluap dan kemudian keluar melalui celah-celah lubang tersebut.

Ketika air tersebut sudah keluar melalui celah-celah lubang dibagian bawah pot maka hentikanlah segera kegiatan meyiram tersebut. Hal ini dikarenakan menghindari kebusukan terhadap tanaman, sebab jika tanaman mendapatkan kelebihan air, maka tanaman tersebut akan dengan mudah membusuk.

2. Berikanlah kelembaban tanaman

Hal kedua yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah menambah kelembapan tanaman. Namun bagaimanakah cara mengetahui jika tanaman tersebut sedang mengalami kurang kelembaban? hal ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna kecokelatan di area daun. Nah jika kamu mengetahui hal ini maka segeralah menempatkannya ke tempat yang lebih lembab lagi.

3. Berikanlah pencahayaan yang tepat bagi tanaman

Hal ketiga yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah pencahayaan yang tepat bagi tanaman. Tidak semua tanaman bisa hidup di area tempat yang gelap, oleh sebab itu, tingkat pencahayaan sangat penting bagi mereka. Jadi taruhlah tanaman tersebut ke tempat yang terkena pencahayaan sinar matahari untuk bisa melakukan fotosintesis.

4. Mengganti media tanah baru

Hal keempat yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah merubah media tanam yaitu tanah. Namun hal ini dilakukan jika tanaman tetap tidak dapat tumbuh secara maksimal walaupun air serta pencahayaan sudah tepat. Cobalah untuk mengganti media tanah baru supaya bisa memperbaharui nutrisi tanaman. Kamu tidak perlu menggantinya dengan kristal tau arang, cukup media tanah baru.

5. Bersihkan tanaman dari kotoran

Hal kelima yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah membersihkan tanaman dari kotoran. Sama halnya kita yang ingin selalu terlihat bersih dan juga terbebas dari berbagai macam kotoran, tanaman juga menginginkan hal yang serupa. Maka dengan itu, berishkanlah daun tanaman tersebut dengan menggunakan kain halus dan taruhlah ke tempat yang tidak membuatnya terkena debu.

6. Periksa hama dan serangga

Hal keenam yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah memeriksa hama dan serangga. Tanaman dan bunga pada umumnya bisa menjadi pusat perhatian hama dan juga serangga yang tentunya dapat merusak tanaman. Jika kamu mengetahu hal tersebut, maka segeralah membasmi mereka supaya tanaman yang anda rawat dapat tumbuh dengan baik.

7. Mengganti pot tanaman

Hal ketujuh yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah mengganti pot tanaman. Saat tanaman sudah menjadi besar dan ukurannya bertambah maka ada baiknya menggantinya dengan pot yang lebih besar, hal ini dilakukan supaya tanaman bisa tumbuh dengan sehat.

8. Potong ranting secara berkala

Hal kedelepan yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah memotong ranting secara berkala. Tenang saja, memotong ranting kecil atau bunga yang kering tentunya tidak akan membuatnya mati. Bahkan hal ini bisa membantunya menjadi lebih sehat dan juga lebih bagus.

9. Berikan pupuk alami

Hal kesembilan yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah memberikannya pupuk alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal berikanlah kotoran atau pupuk kompos ke dalam tanah tempat tanaman yang anda rawat. Hal ini dilakukan supaya tanaman tersebut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan disaat masa pertumbuhannya. Cobalah untuk berkonsultasi dengan orang berpengalaman dalam bidangnya tentang kompisisi pupuk yang baik bagi tanaman.

10. Jangan biarkan tanaman sendiri

Hal kesepuluh yang dilakukan di dalam cara merawat tanaman adalah jangan membiarkan tumbuhan sendiri. Sama halnya dengan manusia, tanaman ternyata juga tidak suka hidup sendiri, jadi, usahakanlah untuk membeli lebih dari satu tanaman untuk diletakkan secara berdekatan.
Suka artikel berjudul 10 Cara Merawat Tanaman Yang Baik dan Benar Agar Tumbuh Subur, Yuk bagikan ke: